Tepat di hari ini 72 tahun sudah Indonesia merdeka. Kemerdekaan yang kita rasakan kini tentu berkat para pahlawan kita yang telah berani merebut Indonesia dari tangan penjajah, Bela. Bukan berlebihan pula jika kita selalu menyambut 17 Agustus dengan suka cita. Ya, ini semua demi mengingat kembali perjuangan para Pahlawan Indonesia yang telah membuat Indonesia merdeka pada 17 Agustus 1945.

 
Namun jangan hanya terhanyut euphoria perlombaan yang diadakan di rumahmu atau di kantormu saja Bela. Yuk kita kembali kenang para tokoh yang punya andil dalam persiapan pelaksanaan proklamasi pada 17 agustus 1945 jam 10.00 Wib di Jl. Pegangsaan Timur no.56 Jakarta.

1. Soekarno dan Mohammad Hatta

 
Naskah proklamasi yang sering kita dengar dan bacakan ini dibuat oleh Soekarno dan Mohammad Hatta.

2. Sayuti Melik

 
Namanya tercatat dalam sejarah Indonesia sebagai pengetik naskah proklamasi kemerdekaan.

3. Soekarni Kartodiwirjo

 
Setelah Proklamasi Kemerdekaan dibacakan, keesokannya pada 18 Agustus 1945, Soekarni membentuk Comite Van Aksi (red- panitia gerak cepat) yang bertugas untuk menyebarkan kabar kemerdekaan ke seluruh Indonesia.

4. B.M. Diah

 
Selain dikenal sebagai pejuang kemerdekaan, pemilik nama lengkap Burhanuddin Mohammad Diah ini juga tokoh di dunia Pers, Bela. Setelah Indonesia merdeka, sebagai wartawan, ia yang menyiarkan kabar berita ke penjuru tanah air kalau Indonesia telah merdeka.

5. Latif Hendraningrat, S. Suhud dan Tri Murti

 
Ketiganya berperan penting dalam pengibaran bendera merah putih pada acara proklamasi 17 Agustus 1945.

6. Frans S. Mendur

 
Frans S. Mendur adalah salah satu dari para fotografer yang mengabadikan detik-detik proklamasi kemerdekaan Republik Indonesia 17 Agustus 1945

7. Syahruddin

 
Ia adalah seorang telegraphis di kantor berita Jepang (DOMEI) yang mengabarkan berita proklamasi kemerdekaan Negara Indonesia ke seluruh dunia secara sembunyi-sembunyi saat personel Jepang beristirahat pukul 4 sore.

8. Raden Suwiryo

 
Suwiryo-lah salah seorang yang bertanggungjawab atas terselenggaranya proklamasi di kediaman Bung Karno.

 

BACA JUGA: Inilah 5 Makna Kemerdekaan yang Patut Kamu Syukuri sebagai Generasi Millennial Indonesia