Pasca Lebaran dan libur panjang, kini saatnya kembali ke rutinitas. Pemerintah yang sudah mengizinkan kita untuk melepas masker di luar ruangan, serta banyaknya kegiatan offline, membuat kita semakin sibuk dengan banyaknya jadwal yang harus dikerjakan.

Menemani semua pekerjaanmu dan jadwal yang padat, kamu membutuhkan gawai yang mumpuni, nih, Bela. Tidak hanya performa yang bagus, tapi kamu juga membutuhkan ponsel dengan baterai besar agar tahan menemani kamu seharian.

Di bulan Mei 2022 ini terdapat beberapa ponsel terbaru dengan baterai besar dan performa canggih yang bisa menemani kegiatanmu. Serunya lagi, harga ponsel di bawah ini mulai dari Rp1 jutaan aja! Apa saja ponsel terbaru yang rilis di Mei 2022 dengan harga mulai dari Rp1 juta? Simak daftarnya berikut ini.

1. Redmi 10A

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. Redmi

Redmi 10A merupakan pilihan pasti bagi kamu yang menginginkan smartphone untuk
diandalkan dalam kegiatan sehari-hari, namun dengan harga yang nggak menguras kantong. Tentu, pengguna smartphone memiliki kebutuhan yang berbeda-beda, dan smartphone masa kini wajib memiliki kemampuan untuk mendukung kebutuhan sehari-hari, seperti komunikasi, foto atau video, termasuk kegiatan hiburan menonton atau bermain game.

Inilah yang menjadi keunggulan dari Redmi 10A, ponsel terbaru dari Redmi. Karena meskipun masuk kategori entry level, smartphone ini memiliki performa yang andal. Seperti, dual camera, serta fitur keamanan pendukung, yakni fingerprint sensor.

Redmi 10A memiliki layar berukuran 6,53" HD+ dan dilengkapi Sunlight display, serta Reading mode 3.0 untuk memberikan pengalaman menonton, browsing, maupun bermain game, menjadi lebih asyik. Bagian belakang smartphone ini memiliki desain bodi melengkung (3D curved), menjadikan Redmi 10A terlihat modern. Perangkat ini juga dilengkapi fingerprint sensor yang terletak di bagian belakang, sehingga lebih nyaman saat membuka kunci.

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. Redmi

Redmi 10A menjadi smartphone dengan variasi kamera paling lengkap di kelasnya karena dilengkapi dual rear camera. Untuk kamera utama berukuran 13MP mampu menghasilkan foto dengan kualitas gambar yang sangat baik, sementara 2MP depth camera memberikan efek bokeh yang alami untuk foto yang lebih artistik. Di bagian depan Redmi 10A memiliki 5MP front camera, sehingga aktivitas selfie, vlog, maupun video call bukan menjadi masalah. Dengan Redmi 10A, kamu dapat mengabadikan berbagai momen tak terlupakan setiap hari.

Dari sisi dapur pacu Redmi 10A menggunakan prosesor MediaTek Helio G25, dengan CPU octa-core yang memiliki kecepatan hingga 2.0GHz. Dan untuk mendukung kinerja smartphone agar bisa bertahan seharian penuh, Redmi 10A dilengkapi dengan baterai berukuran besar 5.00 0mAh yang tahan lama dan mendukung 10W fast charging. Tak perlu lagi kehabisan baterai di tengah harimu yang sibuk, deh!

Redmi 10A hadir dalam tiga pilihan warna trendy, yaitu Graphite Gray, Chrome Silver dan Sky Blue. Sementara untuk storage, smartphone ini memiliki tiga varian, RAM 3GB dengan memori 32GB, RAM 3GB dengan memori 64GB.

