Di zaman sekarang ini, apalagi masa pandemi, membuat banyak orang memutar otak untuk menghasilkan uang tambahan. Beberapa pekerjaan yang biasanya bisa kamu kerjakan sebelumnya mungkin nggak lagi bisa kamu kerjakan karena keharusan untuk menjalani protokol kesehatan. Tak sedikit pula kegiatan yang beralih menjadi serba daring, seperti sekolah, kerja dan lainnya. 

Berbicara soal kerja online, saat ini banyak terbuka peluang yang bisa kamu tekuni. Bahkan nggak sedikit juga yang bisa menghasilkan pundi-pundi rupiah setara dengan pekerjaan kamu sebelumnya. Berikut ada beberapa rekomendasi kerja online yang saat ini bisa jadi alternatif kerja sampingan untukmu. Bahkan mungkin bisa juga kamu jadikan sebagai pekerjaan utama kamu, Bela. Apa saja?

1. Penerjemah lepas

Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 7 Rekomendasi Kerja Secara Online UntukmuUnsplash.com/Nicola Nuttall

Jika kamu andal dalam berbahasa dan menguasai beberapa bahasa, mungkin pekerjaan ini bisa sangat cocok untukmu. Saat ini banyak juga yang membutuhkan jasa penerjemah lepas yang bekerja secara remote atau tak perlu datang ke kantor. Jika kamu memiliki sertifikat, itu bisa lebih baik lagi dan semakin meyakinkan klien untuk merekrutmu.

2. Desainer grafis

Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 7 Rekomendasi Kerja Secara Online UntukmuUnsplash.com/Charli

Selain penerjemah, kebutuhan dalam mendesain juga sangat dibutuhkan saat ini. Bagaimana tidak, beragam event atau pun proyek membutuhkan desain yang baik dan mampu menarik minat konsumennya. Jika kamu sangat suka menggambar atau desain, cobalah pekerjaan satu ini. Asal bisa membagi waktu dengan baik, kamu bisa mengambil beberapa proyek sekaligus dalam satu waktu. Menguntungkan, bukan?

3. Mikro online

Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 7 Rekomendasi Kerja Secara Online UntukmuUnsplash.com/Nick Morrison

Namanya juga mikro, pekerjaan ini juga bisa disebut sebagai sampingan kecil dan bisa untuk mengisi waktu luangmu yang mungkin sangat singkat. Disebut mikro karena pekerjaan ini juga tidak membutuhkan waktu lama untuk menyelesaikannya.

Apa sih mikro online itu? Istilah kasarnya mikro online adalah audiens bayaran. Tugasmu hanya membagikan laman tertentu pada suatu website, membuat ulasan pada produk tertentu, memberi komentar pada unggahan tertentu, hingga membuat artikel pendek. Beberapa situs yang diketahui membuka lowongan mikro online adalan Amazone, Turk, dan Microworkers. Mudah dan nggak ganggu pekerjaan utama kamu, nih!

4. Web software engineer

Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 7 Rekomendasi Kerja Secara Online UntukmuUnsplash.com/wocintechchat.com

Kebutuhan teknologi nggak lepas dari hal-hal seperti software dan IT. Apalagi jika kamu sangat andal dalam membuat web software. Tentu banyak perusahaan yang menginginkan jasa kamu. 

Namun, hal ini juga bukan hal mudah karena memang dibutuhkan ketelitian dan ketekunan untuk mengerjakannya. Bidang pekerjaan web software engineer yang bisa kamu coba yaitu desain, pengembangan (development), pemeliharaan (maintenance), pengujian (testing), dan evaluasi dari software komputer.

5. Penulis lepas

Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 7 Rekomendasi Kerja Secara Online UntukmuUnsplash.com/Kaitlyn Baker

Tak terpungkiri zaman sekarang yang nyaris semua kegiatan serba online dan digital membuat kebutuhan akan penulis lepas pun semakin banyak. Hampir semua situs media saat ini merekrut penulis lepas untuk membantu mengisi kebutuhan artikel setiap harinya. Jika kamu memiliki bakat dalam hal menulis, pekerjaan ini mungkin akan cocok denganmu.

6. Admin media sosial

Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 7 Rekomendasi Kerja Secara Online UntukmuUnsplash.com/Austin Distel

Kehadiran media sosial sekarang sudah seperti kebutuhan sehari-hari. Apa pun yang kamu butuhkan atau lakukan biasanya nggak jauh dari media sosial. Menjadi seorang admin media sosial bisa jadi pekerjaan yang bisa kamu manfaatkan di masa sekarang. Namun, kemampuan beinteraksi kamu dalam media sosial, peka dengan tren terkini dan dapat berpikir out of the box juga jadi salah satu hal penting untuk melakukan pekerjaan ini. 

7. Guru privat online

Tak Perlu Keluar Rumah, Ini 7 Rekomendasi Kerja Secara Online UntukmuUnsplash.com/Dylan Gillis

Di masa sekarang, kebutuhan akan pendidikan juga sangat sulit jika cuma berinteraksi lewat aplikasi saat pelajaran sekolah. Waktu yang singkat, belum lagi kendala jaringan, bisa jadi membuat para pelajar kesulitan menangkap pelajaran. Namun, jika kamu sudah siap melakukan pekerjaan dan cukup punya kemampuan untuk memberikan pengetahuan untuk orang lain, pekerjaan sebagai guru privat online mungkin bisa sangat cocok untukmu di masa sekarang.

Itu dia rekomendasi kerja online yang bisa kamu tekuni. Semoga membantu!

Baca Juga: Gaji Dipotong? 9 Kerja Sampingan Ini Bisa Membantumu

Baca Juga: 7 Peluang Usaha Bidang Pertanian yang Bisa Dilakukan Dari Rumah

Baca Juga: Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha Menjanjikan