Cara Mencari NIK Menggunakan Nama, Bisa Nggak, ya?

Cek faktanya di sini

Cara Mencari NIK Menggunakan Nama, Bisa Nggak, ya?

NIK atau nomor induk kependudukan menjadi salah satu hal yang paling penting bagi setiap warga negara. Sebab, dalam NIK tersebut, terdapat informasi identitas yang sangat penting. Seperti, tempat tanggal lahir, alamat, golongan darah, agama, hingga status perkawinan.

Selain berisikan informasi penting, NIK juga sangat dibutuhkan untuk mendaftar banyak urusan administrasi. Misalnya, untuk melamar CPNS, BPJS, atau mendaftar sekolah.

Saking pentingnya, kita wajib menjaga NIK ini jangan sampai lupa atau hilang. Jika kita lupa NIK, apakah bisa dicari menggunakan nama lengkap? Berikut faktanya.

Mencari NIK menggunakan nama

Cara Mencari NIK Menggunakan Nama, Bisa Nggak, ya?

Apakah kita bisa mencari NIK menggunakan nama lengkap jika sewaktu-waktu membutuhkan? Jawabannya tidak bisa. NIK tidak dapat dicari hanya menggunakan nama lengkap saja. Alasannya, NIK bersifat pribadi dan jika dapat dicari hanya menggunakan nama, maka siapa saja bisa mencari dan mengaksesnya, bukan?

Oleh karena itu, pihak Dinas Kependudukan dan Catatan Sipil (Dukcapil) tidak mengeluarkan aturan pencarian NIK berdasarkan nama demi menjaga kerahasiaan. Hal ini juga sebagai perlindungan yang cukup baik dari Dukcapil kepada setiap warga negara.

Namun, jika kamu ingin mencari NIK, kamu bisa menggunakan empat cara secara online berikut ini. Cara ini cukup praktis, sehingga memudahkanmu mengecek NIK pribadi kamu. Apa saja caranya?

1. WhatsApp

Saat ini aplikasi percakapan seperti WhatsApp banyak digunakan untuk berbagai urusan, nggak terkecuali untuk mengecek NIK KTP. Kamu bisa menghubungi call center Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) pusat melalui WhatsApp dengan cara mengetikan kata kunci yang ingin kamu cari. Format yang bisa kamu kirimkan untuk mengecek NIK adalah sebagai berikut:

  • #NIK
  • #Nama_Lengkap
  • #Nomor_Kartu_Keluarga
  • #Nomor_Telp
  • #Permasalahan

Kata kunci tersebut dapat langsung kamu kirimkan ke nomor WhatsApp 08118005373. Setelah kamu mengirimkan format di atas, kamu akan menerima balasan berupa nomor NIK sesuai dengan identitas kamu.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here