Harga: Rp 1.499.000 (3GB + 32GB), Rp 1.599.000 (3GB + 64GB)

2. OPPO A16k

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. OPPO

Setelah sukses dengan OPPO A16 dan OPPO A16e, bulan Mei 2022 ini OPPO merilis perangkat baru mereka, OPPO A16k. Desain perangkat ini identik dengan OPPO A16e. Namun, yang membedakannya OPPO A16k hadir dalam dua pilihan warna hitam dan putih. Desain ramping 3 dimensi, ketebalan perangkat 7,85 mm dan berat hanya 175 gram akan memberikan kenyamanan gengaman ketika dioperasikan dengan satu tangan.

Masih mengusung slogan yang sama dengan OPPO A16e "Performa Hebat, Kualitas Mantap", slogan ini menerjemahkan bahwa perangkat OPPO A16k memiliki performa yang mumpuni dengan dengan kualitas tinggi dan jaminan perangkat dapat digunakan dalam
jangka waktu yang lama.

Di balik performanya, OPPO melengkapi A16k dengan prosesor MediaTek Helio G35 dengan mengombinasikan System Booster yang merupakan rangkaian optimalisasi tingkat sistem, sehingga dapat memberikan kinerja mulus setiap saat. Baterai 4230mAh berpadu dengan serangkaian fitur pengisian daya, termasuk Super Nighttime Standby, Optimized Night Charging, dan Super Power Saving Mode, memberikan kebebasan kepada pengguna beraktivitas sepanjang hari, sekaligus memastikan mendapatkan daya yang cukup serta pengalaman pengisian daya yang aman dan juga nyaman.

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. Internet

Ponsel ini didukung dengan ColorOS11.1 yang menawarkan efisiensi, kenyamanan, privasi, dan keamanan, dengan berbagai fitur unggulan. Seperti FlexDrop, Terjemahan Tiga Jari, dan Tangkapan Layar Bebas untuk membantu meningkatkan produktivitas kerja. Background Stream akan memberikan pengalaman baru tanpa gangguan bagi pengguna yang ingin menikmati musik atau video pada latar belakang.

Dirancang untuk menemani keseharian kamu, OPPO A16k dibuat agar tahan cipratan air yang divalidasi dengan sertifikat IPX4. Perangkat ini telah menjalani serangkaian uji kualitas ketat dan memastikan untuk dapat digunakan dalam jangka panjang. Penambahan heatsink berupa lembaran grafit, memberikan pembuangan panas optimal, mencegah perangkat dari panas berlebih saat melakukan streaming video atau bermain game untuk waktu yang lama.

OPPO A16k menampilkan layar HD+ berukuran 6,52 inci yang dilengkapi dengan All-day Eye Care, serangkaian fitur yang terdiri dari Sunlight Display, Moonlight Display, dan AI Smart Backlight yang membantu memastikan pengalaman visual yang lebih sehat dan nyaman sepanjang hari.

OPPO A16k menyertakan kamera utama 13MP, dilengkapi dengan beberapa fitur yang ditingkatkan untuk membantu menangkap gambar terbaik di berbagai situasi. Fitur HDR Backlight dapat mempertahankan detail ketika mengambil foto pada lingkungan cahaya latar kuat atau cahaya redup. Tiga filter malam baru diperkenalkan untuk memberikan gambaran unik pemandangan kota malam hari.

Kamera ponsel ini juga dilengkapi dengan fitur AI beautification untuk foto potret yang tampil lebih alami dan jernih. Sementara, fitur AI Palette dapat mengubah foto dengan gaya gambar referensi populer pada media sosial hanya dengan satu klik. Jadi saat membuat konten, makin keren, nih, hasilnya!

Harga: Rp2.199.000

3. vivo T1 Pro 5G

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. vivo

Bulan ini, vivo meluncurkan ponsel terbaru mereka dengan tipe vivo T1 Pro 5G. Ponsel satu ini memiliki Vapor Chamber Liquid Cooling dengan standar flagship. Kamu tidak perlu takut dan ragu jika smartphone kamu akan cepat panas, karena dengan adanya fitur ini suhu pada vivo T1 Pro 5G akan tetap stabil dan optimal. Smartphone vivo T1 Pro 5G menghadirkan performa terbaik setiap saat dengan area pendinginan sebesar 32,923mm2 atau tiga kali permukaan smartphone.

