Langkah konkret mendukung perempuan dalam pertumbuhan ekonomi Tanah Air, makin jelas terlihat. Lantaran, Tjufoo sebagai brand aggregator siap memperkuat peran perempuan di dunia bisnis melalui peresmian program Akselerasi Bisnis (AKSI) Perempuan. 

Terwujudnya program AKSI Perempuan berkolaborasi dengan platform community Stellar Women, sebagai mitra pelaksana yang ingin memberi peluang inkubasi bagi bisnis-bisnis yang dirintis perempuan Indonesia. Makin spesial, bagi kamu yang tertarik mengikuti program AKSI Perempuan dan terpilih menjadi pemenang, akan berkesempatan mendapat pendanaan hingga miliaran rupiah, Bela. 

Penasaran? Gimana awal mula terbentuknya program AKSI Perempuan? Serta, apakah ragam benefit yang ditawarkan? Simak dalam artikel berikut, yuk, Bela!

Terbentuknya program AKSI Perempuan

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. POPBELA.COM

Makin signifikannya peran womenpreneur dalam menyokong perekonomian nasional menjadi salah satu latar belakang terbentuknya program AKSI Perempuan. Apalagi melihat secara langsung, mencapai angka 64% UMKM di Indonesia digerakkan perempuan.

Namun, perempuan dalam khususnya dunia bisnis masih memiliki sejumlah tantangan yang menyebabkan mereka tidak bisa memaksimalkan peran–di antaranya karena kondisi keluarga, stigma sosial, akses pelatihan kewirausahaan, dan akses permodalan. 

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. AKSI Perempuan

Melihat berbagai kerikil tersebut, maka AKSI Perempuan hadir didukung tiga kementerian sekaligus; Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dan Kementerian Koperasi dan UKM RI untuk mendukung partisipasi aktif perempuan dalam dunia bisnis lewat berbagai kelas dan program mentoring. Mengingat, di masa pemulihan ekonomi karena krisis pandemi COVID-19 kinerja perempuan secara nyata dapat memberikan dampak besar. 

Kolaborasi antara Tjufoo dan Stellar Women

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. POPBELA.COM

Lahirnya program AKSI Perempuan, tak bisa dilepaskan dari keberadaan Tjufoo yang berkolaborasi dengan Stellar Women. Tjufoo sebagai Indonesia-first brand aggregator yang berkomitmen untuk mengembangkan potensi bisnis dan pasar di Tanah Air. Didukung dengan konsep House of Brands, Tjufoo menjadi mitra end-to-end untuk bisnis dari berbagai sektor dan daerah, menyediakan segalanya mulai dari pendanaan dan infrastruktur teknologi hingga bantuan operasional.

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. POPBELA.COM

Sedangkan, jika melihat Stellar Women merupakan sebuah komunitas yang mendukung dan menghubungkan perempuan berdaya untuk mencapai tujuan hidupnya. Sejak berdiri tahun 2019, Stellar Women berkomitmen untuk mendukung perempuan Indonesia melalui berbagai program kelas virtual, mentorship, online course, dan forum. Stellar Women telah menjadi tempat berbagi dan menginspirasi lebih dari 10.000 perempuan di seluruh Indonesia dan berkeinginan terus mengakomodasi perempuan dalam meraih kesuksesan menjadi versi terbaik.

Melihat keterkaitan keduanya dalam womenpreneur, maka lahirnya program AKSI Perempuan diharap bisa menunjukkan keberpihakan terhadap perempuan dengan peningkatan kapasitas dan kualitas. Apalagi saat melihat potensi yang luar biasa, namun ternyata startup yang dipimpin perempuan hanya mendapat 2,3% pendanaan. 

Pentingnya menciptakan ragam inovasi usaha

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. POPBELA.COM

Pentingnya menciptakan berbagai wirausaha baru yang inovatif dan berkelanjutan menjadi konsentrasi penuh, agar nantinya dapat membuka lapangan kerja. Apalagi dari 64,2 juta UMKM, sekitar 99% adalah pengusaha mikro yang memberikan kontribusi terhadap PDB (Produk Domestik Bruto) sebesar 61,07%, terhadap investasi sebesar 60,4%, dan terhadap ekspor sebesar 14,3%.

Maka, program AKSI perempuan diharapkan dapat membangun motivasi wirausaha perempuan, berupa aksi untuk berinovasi, berkreativitas, serta berkolaborasi dengan memanfaatkan teknologi digital dalam pengembangan usahanya. Sehingga, diharapkan para womenpreuner ini mampu berkontribusi terhadap perekonomian nasional.

