Coba, deh, kamu cek Insta-Story atau WhatsApp Story kamu saat ini. Pasti di sana, kamu menemukan banyak teman yang memulai usahanya. Mulai dari jual makanan, pakaian, hingga tanaman hias, semuanya ada.

Tertarik merintis usaha seperti teman-temanmu, tapi bingung usaha apa yang cocok untuk kamu rintis? Berikut Popbela berikan tujuh rekomendasi peluang usaha yang menjanjikan dan bisa kamu tekuni. Apa saja, ya?

1. Dropship

Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha MenjanjikanPexels.com/Andrea Piacquadio

Peluang usaha menjanjikan yang pertama adalah dropship. Model bisnis dropship ini benar-benar menguntungkanmu, sebab kamu tak perlu repot menyetok barang dagangan dan mengirimkannya ke pembeli. Kamu hanya perlu memasarkan dan menjadi perantara antara pembeli dan suplier barang yang kamu jual.

Dengan sistem usaha dropship, yang kamu butuhkan hanyalah ketekunan dalam memasarkan dan mencari strategi yang tepat agar banyak pembeli yang datang kepadamu. Untuk menjadi seorang dropshipper, kamu hanya perlu mencari toko online yang menerima dropship dalam menjual barang-barangnya.

2. Online shop

Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha MenjanjikanUnsplash.com/Kaboompics

Toko online kini semakin berkembang mengikuti dengan perubahan perilaku masyarakat di masa pandemi seperti saat ini. Semua kegiatan dilakukan dari rumah, begitu pula dengan berbelanja. Kamu bisa memanfaatkan situasi ini dengan memulai usaha online melalui media sosial atau platform e-commerce.

Selain menyediakan barang dengan harga bersaing, hal lain yang harus diperhatikan supaya toko online kamu dilirik pembeli adalah dengan membuat gambar sebagus mungkin. Buat desain dan tampilan yang berbeda dari kompetitor membuat toko online kamu dilirik calon pembeli.

3. Makanan ringan

Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha MenjanjikanPexels.com/Julias Torte

Menemani bekerja dari rumah, kamu bisa memulai menjual makanan ringan. Makanan ringan ini dapat berupa makanan ringan asin (seperti keripik dan bakso aci) atau makanan ringan manis (seperti cokelat dan brownies).

Satu hal yang harus kamu perhatikan untuk memulai bisnis makanan ringan adalah rasa makanan yang harus lezat. Jika makanan kamu memiliki rasa yang lezat, dijamin akan banyak pembeli yang membeli makanan kamu. Jangan ragu untuk meminta masukan kepada orang terdekat bagaimana rasa makanan yang kamu jual agar kualitasnya lebih baik lagi.

4. Tanaman hias

Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha MenjanjikanUnsplash.com/Brina Blum

Tanaman hias kini menjadi benda favorit yang banyak digandrungi millennial. Melihat fenomena ini kamu bisa memanfaatkannya dengan merintis bisnis tanaman hias. Tak hanya tanaman, di bisnis ini kamu juga bisa menjual bibit, pot hingga pupuk untuk tanaman tersebut. Jangan malas untuk mencari tahu jenis tanaman hias terbaru supaya toko kamu selalu up to date.

5. Kerajinan tangan

Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha MenjanjikanPexels.com/Caroline Feelgood

Kerajinan tangan ini beragam macamnya, Bela. Mulai dari desain grafis, ilustrasi, hingga kerajinan berupa lukisan dapat kamu buat sebagai peluang usaha yang menarik. Kamu juga bisa berkreasi memanfaatkan benda daur ulang sebagai bahan dasar kerajinan tangan yang akan kamu jual. Tentu hal ini membuatmu mengeluarkan modal sedikit, namun menghasilkan keuntungan yang besar, bukan?

6. Makeup Artist atau Hair stylist

Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha MenjanjikanUnsplash.com/Adam Winger

Memanfaatkan koleksi make up dan kemampuanmu, kamu bisa membuka usaha merias dan hair stylist. Usaha ini sebenarnya cuKup perlu modal, karena kamu perlu merek-merek makeup favorit hingga yang terbaik, demi meraih kepercayaan calon klien. Kembangkan bisnismu dengan merias orang-orang terdekat terlebih dahulu, lalu menyebarkannya lewan jejaring sosial. 

7. Bisnis Waralaba

Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha MenjanjikanPexels.com/Adrianna Calvo

Kalau kamu memiliki modal yang cukup banyak, kamu bisa memulai usaha bisnis waralaba. Bisnis waralaba ini sangat cocok untuk kamu yang tak ingin pusing memikirkan konsep bisnis. Kamu cukup mencari lokasi strategis dan melakukan riset tentang produk apa yang sedang digemari. Dengan modal yang cukup terjangkau, kamu bisa membuka bisnis waralaba dari produk hits.

Dari tujuh peluang usaha yang menjanjikan di atas, yang mana yang ingin kamu coba?

Baca Juga: Yuk, Cari Uang Jajan Tambahan! Ini 10 Ide Bisnis untuk Mahasiswa

Baca Juga: Mengenal Peluang Bisnis Ikan Cupang: Modal, Keuntungan, dan Pemasaran

Baca Juga: Bertahta di Industri Mode, Ini Deretan Bisnis Barli Asmara