Vapor Chamber ini memiliki desain disipasi panas inovatif yang dapat menurunkan panas dengan cepat. Selain itu, fitur ini dapat mengurangi panas pada suhu inti hingga 12 derajat Celsius tertinggi di kelasnya. Kamu dapat merasakan performa luar biasa yang dapat dioptimalkan dari fitur ini.

Muncul dengan 8 layers heat-dissipation, vivo T1 Pro 5G dirancang untuk membantu konsumen melakukan segala aktivitas seru, di antaranya bermain game, bekerja, menonton film ataupun mendengarkan musik lebih sempurna.

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. Internet

Selain fitur Flagship Liquid Cooling, vivo T1 Pro 5G hadir dengan beragam performa turbo lainnya yaitu, prosesor Snapdragon 778G 5G yang tercepat di kelasnya, serta mendukung jaringan Dual-on 5G. 

Smartphone ini pun juga dilengkapi dengan pengisian daya super cepat lewat 66W FlashCharge dan kapasitas baterai besar dengan 4700mAh yang dapat mengisi daya hingga 50% dalam 18 menit, layar AMOLED 6.44” dengan 90Hz refresh rate yang memiliki kontrasi rasio hingga 6000000:1. Fitur terkini 8GB+4GB Extended RAM yang mendukung hingga 25 aplikasi aktif di latar belakang dan memastikan kamu dapat bermain smartphone dengan lancar dan tanpa gangguan lag.

Harga: Rp4.299.000

4. POCO M3 Pro 5G

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. POCO

Terus menjadi tren, mode pembelajaran jarak jauh (PJJ) maupun work from home (WFH) ini didukung dari dampak positif yang diberikannya. Mulai dari penghematan finansial perusahaan, efisiensi biaya sewa kantor, pengurangan utilitas bangunan/fasilitas, hingga konsumsi energi. Terlebih lagi terdapat berbagai manfaat yang bisa diperoleh dari mode PJJ dan WFH ini. Misalnya lebih fokus dan produktif, kesehatan mental yang lebih baik, kehidupan pribadi dan bekerja lebih seimbang, lebih banyak waktu untuk beraktivitas, hingga meningkatkan hubungan antar karyawan karena kolaborasi yang semakin sering.

Nah, untuk mendukung tren berkegiatan secara hybrid ini, diperlukan perangkat yang bisa terkoneksi dengan jaringan paling cepat saat ini, 5G, untuk semakin memuluskan kolaborasi dan transfer data. POCO menawarkan POCO M3 Pro 5G, smartphone 5G di harga yang paling ekstrem, sehingga semakin banyak lagi pengguna yang bisa menikmati jaringan ini untuk mendukung produktivitas dalam mode hybrid tersebut.

Selain itu, POCO M3 Pro 5G didukung dengan chipset Dimensity 700 yang memiliki fabrikasi 7nm dan dilengkapi fitur MediaTek 5G Ultrasave yang menyempurnakan modem 5G-nya dengan teknologi-teknologi yang meningkatkan efisiensi daya.

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. POCO

5G memberikan konektivitas yang lebih baik dan komunikasi video yang jauh lebih jelas, sehingga membantu kolaborasi tenaga kerja hybrid dan jarak jauh saat ini. Perusahaan yang menyediakan koneksi 5G yang kuat kepada karyawan dan alat yang tepat untuk berkolaborasi akan melihat peningkatan produktivitas di mana pun karyawan mereka berada.

