Di masa sulit saat pandemi seperti ini, apapun dilakukan secara online demi menghindari kerumunan orang banyak. Salah satunya adalah belanja. Begitu banyaknya e-commerce hingga online shop di Instagram memudahkan kita untuk berbelanja. Tapi, tetap harus hati-hati saat memilih online shop, ya. Sebab, nggak sedikit online shop abal-abal yang akan menipumu.

Bahkan, saking semangatnya menipu, online shop abal-abal ini nggak pilih-pilih korban. Anak bungsu Presiden Joko Widodo, Kaesang Pangarep salah satunya. Ia pernah nyaris ditipu oleh salah satu online shop. Karena pengalamannya ini, ia bahkan memberi pelajaran ke online shop lain agar jera dan nggak lagi menipu orang lain.

Merangkum dari Twitter Kaesang, ada empat online shop abal-abal yang baru saja berusaha menipu Kaesang tapi gagal. Apa saja?

1. Online shop lelang

Pada tanggal 1 September 2020, Kaesang baru menyadari kalau dirinya menang lelang sebuah barang. Namun, karena terlambat Kaesang bertanya apakah dirinya sudah telat untuk menebus barang lelangnya atau tidak.

Sang penipu membalasnya dan mengatakan kalau ia masih bisa mendapatkan barang asalkan transfer ke nomor yang tertera. Curiga, Kaesang bertanya kepada si penipu apakah dia sudah mengecek profil Instagram dirinya atau belum. Mengetahui hal itu, si penipu langsung meminta maaf kepada Kaesang.

Lucunya, Kaesang tetap transfer senilai Rp10 ribu sambil menuliskan pesan kalau si penipu kini sudah terpantau. Duh, auto panik nggak, sih?

2. Homedress

Mengetahui kalau Kaesang berhasil menciduk penipu, warganet ramai-ramai mengadukan banyak online shop yang diduga sering melakukan penipuan. Salah satunya akun yang menjual homedress ini.

Bahkan, Kaesang sampai niat mentransfer sesuai dengan pesanan plus ongkos kirimnya. Mengetahui kalau ia menipu anak presiden, si pemilik online shop kemudian mengirim balik uang yang sudah ditransfer oleh Kaesang dan langsung memblokir nomornya. Balik badan, grak!

3. Ponsel Samsung S20 Ultra

Lagi, berkat bantuan warganet, Kaesang mendapatkan akun online shop abal-abal yang menjual barang lelang dari Pegadaian. Bayangkan saja, dari harga Rp13 jutaan, ponsel tersebut dijual hanya dengan Rp3,5 juta. 

Tapi sepertinya, akun penipu itu sudah tahu kalau Kaesang ingin membuatnya jera. Tak lama setelah mengirim pesan, nomor ponsel Kaesang diblokir. 

4. Ponsel iPhone

Semurah-murahnya iPhone, masuk akal nggak, sih, kalau harganya cuma Rp250 ribu per unitnya? Sudah pasti itu penipuan, bukan? 

Kaesang pun mencoba menghubungi si penjual dan memesan seratus ponsel. Sama seperti sebelumnya, Kaesang langsung diblokir oleh penjual karena tahu Kaesang akan membuatnya jera.

Duh, ternyata masih banyak, ya, online shop abal-abal yang tujuan utamanya menipu pembeli. Lebih hati-hati jika akan belanja online, ya, Bela. Karena tidak semua orang bisa memberikan alamat Jl. Ir. H. Juanda No.1, Bogor, Jawa Barat dan kemudian uangnya dikembalikan!

Baca Juga: 7 Hal Lucu di Balik Kaesang Pangarep yang Hampir Kena Penipuan Online

Baca Juga: Lagi Nahan Kangen, Intip 10 Gaya Pacaran Kaesang Pangarep & Kekasih

Baca Juga: Pengembangan Bisnis Kaesang Pangarep dan Gibran Rakabuming