Happy Birthday Kim Jisoo! 3 Januari menjadi hari ulang tahun main visual dari BLACKPINK ini. Namanya pun trending di Twitter dan berbagai media sosial lainnya. Tak hanya karena ulang tahun, ia juga trending bersama dengan drama debutnya, Snowdrop.

Sempat mengalami gejolak, akhirnya pengadilan memutuskan untuk tetap terus menayangkan drama tersebut dan Jisoo bisa menampilkan keahliannya sebagai aktris di episode-episode mendatang.

Dalam drama Korea Snowdrop, Jisoo berperan sebagai Young Ro, seorang mahasiswi yang ceria dan seringnya malu-malu. Berikut beberapa fakta peran Jisoo di drama Korea Snowdrop.

1. Debut akting Jisoo

Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ instagram.com/sooyaaa__

Snowdrop menjadi drama debut aktingnya Jisoo BLACKPINK. Jisoo awalnya dikenal sebagai idol yang memiliki wajah cantik dan suara khas, yang debut bersama BLACKPINK. Ini menjadi awal kariernya di dunia seni peran.

Sebelum di Snowdrop, Jisoo pernah mencicipi akting sedikit dengan menjadi cameo di drama KBS, The Producers (2015) dan Arthdal Chronicles (2019). Namun, di drama Snowdrop lah ia benar-benar dapat menampilkan kemampuan aktingnya.

2. Jadi mahasiswi yang sembunyikan mata-mata

Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ instagram.com/jtbcdrama

Dalam drama Snowdrop, Jisoo berperan sebagai Eun Young Ro, seorang mahasiswi biasa. Ia berada di tahun pertamanya di Universitas Hosoo, jurusan sastra Inggris. Young Ro merupakan karakter yang menyembunyikan seorang mata-mata bernama Im Soo Ho, karena salah mengira bahwa Im Soo Ho adalah aktivis.

Dalam drama tersebut, Jisoo juga digambarkan sebagai sosok yang lucu, cerdas dan ceria. Namun, ia juga harus mengalami hubungan pahit dengan keluarganya setelah kepergian sang ibunda. Young Ro diketahui sebagai anak dari seorang pemengaruh, yaitu kepala ANSP, Eun Chang Soo.

Young Ro jatuh cinta pada pandangan pertama dengan Im Soo Ho yang ia tolong dan sembunyikan itu. Sudah sampai ke episode 7, cerita mulai semakin tegang antara Young Ro dan Soo Ho. Kira-kira bagaimana, ya, kisah mereka selanjutnya?

3. Dilirik sutradara setelah ikut casting

Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ instagram.com/jtbcdrama

Berhasil terpilih memerankan karakter Eun Young Ro, perjalanan Jisoo tak instan. Meski terkenal secara luas dan pernah berada di dunia akting, namun Jisoo juga turut casting untuk mendapatkan karakter ini.

Penulis naskah dan sutradara awalnya belum tahu secara pasti siapa yang akan cocok untuk memerankan karakter tersebut, tapi mereka pikir bahwa aktris pendatang baru akan cocok. Setelah casting dilakukan, sutradara Jo Hyun Tak langsung ‘kepincut’ dengan Jisoo dan mengatakan bahwa dia yang paling cocok.

"Namun, begitu saya melihat Jisoo, saya berpikir, 'orang itu adalah Young Ro'. Segera setelah saya bertemu dengannya, saya ingat, memohon dan memaksanya untuk mengatakan, 'kamu harus melakukannya (main di Snowdrop) apapun yang terjadi'," cerita Jo Hyun Tak.

4. Sempat alami kontroversi

Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ instagram.com/jtbcdrama

Sebelum perilisan drama bahkan hingga penayangannya saat ini, peran Jisoo sebagai Young Ro banyak diperdebatkan. Banyak warganet Korea yang kontra dengan karakter tersebut karena menyembunyikan mata-mata Korea Utara.

Terlebih latar dari drama ini adalah tahun 1987 yang kala itu menjadi tahun-tahun bersejarah bagi Korea Selatan, karena merupakan tahun kegerakan reformasi yang menjadikan Korea Selatan Republik saat ini.

Warganet Korea juga menilai bahwa alur ceritanya terlalu sadis dan merasa tidak akan cukup menonjolkan akting dari Jisoo yang mempunyai peran penting di drama ini. Para warganet dan organisasi aktivis lainnya takut bahwa drama tersebut akan mendistorsi fakta sejarah yang ada.

