Gerakan tagar #DiRumahAja akibat pandemi virus corona, memberikan dampak yang cukup besar di industri hiburan, nih. Misalnya, musisi atau band yang gagal tampil di acara musik atau menggelar konser hingga kisaran bulan Agustus. Selain membuat pendapatan mereka tertunda, hal ini turut menimbulkan rasa resah bagi para seniman terhadap tim lapangan mereka, yang juga mengandalkan rezeki dari panggung ke panggung.

Kunto Aji Live Nyanyi Sambil Mandi, Demi Mendukung #DiRumahAja Instagram.com/coldplay

Sambil memutar ide kegiatan apa yang harus mereka lakukan selain off-air dan on-air, para musisi ini pun mengandalkan teknologi untuk menyapa penggemarnya di masa social distancing ini. Contohnya Chris Martin dari band Coldplay, yang menggunakan Instagram story untuk live-concert dari rumahnya. Bahkan lucunya, ia masih sempat bingung apakah kamera sudah menyala atau belum.

Apa yang Chris lakukan, menjadi inisiasi beberapa musisi lokal untuk mencoba hal serupa. Uniknya, selain bernyanyi mereka juga membuat lelucon yang sangat menghibur. Siapa saja, ya, Bela?

1. Kunto Aji

Kunto Aji Live Nyanyi Sambil Mandi, Demi Mendukung #DiRumahAja Instagram.com/kuntoajiw

Penyanyi bernama lengkap Kunto Aji Wibisono ini sempat bingung, ketika Popbela bertanya, kira-kira materi live untuk mengatasi kebosanan social distancing ini akan seperti apa. Tak lama, ia pun mengaktifkan Instagram live dengan bernyanyi di bawah pancuran, di kamar mandi! Setelah keramas tiga kali dan sabunan empat kali, Kunto sukses menghibur penggemarnya dari berbagai kalangan. “Agak effort ya ternyata, padahal niatnya santai,” tulisnya di Instagram.

2. Bam Mastro

Kunto Aji Live Nyanyi Sambil Mandi, Demi Mendukung #DiRumahAja Instagram.com/elephantkind

Vokalis band Elephant Kind yang baru saja pulih dari penyakit efusi pleura ini, turut serta menghibur penggemarnya lewat Instagram Live akun milik Elephant Kind. Meskipun di beberapa penampilan Elephant Kind, ia sempat absen karena masih dalam masa penyembuhan, Bam Mastro sudah tak kuasa ingin kembali aktif bernyanyi.

3. Meda Kawu

Kunto Aji Live Nyanyi Sambil Mandi, Demi Mendukung #DiRumahAja Instagram.com/medakawu

Meda kawu sangat senang tampil di panggung dan berinteraksi. Sehingga ketika ia harus mengisolasi diri, penyanyi bergenre contemporary folk ini pun tetap menggaet teman musisi untuk mengiringinya bernyanyi lewat Instagram Live! “Tenang saja ya teman-teman, kami jaraknya tetap lebih dari satu meter, kok!” terangnya kepada orang-orang yang bertanya di kolom komentar.

4. Danilla Riyadi

Kunto Aji Live Nyanyi Sambil Mandi, Demi Mendukung #DiRumahAja Glenn Prasetya

Beda lagi dengan Danilla. Penyanyi pop nyentrik ini, justru menggunakan YouTube Live untuk menghibur dan berkomunikasi dengan penggemarnya. Sayangnya ia tidak merekam konten tersebut, sehingga tidak bisa ditonton ulang.

Selain mereka, kamu sudah nonton musisi yang live siapa lagi, Bela? Kasih rekomendasi di kolom komentar, ya!

Baca Juga: Baru Rilis Video Clip, Ini 5 Musisi Indonesia Layak Apresiasi