Sudah terlalu lama rasanya WFH ini berjalan. Ada pula yang masih harus ke kantor  dan bekerja dengan rasa bosan dan kurang bersemangat yang mulai menguasai pikiran kamu. Hal ini disebabkan oleh beberapa faktor, bisa dari diri sendiri atau lingkungan tempat bekerja. Jika diteruskan akan membuat karyawan nggak produktif.

Saat karyawan jadi nggak produktif, siapa sih, yang sebenarnya harus disalahkan? Agar kamu nggak termasuk golongan tersebut, inilah alasan yang membuat karyawan nggak produktif.

1. Nggak ada motivasi dari pimpinan

Alasan yang Membuat Karyawan Tidak Produktiffreepik.com/ katemangostar

Idealnya, karyawan menginginkan rasa nyaman dalam pekerjaannya. Mereka ingin turut berperan dan berkontribusi untuk mendapat apresiasi. Akan tetapi, hal ini nggak terjadi pada mereka yang memiliki pimpinan yang kurang memotivasinya.

Adanya sifat kepemimpinan dari atasan serta brainstorming bersama rekan kerja, akan menambah antusias terhadap pekerjaan.

2. Nggak ada media komunikasi yang baik

Alasan yang Membuat Karyawan Tidak Produktiffreepik.com/ yanalya

Saat karyawan sedang semangat-semangatnya dalam melakukan pekerjaan, mereka butuh untuk didengarkan. Beberapa aspirasi atau ide para karyawan yang didengar akan menambah semangat untuk terus berkembang.

Jika pendapat karyawan tidak pernah diperhatikan atau disepelekan, karyawan akan cenderung pasif dan nggak produktif.

3. Terlalu banyak gangguan di rumah atau kantor

Alasan yang Membuat Karyawan Tidak Produktiffreepik.com/ rawpixel

Distraction atau gangguan ini bisa datang dari mana saja. Mulai dari banyaknya e-mail yang harus dibalas, pesan yang harus dijawab, meeting, ajakan rekan kerja untuk ngobrol, terlalu sering membuka media sosial hingga bergosip. Kalau ini masalah datang dari diri sendiri.

Tentukan prioritasmu ya, Bela. Dari mulai kapan harus menjawab e-mail, menjawab pesan, hingga membuka media sosial justru ketika telah selesai bekerja.

4. Pimpinan memberikan tugas di luar keahlian karyawan

Alasan yang Membuat Karyawan Tidak Produktiffreepik.com/ goffkein

Perkerjaan yang ideal adalah sesuai dengan kemampuan seseorang. Ketika ada beberapa tugas yang nggak sesuai dengan keahlian karyawan, hasil yang didapat tidak akan maksimal. Beberapa pimpinan mungkin membebankan sesuatu ke karyawan dan menganggap semua bisa, tetapi ini justru akan membuat pekerjaan jadi nggak efektif.

5. Terlalu jenuh dengan rutinitas harian

Alasan yang Membuat Karyawan Tidak Produktiffreepik.com/ comzeal

Ya, hal ini paling sering terjadi. Jika kamu mulai jenuh, sudah saatnya kamu mencari hobi baru ya, Bela. Selain membuat kamu jadi lebih bahagia, hal ini juga berpengaruh terhadap munculnya ide-ide segar yang bisa mendukung pekerjaan kamu.

Jangan mudah patah semangat. Jika lelah, istirahat yang cukup dulu, ya.

Baca Juga: Tips Membuat Ritual untuk Meningkatkan Semangat Saat WFH

Baca Juga: #PopbelaWFH Kenapa Hujan Bikin Mood Jadi Sendu? Ini Penjelasannya

Baca Juga: Bosan Saat #DiRumahAja? Yuk, Dekorasi DIY Kamar Tidur Aja!