Untuk kamu yang baru saja lulus dari perguruan tinggi, melamar pekerjaan menjadi salah satu hal yang paling ditunggu. Ini saatnya kamu mengaplikasikan apa yang telah kamu dapatkan di bangku kuliah. Lamaran pun dikirim ke banyak perusahaan untuk memperbesar kesempatanmu diterima di tengahnya persaingan.

Setelah mengirim resume dan menunggu, lamanya panggilan kerja membuatmu bertanya, sebetulnya lamaran yang sudah dikirim benar atau bahkan terlewat begitu saja karena kurang menarik?

Sebetulnya berapa halaman idealnya mengirimkan resume saat melamar pekerjaan?

1. Resume dua halaman membuatmu memiliki kesempatan dipanggil interview dua kali lebih besar

Ukuran Resume yang Pas Buat Kamu Melamar Kerjapixabay.com/mohamed_hassan

Merangkum Huffingtonpost.com, sebuah penelitian menyebutkan peserta studi diminta untuk menilai resume dari 0 hingga 10 berdasarkan seberapa baik resume merangkum pengalaman kerja dan kredensial kandidat. Hasilnya, resume yang terdiri dari dua halaman memiliki nilai 21% lebih baik dibandingkan hanya satu halaman.

Hasil ini menunjukkan bahwa informasi tambahan yang terkandung dalam resume dua halaman membantu peserta dalam pengambilan keputusan dan memberikan masukan positif saat menyeleksi para calon kandidat. 

2. Perekrut menghabiskan lebih lama membaca untuk membaca resume dua halaman

Ukuran Resume yang Pas Buat Kamu Melamar Kerjapixabay.com/mohamed_hassan

Studi ini juga mengungkapkan bahwa manajer perekrutan menghabiskan waktu hampir dua kali lebih lama untuk melihat resume dua halaman. Hal ini juga menunjukkan keyakinan bahwa perekrut menghabiskan hanya beberapa detik pada setiap resume adalah mitos. Dari penelitian tersebut rata-rata, peserta studi menghabiskan 2 menit 24 detik pada resume satu halaman dan hampir dua kali lebih lama, yakni sekitar 4 menit dan 5 detik, pada dua halaman.

Hasil ini menunjukkan bahwa perekrut memang menghabiskan lebih banyak waktu meninjau resume yang lebih panjang daripada hanya membaca sepintas lalu, yang mungkin membantu menjelaskan mengapa resume dua halaman biasanya lebih disukai daripada resume satu halaman.

3. Hasil penelitian itu membantah mitos bahwa resume dua halaman kemungkinan besar akan ditolak

Ukuran Resume yang Pas Buat Kamu Melamar Kerjapixabay.com/mohamed_hassan

Bertentangan dengan kepercayaan umum bahwa resume harus tidak lebih dari satu halaman, hasil penelitian justru menunjukkan bahwa perekrut sebenarnya lebih suka resume dua halaman daripada resume satu halaman. Mungkin saja preferensi ini tidak diketahui oleh para perekrut itu sendiri, yang mungkin tidak menyadari kecenderungan mereka sendiri untuk memilih resume yang lebih lama. 

Jadi jangan takut untuk membuat penjelasan lebih jelas dalam resume-mu untuk menarik perhatian para perekrut ya!