Setelah terkena reshuffle dan tak lagi menjabat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, Wishnutama Kusubandio kembali memegang jabatan sebagai komisaris di e-commerce Tokopedia. Hal tersebut diumumkan melalui akun Instagram Wishnutama kemarin (8/2).

Sebelumnya, pada tahun 2019, Wishnutama sempat menduduki posisi yang sama. Ia melepas jabatannya sebagai komisaris di Tokopedia karena ditunjuk sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo.

Kini setelah diangkat kembali menjadi komisaris Tokopedia, Wishnutama mengatakan kalau ia sangat mengapresiasi misi Tokopedia dalam melakukan pemerataan ekonomi Indonesia. Menurutnya, misi tersebut berkaitan erat dengan kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

"Saya senang dapat bergabung dengan Tokopedia dan membagi pengalaman saya untuk mendukung cita-cita perusahaan,” ungkap Wishnutama, seperti dikutip dari IDNTimes.com.

Wishnutama dan industri kreatif memang selalu berhubungan erat. Penasaran dengan perjalanan karier Wishnutama? Simak penjelasannya berikut ini.

Memulai kariernya di stasiun televisi Indosiar pada tahun 1994

Kembali Jadi Komisaris Tokopedia, Ini Perjalanan Karier WishnutamaInstagram.com/Wishnutama

Kamu yang lahir pada tahun 90-an, pasti familiar dengan program Pesta, Gebyar BCA, Patroli, Satu Jam Bersama, dan Saksi di Indosiar, kan? Program-program tersebut lahir dari ide kreatif Wishnutama saat ia menjabat sebagai production assistant di divisi produksi, Indosiar. Setelah tujuh tahun bekerja di Indosiar sejak tahun 1994, Wishnutama memutuskan untuk pindah ke TransTV pada tahun 2001.

Nama Wishnutama mulai dikenal dan populer saat ia bekerja di TransTV

Kembali Jadi Komisaris Tokopedia, Ini Perjalanan Karier WishnutamaDok. Internet

Lepas dari Indosiar, Wishnutama kemudian bekerja di TransTV. Dari tangannya, lahir program hits yang kita kenal hingga saat ini, meski beberapa sudah tidak tayang lagi. Sebut saja Termehek-mehek, Bukan Empat Mata, Extravaganza, Dunia Lain, On The Spot, Indonesia Mencari Bakat, serta Opera van Java, menjadi program yang lahir dari ide Wishnutama.

Karena prestasinya yang berhasil menelurkan program hits dengan rating yang baik pula, pada tahun 2008-2012 Wishnutama dipercaya untuk memegang jabatan sebagai Direktur Utama TransTV.

Mundur dari TransTV dan mendirikan NET

Kembali Jadi Komisaris Tokopedia, Ini Perjalanan Karier WishnutamaDok. Internet

Tak puas membuat program televisi dengan rating yang meroket, Wishnutama memutuskan untuk mengundurkan diri dari TransTV dan mendirikan stasiun televisinya sendiri. Bersama dengan Indika Group, Wishnutama mengakusisi stasiun televisi Spacetoon dan mengubahnya menjadi NET Mediatama.

NET Mediatama lahir sebagai bentuk komitmen Wishnutama untuk mengubah wajah pertelevisian Indonesia. Maka dari itu, tak heran jika tagline dari NET adalah “Televisi Masa Kini” karena Wishnutama benar-benar menghadirkan konsep program yang berbeda pada NET dibandingkan stasiun televisi lainnya.

Pada 5 April 2019, Wishnutama mengumumkan bahwa ia mundur dari jabatannya sebagai CEO NET Mediatama dan menyerahkannya kepada Deddy Sudarijanto. Meski tak lagi menjadi CEO, Wishnutama tetap memiliki jabatan di stasiun televisi tersebut sebagai komisaris.

Menjadi komisaris di e-commerce Tokopedia

Kembali Jadi Komisaris Tokopedia, Ini Perjalanan Karier WishnutamaInstagram.com/Wishnutama

Masih di tahun 2019, Wishnutama diketahui juga memiliki jabatan sebagai komisaris di e-commecer Tokopedia. Tidak diketahui kapan tepatnya ia mulai menjabat, namun pada 22 Oktober 2019 Wishnutama mundur sebagai komisaris Tokopedia karena ia ditunjuk sebagai menteri.

"Pada tanggal 21 Oktober saat saya diminta untuk jadi Menteri sore itu dan besoknya saya langsung mengundurkan diri dari semua jabatan swasta sesuai peraturan yang ada," ujar Tama kepada IDNTimes.com, Senin (18/5/2020).

Kemarin, 8 Februari 2021, Wishnutama mengumumkan kalau ia kembali menjabat sebagai komisaris di Tokopedia. Ia sangat senang bisa kembali memegang jabatan tersebut karena misi Tokopedia sejalan dengan kemajuan ekonomi kreatif Indonesia.

Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif

Kembali Jadi Komisaris Tokopedia, Ini Perjalanan Karier WishnutamaInstagram.com/Wishnutama

Oktober 2019, Wishnutama diangkat sebagai Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif oleh Presiden Joko Widodo. Hanya setahun ia menjabat sebelum akhirnya Presiden Joko Widodo me-reshuffle dan menggantinya dengan Sandiaga Uno.

Itu tadi perjalanan karier Wishnutama sebelum akhirnya kembali menjabat sebagai komisaris Tokopedia. Wishnutama memang dikenal sebagai sosok yang telah lama berkecimpung di industri kreatif. Ia bahkan mendapat pujian karena perannya sebagai Creative Director Opening and Closing Ceremony Asian Games 2018 berhasil menyuguhkan acara yang spektakuler. 

Baca Juga: Mengintip Keharmonisan Rumah Tangga Gista Putri dan Wishnutama

Baca Juga: 5 Cara Ampuh Mengamankan Akun Tokopedia Dari Hacking

Baca Juga: Resmi! Presiden Jokowi Tunjuk Sandiaga Uno & Tri Risma Jadi Menteri