Agar pertukaran data aman di antara karyawan, perusahaan perlu untuk memasang perlindungan TI, misalnya virtual private network (VPN), yang seringkali memperlambat koneksi jaringan. Dengan 5G yang memiliki kecepatan jaringan jauh lebih tinggi, koneksi melalui jaringan tersebut akan menjadi semakin lancar.

Jaringan 5G mendukung lebih banyak perangkat yang terhubung, seperti perangkat Internet of Things (IoT) yang dapat menyediakan kapasitas untuk jutaan perangkat yang terhubung. Sehingga, pelajar maupun pekerja bisa mengakses sumber data melalui berbagai perangkat yang berbeda-beda tanpa hambatan.

Harga: Rp2.499.000 (4GB/64GB), Rp2.799.000 (6GB/128GB)

5. Samsung Galaxy A03

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. Samsung

Galaxy A03 merupakan entry-level smartphone yang powerful dan terjangkau bagi masyarakat. Kamu yang sering main media sosial bisa membuat berbagai konten kekinian dengan kamera 48MP+2MP di bagian belakang dan kamera selfie 5MP. Dengan jaringan 4G, streaming film dan series favorit, scrolling media sosial, ataupun chatting dengan bestie jadi nyaman, sekalipun berlama-lama, apalagi layarnya berukuran 6,5 inci yang lapang dengan resolusi HD+ yang begitu jernih.

Kamu yang butuh mengunduh banyak aplikasi untuk berbagai aktivitas, bisa mengandalkan Galaxy A03. Dengan prosesor Octa-Core, smartphone jadi lebih responsif untuk menjalankan berbagai aplikasi dengan lancar. Galaxy A03 hadir dengan RAM 4GB dan memori internal 128GB, yang bisa ditambah dengan memori eksternal sampai 1TB.

Jadi, kamu bisa menjalankan berbagai aplikasi tanpa khawatir smartphone akan cepat lemot akibat ruang penyimpanan yang penuh. Galaxy A03 sudah dilengkapi dengan baterai besar berkapasitas 5.000mAh yang tahan menemani aktivitas kamu seharian. Tersedia juga dengan varian RAM 4GB, internal memori 64GB yang dapat ditambah dengan external memori hingga 1TB.

5 Rekomendasi Smartphone Rilis Mei 2022 dengan Harga Mulai Rp1 JutaanDok. Samsung

Dengan triple camera 13MP, Galaxy A03s menjadi salah satu pilihan smartphone entry-level terjangkau yang terbilang komplit. Konfigurasi triple camera-nya 13MP+2MP+2MP jadi bikin kamu bisa ambil foto bokeh yang halus dan foto makro dari jarak dekat yang detail. Kamu pun bisa selfie dengan kualitas yang jernih berkat kamera depan 5MP.

Dibekali juga dengan USB Type-C, Galaxy A03s pun sudah dilengkapi dengan sensor sidik jari di tombol power. Jadi, kamu bisa buka dan kunci perangkat dengan lebih nyaman, cepat, dan aman hanya dengan sekali sentuh. Fitur-fitur kekinian lainnya yang bisa kamu temukan di Galaxy A03s meliputi layar besar 6,5 inci dengan resolusi HD+ yang jernih, prosesor Octa-Core dan RAM 3GB untuk performa yang lancar, memori internal 32GB dengan tambahan memori eksternal hingga 1TB yang tak cepat habis.

Harga: Rp1.999.000 (4GB/128GB), Rp1.799.000 (4GB/64GB)

Itulah tadi daftar ponsel yang rilis di bulan Mei 2022 dengan harga mulai dari Rp1 jutaan. Siap ganti ponselmu dengan yang lebih gahar?

Baca Juga: 7 Smartphone Keren yang Rilis di April 2022, Nggak Nguras THR Kamu!

Baca Juga: Review: Maksimalkan Momen Ramadan dengan Performa Terbaik realme C35

Baca Juga: Review: Ubah TV LED Biasa Jadi Smart TV dengan realme Smart TV Stick