Kacamata Tjufoo melihat potensi perempuan

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. POPBELA.COM

Meski data menunjukkan kontribusi perempuan terhadap perekonomian nasional signifikan, namun perempuan masih membutuhkan dukungan untuk menghadapi sejumlah tantangan dalam menjalankan bisnis. 

Berdasarkan hasil studi Smeru Research Institute, 82.3% UMKM milik perempuan mengeluhkan kekurangan modal sebagai hambatan di masa pandemi di tengah penjualan yang turun dan biaya produksi yang meningkat. Sementara itu, dua tantangan utama yang mereka hadapi adalah strategi bisnis yang perlu diubah (80.4%) dan operational cash flow yang terganggu (79.4%). 

"AKSI Perempuan menawarkan pendekatan holistik dan support system untuk mendampingi womenpreneur bertumbuh. Sekaligus sebagai wujud kepedulian dan upaya mendorong kesetaraan peluang dan kesempatan bagi womenpreneur dalam memperkuat fundamental bisnis mereka, membentuk skalabilitas yang jelas untuk mengukur peluang pasar, menentukan tujuan untuk proses identifikasi merek mereka, dan juga merancang strategi bisnis yang kuat untuk menjawab berbagai tantangan,” pungkas TJ Tham selaku Co-Founder & Chief Executive Officer Tjufoo pada Kamis, (22/09/2022).

Benefit yang ditawarkan AKSI Perempuan

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. POPBELA.COM

Setiap womenpreuner yang bergabung dengan AKSI Perempuan bukan hanya mendapat bantuan pendanaan, namun juga akses terhadap ekosistem inklusif dan ahli profesional untuk membantu memenuhi target pertumbuhan masing-masing bisnisnya. 

Terhitung resmi berjalan, menurut Samira Shihab selaku Founder Stellar Women, AKSI Perempuan akan menyasar para womenpreneur untuk memimpin bisnis mereka ke level selanjutnya. Sehingga dengan keberadaan program ini, lebih mengembangkan kewirausahaan perempuan, membuka peluang lebih besar bagi pertumbuhan ekonomi Indonesia, dan menginspirasi banyak perempuan lainnya untuk mengambil langkah berani dalam dunia bisnis.

Serangkaian program AKSI Perempuan

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. Website AKSI Perempuan

Jika kamu tertarik, AKSI Perempuan menawarkan serangkaian program yang akan berjalan, mulai 22 September–22 November 2022. Diantaranya, sebagai berikut: 

  • Kick Off (22 September 2022) 

Launching resmi program AKSI Perempuan secara luring dan disiarkan secara daring.

  • Bootcamp (1–2 Oktober 2022)

Pelatihan bisnis bersama para ahli selama dua hari. Bootcamp dilaksanakan secara luring di Jakarta untuk 75 womenpreuner terpilih. Siapapun bisa mengikuti bootcamp secara daring lewat siaran langsung.

  • Mentorship (14 Oktober–14 November 2022)

Bimbingan ekstensif selama satu bulan untuk 10 womenpreuner terpilih. Nantinya, mereka akan didukung untuk membuat strategi bisnis yang tepat bersama dengan mentor ahli.

  • Demo Day (15 November 2022)

Mendapat kesempatan pendanaan lebih dari 1 miliar rupiah, bagi tiga womenpreuner yang terpilih menjadi juara.

  • Awarding Day (22 November 2022)

Penutupan acara dan penghargaan bagi bisnis inovatif yang akan mendapatkan pendanaan dari AKSI Perempuan.

3 Kementerian Dukung Tjufoo Naikkan Bisnis Womenpreuner IndonesiaDok. POPBELA.COM

Tjufoo dan Stellar Women menargetkan 5.000 womenpreneur dapat bergabung dalam AKSI Perempuan dan mengakselerasi pertumbuhan bisnisnya. Pada 10 bisnis dengan potensi terbaik akan mendapat panduan lebih komprehensif selama proses inkubasi serta kesempatan pendanaan.

Pendaftaran program AKSI Perempuan dibuka hingga 28 September 2022, Bela. Jika kamu ingin mengetahui informasi lebih lengkap, dapat mengunjungi website resmi www.stellarw.com/aksiperempuan.

Baca Juga: Cara Membuat Akun Bisnis Tokopedia, Bantu Tingkatkan Penjualanmu! 

Baca Juga: Cara Dropship Pemula Tanpa Modal di Shopee, Ternyata Mudah!

Baca Juga: Masih Timpang, B20 WiBAC Upayakan Kesetaraan Gender di Dunia Bisnis