Memahami Perbedaan PKWT dan PKWTT dalam Hubungan Kerja, Jangan Salah!

Wajib kalian tahu biar tidak salah

Memahami Perbedaan PKWT dan PKWTT dalam Hubungan Kerja, Jangan Salah!

Ada dua istilah untuk karyawan yang bisa membuat salah paham jika tidak dipahami benar-benar. Perbedaan dari keduanya cukup besar, namun istilah keduanya hampir mirip. Yakni, PKWT (Perjanjian Kerja Waktu Tertentu) dan PKWTT (Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu).

Bagi kamu yang baru saja memasuki dunia kerja, kedua istilah ini wajib kamu pahami terlebih dulu. Sebab, jika salah dan sudah terlanjur menandatangani kontraknya, akan sulit diperbaiki.

Dalam memahami kedua istilah tersebut, kamu perlu mengetahui pengertian keduanya. Sehingga, kita bisa tahu perbedaan dari kedua istilah tersebut dan tidak salah kaprah. Tanpa berlama-lama, inilah pengertian dari PKWT, PKWTT dan perbedaan dari keduanya.

Pengertian PKWT

Memahami Perbedaan PKWT dan PKWTT dalam Hubungan Kerja, Jangan Salah!

Perjanjian Kerja Waktu Tertentu (PKWT) diatur dalam Undang-Undang Nomor 13 Tahun 2003 tentang Ketenagakerjaan. PKWT adalah jenis perjanjian kerja yang diberikan kepada karyawan untuk jangka waktu tertentu dan untuk jenis pekerjaan tertentu pula.

Biasanya, PKWT digunakan untuk pekerjaan yang bersifat musiman atau bagi karyawan kontrak yang sedang menjalani masa percobaan. Pengupahan dalam PKWT biasanya dihitung berdasarkan jumlah kehadiran karyawan, yang membuatnya berbeda dari perjanjian kerja lainnya.

Pengertian PKWTT

Di sisi lain, Perjanjian Kerja Waktu Tidak Tertentu (PKWTT) juga diatur dalam undang-undang yang sama, namun memiliki karakteristik yang berbeda. PKWTT adalah perjanjian kerja yang berlaku untuk waktu yang tidak ditentukan, diberikan kepada karyawan tetap.

Hal ini berarti perusahaan tidak dapat dengan sembarangan memberikan status PKWTT kepada karyawan baru. Sebagai langkah awal, karyawan baru biasanya menjalani masa percobaan selama tiga bulan di bawah PKWT. Setelah masa percobaan selesai dan karyawan dinilai layak, barulah mereka diangkat menjadi karyawan tetap dengan perjanjian PKWTT.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here