Mencari pekerjaan di masa pandemi seperti saat ini memang susah susah gampang, Bela. Meski kamu hanya melamar kerja dengan CV yang sudah disusun rapi dan melalui surat elektronik atau email tanpa harus keluar rumah, namun kamu harus berjuang dengan ribuan pelamar lainnya untuk bisa lolos seleksi dan terpilih mendapatkan pekerjaan tersebut.

Maka dari itu, melalui pesan yang singkat di body email, kamu harus pintar merangkai kata agar rekruiter tertarik dengan lamaranmu dan memilihmu di antara ribuan kandidat lainnya.

Berikut ini Popbela akan memberikan contoh penulisan body email lamaran kerja yang bisa membantumu melamar pekerjaan. Simak, yuk!

Pengertian body email

Curi Perhatian Rekruter, Simak Contoh Body Email Lamaran Kerja Canva.com, edited by Romi Subhan

Sebelum membahas lebih lanjut tentang contoh menulis body email, kita bahas secara singkat mengenai pengertian body email.

Body email adalah kalimat perkenalan (bridging) yang ditulis di halaman awal email sebagai perantara dan penjelasan singkat mengenai diri untuk melamar pekerjaan. Biasanya body email tidak lebih dari 200 kata. Jika kamu ingin menjelaskan dan memperkenalkan diri lebih panjang, kamu bisa menuliskannya di surat lamaran yang tercantum (attached) pada email tersebut.

Bagian-bagian email untuk lamaran kerja

Curi Perhatian Rekruter, Simak Contoh Body Email Lamaran Kerja Canva.com, edited by Romi Subhan

Untuk mengirimkan lamaran kerja melalui email, ada dua bagian email yang harus pahami dan ketahui. Supaya, saat mengirimkannya nanti kamu tidak melakukan kesalahan. Hal ini menjadi penting mengingat banyak sainganmu yang juga melamar untuk posisi serupa. Sehingga, satu kesalahan saja bisa menjadi nilai minus di mata rekruiter.

Apa saja bagian-bagian email tersebut? Simak penjelasannya lebih lanjut berikut ini.

1. Bagian pembuka

Pada bagian ini, kamu wajib menuliskan kepada siapa email tersebut ditujukan. Tulis penerima email, akan lebih baik jika kamu menuliskan pula nama lengkap dan jabatan dari penerima email ini. Jangan lupa untuk menuliskan nama perusahaan yang akan kamu lamar di bagian pembuka email ini.

2. Bagian body email

Selanjutnya, adalah body email. Biasanya body email ini terdiri dari tiga paragraf dan maksimal empat paragraf. Ada pun penjelasan dari masing-masing paragraf adalah sebagai berikut.

- Paragraf pertama

Pada paragraf pertama ini berisikan perkenalan diri. Biasanya isi perkenalan diri meliputi nama, pendidikan terakhir, posisi yang ingin dilamar, serta informasi dari mana kamu mendapatkan lowongan tersebut. 

- Paragraf kedua

Para paragraf kedua, tuliskan dan ceritakan secara singkat mengenai pengalaman kerja terakhir atau yang paling relevan dengan posisi yang kamu lamar. Di bagian ini pula, kamu bisa mempromosikan diri secara singkat dan ketertarikanmu untuk melamar di posisi tersebut.

- Paragraf ketiga

Paragraf ketiga ini merupaka penutup dari email. Dalam paragraf ini kamu ucapkan terima kasih dan informasikan kepada rekruiter bahwa kamu telah melampirkan berkas pendukung pada bagian lampiran (attached).

Contoh body email

Curi Perhatian Rekruter, Simak Contoh Body Email Lamaran Kerja Canva.com, edited by Romi Subhan

Setelah melihat pengertian dan bagian-bagian body email untuk lamaran kerja, berikut contoh yang bisa kamu gunakan untuk mengirimkan lamaran pekerjaan.

1. Contoh body email dalam bahasa Indonesia

Curi Perhatian Rekruter, Simak Contoh Body Email Lamaran Kerja Popbela.com/Romi Subhan

2. Contoh body email dalam bahasa Inggris

Curi Perhatian Rekruter, Simak Contoh Body Email Lamaran Kerja Popbela.com/Romi Subhan

3. Contoh body email untuk fresh graduate

Curi Perhatian Rekruter, Simak Contoh Body Email Lamaran Kerja Popbela.com/Romi Subhan

Itulah tadi contoh body email lamaran kerja lengkap dengan pengertiannya. Semoga artikel ini membantu kamu, ya!

Baca Juga: Dipakai untuk Melamar Kerja, Ini Contoh dan Cara Membuat Portofolio

Baca Juga: Tips Sukses Wawancara dan Melamar Kerja dari Recruiter IDN Media

Baca Juga: 5 Tips Melamar Kerja untuk Fresh Graduate yang Belum Punya Pengalaman