Kasus hukum bisa menjerat siapa pun yang melakukan tindakan kriminal. Melalui proses hukum pula, seseorang yang melakukan kejahatan harus menerima hukuman setimpal demi keadilan.

Mirisnya, empat terdakwa berikut ini viral di TikTok dan dibela oleh warganet hanya karena memiliki paras yang menawan. Siapa saja mereka dan apa tindakan kriminal yang pernah dilakukannya?

1. Cameron Herrin

Miris, di TikTok 4 Terdakwa Ini Dibela Warganet Karena 'Good-Looking'Dok. Internet

Cameron Herrin mendapat banyak simpati di media sosial sejak videonya viral di TikTok beberapa hari belakangan ini. Cameron dijatuhi hukuman 24 tahun 3 bulan penjara setelah terbukti bersalah telah menghilangkan nyawa dua orang akibat balapan liar di Tampa, Florida, Amerika Serikat.

Peristiwa yang terjadi pada tahun 2018 tersebut bermula saat Cameron melakukan balapan liar di jalan umum di Tampa, Florida. Nahas, saat melajukan kendaraannya dengan kecepatan 100 km/jam, Cameron menabrak seorang ibu bernama Jessica Reisinger-Raubenolt dan putrinya, Lilia Raubenolt yang masih berusia 1 tahun. 

Cameron pun mengakui perbuatannya dan disidang tiga tahun, setelah kecelakaan tragis tersebut. Ia dijatuhi hukuman selama 24 tahun 3 bulan penjara. Hukuman ini jauh lebih ringan dibandingkan tuntutan keluarga korban, yakni 30 tahun penjara.

Mirisnya, hanya karena wajahnya yang tampan, banyak warganet yang membelanya dan bersimpati kepada Cameron. Warganet justru memuji tindakan Cameron yang mau bertanggung jawab terhadap perbuatannya.

2. Isabella Guzman

Miris, di TikTok 4 Terdakwa Ini Dibela Warganet Karena 'Good-Looking'Dok. Internet

Sosok Isabella Guzman juga sempat viral di Twitter di akhir tahun 2020 lalu. Menggunakan pakaian khas terdakwa berwarna oranye, perempuan asal Colorado, Amerika Serikat ini terpaksa berurusan dengan hukum, setelah menikam ibunya menggunakan pisau sebanyak 151 kali.

Merangkum dari berbagai sumber, Isabella yang saat itu masih berusia 18 tahun ini memang memiliki hubungan yang tidak harmonis dengan sang ibu. Dalam persidangan, ayahnya memberikan kesaksian bahwa sebelum melakukan aksi kejinya di tahun 2013 itu, Isabella sempat mengirimkan e-mail ancaman kepada sang ibu. Karena takut, ibunya pun meminta perlindungan kepada pihak berwajib.

Sampai di suatu malam, saat ibunya tengah berada di kamar mandi, Isabella menyusul dan menguncinya dari dalam. Isabella pun menikam ibunya sebanyak 79 kali. Namun, kesaksian pengadilan mengatakan ditemukan 151 tusukan di wajah, leher dan tubuh perempuan berusia 47 tahun itu.

Saat Isabella melakukan aksinya, sang ayah hanya bisa pasrah dan meminta bantuan dengan menelepon 911. Sebelum petugas datang, Isabella telah melarikan diri dan berhenti di sebuah minimarket untuk membersihkan noda darah di rambut dan bajunya.

Setelah 16 jam buron, Isabella pun ditangkap dan ditahan sampai sidang di pengadilan berlangsung. Berdasarkan hasil penyelidikan, Isabella dinyatakan tidak bersalah atas perbuatannya karena mengalami kesehatan mental schizophrenia. Ia pun akhirnya dirawat di rumah sakit jiwa dan terbebas dari hukuman.

Namun, apa yang dilakukan Isabella justru mendapat simpati dari warganet. Karena wajah imutnya, banyak warganet yang nge-fans dengan Isabella.

3. Jeremy Meeks

Miris, di TikTok 4 Terdakwa Ini Dibela Warganet Karena 'Good-Looking'MSN.com

Pada tahun 2014, Jeremy Meeks ditangkap oleh pihak Departemen Kepolisian Stockton, California Amerika Serikat, karena kepemilikan senjata api ilegal. Jeremy yang ditangkap bersama tiga pria lainnya ini kemudian hanya dijatuhi denda sebesar US$1,050,000. Untuk membayarnya, ibu dan adik Jeremy bahkan harus membuka donasi melalui situs GoFundMe. Mereka berhasil mengumpulkan uang tersebut dan membebaskan Jeremy.

Namun, satu tahun setelahnya, Jeremy kembali berurusan dengan pihak kepolisian. Ia ditangkap dengan tuduhan penyeludupan senjata api ilegal dan membuatnya terpaksa mendekam di penjara selama 27 bulan. Namun, karena kelakuan baiknya selama di penjara, masa tahanan Jeremy dipotong menjadi hanya 13 bulan. Pada Maret 2016, Jeremy bebas bersyarat.

Jeremy Meeks langsung menjadi topik pembicaraan warganet kala itu. Setelah 24 jam fotonya diunggah sebagai salah satu terdakwa di akun Facebook Departemen Kepolisian Stockton, foto Jeremy mendapatkan 95 ribu likes, 24 ribu komentar, dan 11 ribu share hanya karena wajahnya yang dinilai tampan.

Karena wajahnya yang tampan ini juga membuat salah satu agensi tertarik untuk merekrutnya sebagai model. Tepat setelah Jeremy keluar dari penjara, ia langsung memulai debutnya sebagai model dan aktor sampai saat ini.

4. Victoria Mendoza

Miris, di TikTok 4 Terdakwa Ini Dibela Warganet Karena 'Good-Looking'Standard.net

Pada tahun 2018, Victoria Ashley Mendoza dijatuhi hukuman seumur hidup setelah diketahui membunuh pasangannya, Tawnee Marie Baird. Victoria dinyatakan bersalah setelah bukti menunjukan bahwa ia telah membunuh Tawnee di jalan bebas hambatan Weber County, Utah, Amerika Serikat, dengan cara menikamnya sebanyak 46 kali pada Oktober 2014.

Persidangan yang sempat berjalan cukup rumit pada November 2015 ini, akhirnya memutuskan Victoria dijatuhi hukuman seumur hidup tanpa keringanan. Padahal pengacara Victoria saat itu menjelaskan, bahwa hubungan Victoria dan Tawnee memang bermasalah dan kliennya tidak bisa disalahkan begitu saja. Namun, kesaksian pengacara Victoria rupanya tidak mengubah keputusan hakim sama sekali dan membuatnya tetap dipenjara seumur hidup.

Wajah Victoria yang menawan sempat membuatnya viral di TikTok pada awal 2021 ini. Banyak warganet yang membelanya dan mengatakan bahwa mereka jatuh cinta dengan wajah Victoria.

Itulah tadi empat terdakwa yang dibela oleh warganet hanya karena wajah yang good-looking. Tanpa melihat wajah aslinya dan dengan hanya melihat rekam jejak tindakan kriminal mereka, apakah kamu akan ikut membela?

Baca Juga: 5 Fakta Mantan Selir Raja Thailand, Penuh Ambisi dan Sempat Dipenjara

Baca Juga: Sempat Kabur, Ini Kronologi Son Seung Won Bisa Dipenjara 18 Bulan

Baca Juga: Gaya Jerinx & Nora Alexandra, Makin Mesra Setelah Keluar Penjara