Tahun ajaran baru bagi siswa dan mahasiswa sudah dimulai. Tahun ini, proses belajar-mengajar mengalami perubahan yang sangat signifikan, yakni dilakukan secara online. Masih diberlakukannya pembatasan sosial di dunia pendidikan membuat guru dan siswa harus bisa beradaptasi menggunakan teknologi agar proses belajar-mengajar secara online dapat berjalan dengan baik.

Sayangnya, tak semua siswa atau mahasiswa memiliki akses internet yang memadai. Beberapa dari mereka mungkin tinggal di lokasi dengan sinyal internet yang lemah. Untuk menyiasatinya, kamu bisa memanfaatkan Google Classroom yang bisa diakses tanpa internet. Bagaimana caranya? Simak langkah-langkahnya berikut ini.

Langkah 1: aktifkan akses offline untuk semua pengguna

3 Cara Mudah Mengakses Google Classroom Tanpa InternetUnsplash.com/Andrew Neel

Untuk membantu siswa, guru dan staf menggunakan G Suite secara offline, langkah pertama adalah mengaktifkan akses offline bagi semua pengguna. Tim IT sekolah dapat melakukan langkah ini dari konsol admin G Suite menggunakan instruksi untuk perangkat yang dikelola. Cara mengaktifkan akses ini bisa kamu cek di bagian Fitur dan Aplikasi di Konsol admin yang kemudian sang administrator dapat mengklik “izinkan pengguna untuk mengaktifkan akses offline”.

Langkah 2: unduh Google Documents Offline untuk browser Chrome

3 Cara Mudah Mengakses Google Classroom Tanpa InternetUnsplash.com/Agnieszka Boeske

Setelah akses diberikan, langkah selanjutnya adalah mengunduh ekstensi Google Documents Offline untuk Browser Chrome. Hal ini akan memungkinkan guru dan siswa menggunakan Google Documents, Spreadsheet, Drive, dan Slide tanpa akses online.

Langkah 3: uji coba Google Classroom sebelum mulai proses belajar-mengajar

3 Cara Mudah Mengakses Google Classroom Tanpa InternetUnsplash.com/Reza Rostampisheh

Terakhir, jika dua langkah di atas sudah kamu lakukan, selanjutnya kamu harus mengaktifkan akses offline untuk aplikasi G Suite yang ingin kamu gunakan. Bagikan petunjuk ini untuk membuka file G Suite secara offline. Setelah itu lakukan uji coba apakah akses offline berfungsi dengan baik sebelum proses belajar mengajar dimulai. Misalnya, siswa dapat melakukan uji coba mengunduh catatan dari Slides, Documents dan video untuk ditonton nanti jika kamu tidak memiliki internet di rumah.

Semoga tips di atas bisa membantumu mengatasi masalah internet saat melakukan pembelajaran secara online ya, Bela! 

Baca Juga: 7 Kiat Sukses Berbisnis Kuliner Secara Online

Baca Juga: 7 Tips Tetap Produktif dan Bahagia Saat Work From Home Bareng Pasangan

Baca Juga: #DiRumahAja Ketagihan Nonton KDrama Gara-Gara 5 Judul Ini