Permasalahan di dunia Kpop memang nggak berbeda jauh sih dengan dunia hiburan di Indonesia. Biasanya selain karena percintaan, dunia entertainment jadi pusat perhatian sekaligus tercoreng citranya karena kasus narkoba hingga skandal seks. Tapi sebetulnya dari semua berita kontroversi, ada pula kok yang positif. Semua memang tergantung pada pribadi masing-masing. 

Seperti Kpop Idol di bawah ini, meski bisa mendapat banyak keuntungan dan pundi uang melimpah, mereka nggak keberatan untuk menolak kontrak hingga berani menyuarakan pendapat mereka di publik tanpa harus takut kehilangan kontrak bergengsi.

Berikut Kpop Idol yang masih mempertahankan idealisme mereka hingga berani tolak kontrak dan penawaran menggiurkan.

1. EXO Lay Zhang Batalkan Kontrak Samsung

5 Kpop Idol yang Tolak Kontrak Menggiurkan Demi Pertahankan Idealisme www.scmp.com

Baru-baru ini Lay Zhang, anggota Kpop Idol EXO asli warga negara China baru membatalkan kontrak dengan Samsung. Keputusannya bermula karena website Samsung tidak mendukung prinsip satu China. Sebabnya, website Samsung bukannya menyatukan Hongkong dan Taiwan yang menjadi bagian dari China, justru mereka memecah Hongkong dan Taiwan sebagai negara terpisah.

2. Oh Hyuk Tolak Tawaran Kontrak Agensi Ternama

5 Kpop Idol yang Tolak Kontrak Menggiurkan Demi Pertahankan Idealisme koreaboo.com

SM, YG, dan JYP Entertainment pernah ditolak oleh Oh Hyuk, karena ketiga agensi tersebut menawarkan kontrak kepada Oh Hyuk ketika ia masih sekolah. Selain karena masih harus fokus dengan pendidikannya, Oh Hyuk menolak SM Entertainment karena tak satu visi mengingat dirinya juga nggak ingin dancing pas lagi manggung, dan nggak pernah mendengarkan lagu yang dibuat oleh SM Entertainment.

3. B.A.P Tuntut Manajemen

5 Kpop Idol yang Tolak Kontrak Menggiurkan Demi Pertahankan Idealisme says.com

Tahun 2014 lalu, tepatnya 26 November, grup Kpop B.A.P pernah menuntut manajemen mereka, TS Entertainment. Mereka melakukannya karena merasa tidak mendapat keadilan. Sebab, kontrak tersebut hanya menguntungkan pihak manajemen dibanding keenam anggota B.A.P, bahkan mereka merasa TS Entertainment tidak memenuhi hak privacy mereka.

4. Song Hye-kyo Tolak Iklan Mitsubishi

5 Kpop Idol yang Tolak Kontrak Menggiurkan Demi Pertahankan Idealisme Instagram.com/kyo1122

Aktris Korea yang lagi jadi perbincangan ini pernah menolak tawaran iklan dari Mitsubishi. Alasannya karena perusahaan otomotif tersebut berasal dari Jepang, negara yang pernah melakukan kerja paksa terhadap sekitar 100 ribu penduduk Korea saat Perang Dunia II. Song Hye-kyo memang dikenal salah satu Kpop Idol yang pernah mendukung aktivitas patriot dan pernah mempromosikan situs bersejarah di Korea Selatan.

5. Kang Daniel Tolak Diperlakukan Spesial di Changi Airport

5 Kpop Idol yang Tolak Kontrak Menggiurkan Demi Pertahankan Idealisme k-gen.fr

Kang Daniel pernah menolak mendapatkan perlakuan VIP (hingga tidak perlu melewati jalur reguler) ketika ia sampai di Changi Airport. Alasannya supaya ia bisa tetap menyapa para fansnya.

Nggak disangka ya kalau keenam Kpop Idol di atas benar-benar masih mempunyai idealisme dan nggak peduli seberapa rugi jika mereka menolak sebuah tawaran yang bisa menguntungkan mereka dari sisi finansial.

Baca Juga: Sedih, 6 Kpop Idol Ini Punya Masa Lalu yang Kelam