Ketika jumlah kasus COVID-19 meningkat, lebih banyak pengusaha di industri teknologi dan lainnya mendorong atau mempersiapkan karyawan mereka untuk bekerja dari jarak jauh untuk jangka waktu yang tidak ditentukan.

Jika kamu adalah salah satu pekerja yang melakukan transisi tiba-tiba dan baru ke pekerjaan jarak jauh penuh waktu, kamu mungkin mendapatkan banyak pendapat dan saran tentang bekerja dari rumah.

Buat kamu yang baru saja bekerja di rumah, tips berikut ini mungkin bisa membantumu melewati masa-masa sulit di rumah. Apa saja, ya?

Menjaga komunikasi secara konsisten itu sangat penting

Biar Produktif, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kerja di RumahPexels.com/Andrea Piacquadio

Seorang CEO dari perusahaan Stratiscope mengungkapkan bahwa sebuah keterlibatan perusahaan dan aktivasi komunitas dengan keahlian dalam respon krisis komunitas telah menulis kiat bagaimana bisnis dapat menjaga hubungan melalui pandemi.

Salah satu tips utama darinya adalah karyawan yang tiba-tiba menjadi jauh adalah meminta jalur komunikasi terstruktur. Komunikasi yang intens membuat kita bisa memahami dan menyelesaikan masalah dengan baik, serta menghindari kita dari kesalahpahaman.

Jika kamu tetap ingin bersosialisasi dan berbagi bukan hanya soal pekerjaan, buat grup sosial kecil sebagai pilihan

Biar Produktif, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kerja di RumahPexels.com/Andrea Piacquadio

Biasanya jika ada masalah atau ingin membicarakan topik pekerjaan yang sedikit sulit, kamu hanya perlu bercerita ke rekan kerja di sebelahmu. Setelah berbincang dengan mereka, kamu akan mendapat inspirasi untuk kembali semangat bekerja.

Di saat-saat social distancing seperti ini, rasanya sulit. Tapi kamu tetap bisa terhubung dengan mereka, kok. Buat grup percakapan di luar pekerjaan di mana kamu bisa bebas mencurahkan isi hati. Dengan begini, kamu nggak terlalu merasa sendirian bukan?

Obrolan ringan yang tidak ada hubungannya dengan pekerjaan bisa jadi masalah besar

Biar Produktif, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kerja di Rumahpexels.com/bongkarn thanyakij

Menjaga komunikasi dengan rekan kerja di kantor memang sangat penting. Tapi ingat intensitasnya jangan terlalu berlebihan, ya. Sebab, obrolan ringan yang tak ada hubungannya dengan pekerjaan di jam bekerja bisa menjadi masalah besar. Kamu bisa saja kehabisan waktu untuk menyelesaikan pekerjaan karena terlalu asyik mengobrol.

Pahami tentang stres dan hilangnya produktivitas

Biar Produktif, Ini 4 Hal yang Perlu Diperhatikan Saat Kerja di RumahPexels.com/Andrea Piacquadio

Selama di rumah, tentu kegiatanmu juga otomatis berubah. Ada yang bisa menjalaninya dengan baik, ada pula yang masih kaget dengan kegiatan baru ini. Untuk itu, pahamilah bagaimana mengatur stres dan produktivitas.

Banyak yang berkata bahwa keadaan seperti ini memaksa orang untuk kurang bisa melakukan hal yang terbaik jadi maklumlah jika beberapa kurang produktif kala mengerjakan pekerjaan mereka dari rumah. Jika rekanmu kurang produktif dan tak sesuai dengan yang kamu harapkan, untuk hari-hari pertama bisa kamu maklumi karena masih beradaptasi.

Baca Juga: 7 Olahraga yang Bisa Dilakukan di Rumah Selama Social Distancing

Baca Juga: 9 Pilihan Bisnis yang Bisa Dilakukan Saat #WFH

Baca Juga: Kocak, Ini 12 Potret Masyarakat Mengatasi Bosan saat Social Distancing