Rowo Bayu, Lokasi Asli KKN di Desa Penari dan Kisah Aslinya

Diliputi kisah dan aura mistis, kini jadi desa wisata

Rowo Bayu, Lokasi Asli KKN di Desa Penari dan Kisah Aslinya

Bermula dari thread di Twitter, akhirnya KKN di Desa Penari sukses dijadikan film yang hingga saat ini masih terus diminati publik. Penontonnya bahkan telah tembus di angka 6 juta sejak ditayangkan 30 April 2022 lalu.

Cerita KKN di Desa Penari pun tak luput dari perhatian publik sejak pertama kali dicuitkan dan viral. Banyak spekulasi hingga konspirasi bertebar hasil teori dari banyak warganet. Lokasi atau desa asli kisah tersebut pun tak luput dari konspirasi dan masih banyak yang menebaknya.

Ada yang berspekulasi mengatakan bahwa lokasi asli kisah tersebut berada di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Hal ini bahkan sampai membuat Menteri BUMN, Erick Thohir menghadirkan seseorang yang mengetahui kisah asli dari cerita tersebut.

Hal ini diketahui dari unggahan IGTV di akun Instagramnya, pada Selasa (17/5/2022). Penasaran di mana lokasi asli KKN di Desa Penari? Berikut selengkapnya.

Situs Rowo Bayu

Rowo Bayu, Lokasi Asli KKN di Desa Penari dan Kisah Aslinya

KKN di Desa Penari ternyata memiliki cerita dan lokasi asli. Berdasarkan penuturan Sudirman, Pengelola dan Penjaga Rowo Bayu, cerita KKN di Desa Penari adalah nyata. Ini berangkat dari enam mahasiswa asal Surabaya yang melaksanakan KKN (Kuliah, Kerja, Nyata) di situs atau kawasan Rowo Bayu.

Kawasan tersebut terdapat di Desa Bayu, Kecamatan Songgon, Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur. Rowo berasal dari bahasa Jawa yang berarti rawa atau genangan air yang berada di area hutan atau dekat sungai. Situs Rowo Bayu sendiri merupakan situs wisata religi agama Hindu yang kini sudah dijadikan desa wisata.

Lokasi ini memiliki kisah mistis tersendiri yang berkaitan dengan sejarah kerajaan Hindu terakhir yang ada di Pulau Jawa. Kerajaan tersebut adalah Kerajaan Blambangan. Desa tersebut dipercaya merupakan tempat favorit untuk meditasi dan melakukan pertapaan oleh Prabu Tawang Alun, raja dari Kerajaan Blambangan. Lokasi ini dianggap sebagai tempat yang sakral oleh masyarakat.

  • Share Artikel

TOPIC

trending

Trending

This week's horoscope

horoscopes

... read more

See more horoscopes here