5. Pro kontra fans-warganet

Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ instagram.com/jtbcdrama

Mendengar kabar Jisoo mendapat pemeran utama di drama, tentu para penggemar sangat senang dan menantikan aktris Jisoo. Mereka sangat antusias dengan proyek solo Jisoo ini. karena di saat member BLACKPINK lain memulai debut solo mereka sebagai penyanyi, Jisoo memulai debut solonya sebagai aktris.

Tapi banyak juga warganet maupun non-fans dan pembenci lainnya yang melontarkan kritikan. Akting Jisoo dianggap tidak bagus, terutama setelah terungkap kalau peran Jisoo di dalam drama sebagai mahasiswi tahun pertama jurusan sastra Inggris.

Netizen mulai meragukan penampilan Jisoo ketika melihat kembali jenjang pendidikannya, ditambah keterbatasan sang idol di dalam berbahasa Inggris. Tentu itu semua hanya pendapat semata dari para warganet. Jisoo sendiri sudah berusaha dengan baik untuk menunjukkan kemampuannya demi perannya di Snowdrop.

6. Sempat mau diboikot

Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ instagram.com/jtbcdrama

Petisi tentang drama ini sudah naik ke Blue House atau Istana kepresidenan, baik sebelum dan sesudah tayang. Banyak kelompok sipil atau organisasi pro demokrasi yang juga turut menyuarakan pendapatnya terhadap drama tersebut dan tak sedikit yang meminta untuk berhenti menayangkannya.

Para sponsor pun sempat mulai mengajukan penarikan diri dari drama tersebut. Tetapi akhirnya, pengadilan mengumumkan bahwa pihaknya telah menolak perintah yang diajukan oleh sebuah kelompok sipil (World Citizens' Declaration /WCD) terhadap JTBC Studio Inc. yang menuntut agar drama Snowdrop berhenti tayang.

Pengadilan mengatakan bahwa meskipun WCD memiliki kapasitas sebagai pihak organisasi substansi, sulit untuk mengatakan bahwa hak kepribadian WCD dilanggar karena penyiaran drama kecuali isi drama kasus ini secara langsung ditujukan kepada WCD.

Ulang Tahun, Ini 7 Fakta Peran Jisoo di Drama Korea ‘Snowdrop’ twitter.com/jisooholics

Gugatan di atas dibuat dengan alasan bahwa hak-hak pribadi masyarakat umum dapat dilanggar, bukan atas dasar hak pribadi eksklusif kepada creditors. Dengan demikian, maka penayangan drama Snowdrop tetap berlangsung sesuai jadwal.

Blue House sendiri awalnya telah merespon dengan bijak terkait petisi yang dilancarkan sebelum penayangan Snowdrop, dan kini muncul petisi baru terkait hal serupa setelah penayangannya. Namun, hingga saat ini publik masih menunggu respon dari Blue House.

7. Kritik akting Jisoo dan pembuktian JTBC

Di tengah memanasnya kontroversi, namun rating drama ini terus naik. Walau sebelumnya Jisoo juga sempat dikritik karena aktingnya dianggap buruk dan pelafalannya kurang akurat. Para warganet Korea mengatakan bahwa pelafalan Jisoo yang kurang tepat, membuat nama karakter yang ia mainkan menjadi rancu.

Di sisi lain, lafal pengucapan aktor Jung Hae In jauh lebih akurat dibandingkan Jisoo, sehingga sang aktor lebih menonjol. Seiring berjalannya waktu dan episode-episode dirilis, akting Jisoo pun banyak menuai pujian pula dari warganet.

Tak sedikit yang mengatakan bahwa baik Jisoo dan drama Snowdrop sendiri sangat bagus dan keren. JTBC sendiri menyiarkan 3 episode sekaligus pada minggu kemarin, yaitu episode 3 pada 24 Desember, episode 4 pada 25 Desember, dan episode 5 pada 26 Desember. Hal ini dilakukan JTBC untuk bisa memecahkan kesalahpahaman atas karakter Soo Ho.

Itulah fakta tentang peran Jisoo di drama Snowdrop yang hari ini sedang berulang tahun. Sukses selalu untuk idol-aktris Jisoo!

Baca Juga: Ditolak Warganet Korea, Ini Jawaban Tim Produksi 'Snowdrop'

Baca Juga: 'Snowdrop' Bermasalah, Jung Hae In & Jisoo 'BLACKPINK' Terkena Dampak

Baca Juga: Adu Akting dengan Jisoo, 7 Serial yang Pernah Dibintangi Jung Hae In