Saat bekerja lebih dari satu tahun, tentunya dari perusahaan akan memberikan performance review kepadamu. Hal ini dilakukan untuk mengkaji bagaimana kinerjamu dalam satu tahun ke belakang. Sesi one on one ini biasanya dilakukan saat akhir atau awal tahun. Momen ini tentunya sangat penting untuk karyawan, khususnya untuk kenaikan gaji.

Siapa nih, nggak mau mendapatkan promosi jabatan atau kenaikan gaji tahunan yang signifikan? Nah, untuk itu kamu harus mempersiapkan secara matang apa saja yang harus dilakukan saat performance review ya, Bela!

1. Sampaikan pencapaianmu selama ini

Agar Naik Gaji, Sampaikan ini Saat Performance Review Tahunanfreepik.com/ senivpetro

Penting untukmu memberikan berbagai list dan rangkuman achievement apa yang sudah kamu lakukan pada perusahaan. Semisal dari berbagai KPI atau Key Performance Indicators, mana saja yang sudah kamu berhasil lakukan.

Kamu juga bisa menjelaskan keberhasilan apa saja yang kamu lakukan. Semisal dalam proyek A, kamu mendapatkan notice dari pemerintahan setempat. Hal ini akan menjadi poin plus untukmu.

2. Sertakan total value yang kamu beri pada perusahaan

Agar Naik Gaji, Sampaikan ini Saat Performance Review Tahunanfreepik.com/ teksomolika

Dai pencapaian tersebut, kamu juga bisa mengkonversikannya ke dalam nilai kamu, nih, Bela. Semakin besar value yang kamu berikan pada perusahaan, nggak hanya naik gaji yang kamu dapat tetapi juga promosi jabatan lainnya.

3. Sampaikan perkembanganmu

Agar Naik Gaji, Sampaikan ini Saat Performance Review Tahunanfreepik.com/ m.teerapat

Dalam waktu ke waktu tentunya kinerjamu akan mendapatkan perkembangan dari awal kamu masuk. Sampaikan hal apa saja yang sekarang sudah kamu bisa, jadi perkembangan ini akan membuat atasanmu kembali mengingat dengan kemampuan yang kamu punya.

Soft skill ataupun hard skill yang kamu punya juga menentukan performance review-mu ya, Bela.

4. Sampaikan kendala dalam bekerja

Agar Naik Gaji, Sampaikan ini Saat Performance Review Tahunanfreepik.com/ pressfoto

Di sesi ini, kamu juga bisa menyampaikan apa yang menjadi kendalamu. Kendala dalam pekerjaan ini sebagai bahan evaluasi yang bisa membuatmu mempelajari untuk ke depannya .

Kendala juga menjadikan perusahaan semakin memahami apa yang membuat tujuan proyek tidak tercapai secara maksimal.

5. Sampaikan inovasi yang akan kamu buat di tahun mendatang

Agar Naik Gaji, Sampaikan ini Saat Performance Review Tahunanfreepik.com/ tirachardz

Selain menyampaikan beberapa hal yang menjadi ulasanmu satu tahun belakang, kamu bisa menyampaikan inovasi atau ide yang kamu punya. Semisal kamu mempunyai relasi yang berhubungan dengan proyect yang ingin kamu jalankan, hal ini tentunya bisa menambah nilai plus untukmu.

Jangan sungkan dan ragu untuk menyampaikannya di sesi one on one dengan atasanmu ya, Bela.

Baca Juga: Nggak Sembarangan, Ini Etika Karyawan Saat Mengirim Pesan

Baca Juga: Begini Cara Agar Bos Percaya Terhadap Kinerjamu di Kantor

Baca Juga: Wajib Hindari 7 Hal ini Ketika Minta Naik Gaji