5 Trik Wawancara untuk Tulisan Biografi a la Fenty Effendy

Cocok untuk kamu yang ingin mulai menulis biografi

5 Trik Wawancara untuk Tulisan Biografi a la Fenty Effendy

Membaca biografi orang-orang sukses memang menyenangkan dan bisa memberikan motivasi tersendiri bagi pembacanya. Lewat biografi, kita jadi tahu bagaimana perjuangan sosok tersebut melewati masa-masa sulitnya. Bisa saja dari kisah mereka, kita bisa belajar banyak hal atau mengadaptasi cara mereka menghadapi masa sulit agar kita juga bisa melewatinya.

Apakah kamu salah satu yang sangat suka membaca biografi? Atau bahkan sangat tertarik menulis biografi suatu saat nanti?

Fenty Effendy, salah satu penulis biografi tokoh terkenal ini membagikan triknya bagaimana membuat tulisan biografi. Dalam acara Indonesia Writing Festival 2020 yang diselenggarakan oleh IDNTimes, penulis buku biografi Mereka Bicara JK (2009) dan Karni Ilyas: Lahir untuk Berita (2012) ini memberikan trik wawancara untuk melengkapi tulisan biografimu. Apa saja, ya?

1. Batasi waktu wawancara

5 Trik Wawancara untuk Tulisan Biografi a la Fenty Effendy

Lama atau tidaknya durasi waktu wawancara sebenarnya tidak menentukan kualitas wawancara yang kamu lakukan bersama narasumber. Fenty mengatakan 2-3 jam wawancara merupakan waktu yang ideal untuk menggali informasi yang kamu butuhkan untuk tulisanmu. Membatasi waktu wawancara diperlukan agar tema wawancara tetap fokus sesuai dengan topik yang akan kamu bahas.

2. Jangan terpaku dengan daftar pertanyaan

Membuat daftar pertanyaan sebagai acuan wawancara memang sangat dibutuhkan. Namun, sebagai seorang pewawancara, hendaknya kita mengaktifkan common sense. Intuisi ini penting dibutuhkan agar kita bisa menggali dan bertanya lebih detail soal topik yang dibahas oleh narasumber. Pertanyaanmu bisa sangat berkembang mengikuti jawaban sang narasumber.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here