Pada tanggal 18 Mei 2022, perhelatan akbar FORTUNE Indonesia Summit 2022 resmi dibuka di The Westin, Jakarta. Mengusung tiga tema besar yaitu impact, growth, dan sustainability, FORTUNE Indonesia Summit 2022 diisi dengan talk show yang mengulas berbagai topik menarik seputar ekosistem bisnis Indonesia.

Sesi yang dihadirkan semakin insightful dengan kehadiran pembicara-pembicara yang juga merupakan tokoh terkemuka di dunia bisnis Indonesia, termasuk beberapa nama yang juga merupakan penerima penghargaan FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan 40 Under 40.

Berikut rangkuman beberapa sesi yang ada dalam rangkaian acara FORTUNE Indonesia Summit 2020 hari pertama ini.

1. Pentingnya multi-stakeholder platform di tengah tantangan

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Suarakan Semangat Membangun IndonesiaDok. IDN Media

Sambutan dari Menteri Perdagangan Republik Indonesia Muhammad Lutfi menjadi salah satu acara pembuka pada FORTUNE Indonesia Summit 2022. Dalam video sambutannya, beliau menekankan pentingnya kehadiran multi-stakeholder platform di Indonesia di tengah tantangan dan kompleksitas perdagangan saat ini.

Platform tersebut berfungsi mensinergikan seluruh potensi Indonesia ke depannya. Lebih lanjut, beliau mengapresiasi penyelenggaraan FORTUNE Indonesia Summit 2022 yang mengangkat tema impact, growth, dan sustainability

"Saya meyakini FORTUNE Indonesia dapat menjadi platform informasi yang akurat dan kredibel bagi dunia bisnis Indonesia," ujarnya. Muhammad Lutfi juga menyampaikan ucapan selamat kepada para peraih penghargaan FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year dan peraih 40 Under 40.

2. Pelayanan customer-centric kunci kesuksesan bisnis pariwisata

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Suarakan Semangat Membangun IndonesiaDok. IDN Media

Sesi bertajuk 'Indonesia: Epicenter of Commodity and Tourism' menghadirkan CEO Tiket.com George Hendrata secara offline di hadapan para tamu undangan. Dipandu oleh COO IDN Media William Utomo sebagai moderator, George membagikan insight-nya mengenai perkembangan industri pariwisata di Indonesia yang memiliki banyak keunggulan dengan potensi pasar yang luar biasa.

Berawal sebagai platform pembelian tiket, Tiket.com kini bertransformasi menjadi one-stop customer-center app yang mendukung kebutuhan para pelanggannya yang beragam. Pada sesi tersebut, George membagikan rahasia perkembangan Tiket.com di industri bisnis perjalanan yaitu customer-centric core value. Selain itu, Tiket.com terus berupaya untuk going ahead of trend, menelurkan banyak inovasi yang sebelumnya tidak terpikirkan oleh pelanggan.

Lebih jauh, George memberikan pandangannya mengenai pelajaran terpenting yang diambil selama pandemi berlangsung. "Fokus pada poin-poin seperti problem solving , meningkatkan customer service saat pandemi, bersikap optimistik, beradaptasi terhadap ketidakpastian serta keberanian mengambil kesempatan di masa krisis," ujarnya.

3. Kesuksesan buah dari resiliensi dan kerja keras

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Suarakan Semangat Membangun IndonesiaDok. IDN Media

Sesi lain dalam FORTUNE Indonesia Summit 2022 menghadirkan CEO Adaro Energy Garibaldi Thohir dalam talkshow bertemakan 'Growing Beyond Core Business'. Garibaldi Thohir merangkum proses jatuh bangun perjalanan entrepreneurship-nya sejak masih muda sebagai calo tanah hingga 50 tahun berkarya dan berhasil menyentuh market cap sebesar Rp100.472.690 dalam sesi yang berlangsung selama satu jam. 

Untuk mencapai kesuksesan saat ini, diperlukan daya juang yang tinggi, kerja keras, personal value, dan nama baik. Ketika dihadapkan dengan berbagai tantangan, beliau memiliki pedoman yang selalu dia pegang.

"Selesaikan satu-satu. Ulet, kerja keras, nggak pernah nipu," ujarnya.

Beliau berpesan kepada generasi muda bahwa seluruh jenis bisnis termasuk new economy sama-sama harus memiliki bottom line, story line, nama baik dan kredibilitas. Keempat elemen itu yang membuat bisnis dapat terus bertahan dan berkembang.

4. Anticipation dan agility sebagai dua karakter kepemimpinan

FORTUNE Indonesia Summit 2022 Suarakan Semangat Membangun IndonesiaDok. IDN Media

Sesi 'Triple Crown of Growth: Leadership, GCG, Fit Strategy' dihadiri President Director L’Oreal Indonesia Umesh Phadke dan CEO Erajaya Swasembada Budiarto Halim. Kedua pembicara inspiratif ini sukses membangun kedua perusahaan yang dipimpinnya menjadi market leader di industri masing-masing. 

Dalam sesi yang dipandu Head of Business Development IDN Media Sylvia Alexandra Sudradjat, Umesh dan Budi sepakat bahwa anticipation dan agility merupakan karakter yang penting dimiliki seorang pemimpin dalam membangun bisnisnya. Antisipasi memberikan kesempatan bagi pemimpin untuk menjadi visioner dan membuat solusi untuk mengatasi tantangan yang ada, termasuk saat pandemi melanda Indonesia. Sementara agility menjadikan mereka berpikiran terbuka melihat peluang di tengah krisis agar dapat menghadirkan produk dan keputusan yang inovatif. 

Rangkaian acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 hari pertama ditutup dengan networking night. Pada hari kedua tanggal 19 Mei 2022, FORTUNE Indonesia Summit 2022 akan kembali menghadirkan sesi-sesi talkshow yang tidak kalah inspiratif. Tak lupa akan ada Awarding Session FORTUNE Indonesia Business Person of the Year dan 40 Under 40 yang akan menutup acara FORTUNE Indonesia Summit 2022.

Info lebih lanjut mengenai jadwal acara FORTUNE Indonesia Summit 2022 dapat dilihat melalui website fortunesummit.fortuneidn.com atau Instagram resmi @fortune.idn.

Baca Juga: FORTUNE Indonesia Summit 2022 Resmi Dibuka oleh Dua Menteri Indonesia

Baca Juga: Telah Hadir! 20 FORTUNE Indonesia Businessperson of the Year 2021

Baca Juga: FORTUNE® Indonesia 100 Resmi Diluncurkan