13 Peluang Usaha di Pedesaan yang Cocok untuk Pemula

Lebih jeli melihat potensi di desa

13 Peluang Usaha di Pedesaan yang Cocok untuk Pemula

Follow Popbela untuk mendapatkan informasi terkini. Klik untuk follow Whatsapp Channel & Google News

Anggapan mencari peluang usaha di desa terbilang sulit, kini perlahan bisa ditepiskan. Lantaran, peluang usaha di desa nyatanya memiliki potensi besar karena belum banyak pesaing dan kompetitornya.

Namun untuk menemukan peluang usaha yang potensial di desa, kamu harus bisa melihat kebutuhan masyarakat sekitar terlebih dahulu. Selain itu, kamu juga bisa mencari bidang usaha yang memang cocok dengan karakteristik lingkungan desa. 

Jika masih bingung dengan pilihan usaha yang ingin kamu geluti, berikut Popbela telah merangkum beberapa jenis peluang usaha yang cocok untuk pemula di pedesaan, Bela! 

1. Membuka warung kelontong

Kelontong sebagai tempat yang menjual kebutuhan sehari-hari dan sembako dapat kamu jadikan sebagai peluang usaha. Namun perlu diingat, kunci menjalankan usaha rumahan yang satu ini yaitu lokasi yang strategis, stok barang yang lengkap, serta harga yang bersaing. Maka, kamu harus pintar menemukan supplier yang memiliki stok lengkap dan harga yang murah.

Sedikit tips, agar pelanggan warung kelontongmu tetap setia, kamu harus menjadi penjual yang ramah. Berikan juga bingkisan saat hari besar sebagai bentuk apresiasi kepada pelanggan. Contohnya, biskuit kalengan ataupun sebotol sirup.

2. Menjual pupuk dan alat bertani

Melihat mayoritas profesi masyarakat pedesaan adalah seorang petani. Tentunya, membuat kebutuhan akan pupuk dan peralata bertani mereka juga tinggi. Kondisi ini, bisa kamu manfaatkan sebagai peluang usaha dengan membuka toko yang menjual aneka kebutuhan bertani.

Contohnya; pupuk, pengusir hama, cangkul, kompres, dan alat bertani lainnya. Kamu bisa menyuplai berbagai jenis peralatan bertani dan pupuk langsung dari pemasoknya.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here