Amber Heard kembali menjadi trending di mana-mana, termasuk di Twitter terkait hubungan asmaranya dengan Johnny Depp dan kekalahannya terhadap gugatan pencemaran nama baik. Akibat kasus ini, mengharuskannya memberikan kompensasi sebesar US$15 juta atau sekitar Rp218 miliar.

Heard sendiri dikenal sebagai seorang aktris yang memerankan Mera di Aquaman. Setelah perseteruan dengan Johnny Depp dan persidangan alot terkait pencemaran nama baik, karier Amber Heard semakin meredup. Bahkan publik banyak menyerukan agar Heard mundur dari Aquaman.

Lantas, bagaimana sosok asli Amber Heard dan perjalanan kariernya? Berikut selengkapnya.

Masa muda Amber Heard

Profil & Karier Amber Heard, yang Kalah Persidangan Lawan Johnny DeppStephen Lovekin/REX/Shutterstock

Bernama asli Amber Laura Heard, ia lahir pada 22 April 1986 di Austin, Texas, dari pasangan David Heard dan Paige Parsons. Heard memiliki adik perempuannya yang turut hadir menjadi saksi dalam persidangan melawan Johnny Depp, yang bernama Whitney Heard.

Keduanya dibesarkan dalam rumah tangga Katolik konservatif dengan keuangan sederhana. Di masa mudanya, Heard berkompetisi dalam kontes kecantikan. Pada usia 16 tahun, sahabatnya meninggal dalam kecelakaan mobil, yang membuat Heard kemudian menjadi seorang ateis.

Pada usia 17 tahun, dia putus sekolah untuk mengejar karier modeling di New York, sampai kemudian beralih untuk mencoba akting di Los Angeles. Dia akhirnya mendapatkan ijazah sekolah menengahnya melalui kursus belajar di rumah.

Karier akting, dari model MV hingga peran pendukung

https://www.youtube.com/embed/xP-Sxfntdb4

Pada tahun 2004, Heard muncul dalam dua video musik, yaitu"There Goes My Life" dari artis country, Kenny Chesney dan "I Wasn't Prepared" dari band rock Eisley. Dia juga mendapatkan peran pendukung kecil di sejumlah acara TV, termasuk Jack & Bobby (2004), The Mountain (2004), dan The OC (2005).

Dia membuat debut filmnya dengan peran kecil dalam drama olahraga 2004, Friday Night Lights yang kemudian menginspirasi acara TV dengan nama yang sama. Heard menerima peran utama pertamanya dalam film thriller All the Boys Love Mandy Lane, yang ditayangkan perdana di Festival Film Internasional Toronto 2006. Karena masalah distribusi, film tersebut tidak dirilis sampai tahun 2008 di Eropa dan 2013 di AS.

Pada tahun 2007, Heard menjadi cameo dalam drama remaja Hidden Palms dan sitkom Californication. Pada tahun yang sama, dia muncul dalam film pendek Day 73 with Sarah, dan film indie Remember the Daze.

Peran akting terbaiknya

Profil & Karier Amber Heard, yang Kalah Persidangan Lawan Johnny Deppeonline.com

Heard mendapatkan pengakuan arus utama pada tahun 2008 dalam film aksi komedi Pineapple Express, yang dibintangi bersama Seth Rogen, James Franco, dan Danny McBride. Ia membawa pulang penghargaan Breakthrough of the Year dalam ajang Young Hollywood Awards.

Kemudian, dia muncul di Zombieland tahun 2009 dan pada tahun 2011 muncul bersama dengan Depp di The Rum Diary, film berdasarkan novel tahun 1998 dengan nama yang sama oleh Hunter S Thompson. Peran penting lainnya adalah dalam drama komedi 2015, Magic Mike XXL.

Ia semakin dikenal setelah memerankan Mera di DC-verse dalam film Justice League 2017. Itu mungkin menjadi perannya yang paling menonjol dan membuatnya kembali menjadi Mera di film 2018, Aquaman dengan Jason Momoa dan sekuelnya, Aquaman and the Lost Kingdom, yang diharapkan tayang perdana pada 2023 mendatang. Namun, karena kontroversinya saat ini, ada kemungkinan ia tidak akan muncul di film terbaru itu.

Kehidupan pribadi

Pada tahun 2020, Heard mengunggah foto Instagram yang mengumumkan bahwa ibunya telah berpulang. Hampir setahun kemudian, dia juga berbagi kabar tentang anak perempuan pertamanya, Oonagh Paige Heard, lahir pada 8 April 2021, melalui ibu pengganti.

Dalam foto tersebut ia menulis caption, “Empat tahun yang lalu, saya memutuskan saya ingin punya anak. Saya ingin melakukannya dengan cara saya sendiri. Saya sekarang menghargai betapa radikalnya bagi kita sebagai perempuan untuk memikirkan salah satu bagian paling mendasar dari takdir kita dengan cara ini. Saya harap kita sampai pada titik di mana itu normal untuk tidak menginginkan cincin untuk memiliki tempat tidur bayi.”

Identitas ayah dari anaknya belum dipublikasikan. Sejak saat itu Heard menjadi pribadi yang sangat keibuan. Ia kerap mengunggah foto dengan wajah Oonagh tertutup atau memalingkan muka dari kamera.

Asmara dan kontroversinya

Profil & Karier Amber Heard, yang Kalah Persidangan Lawan Johnny Deppgetty images

Dari 2008 hingga 2012, Heard berkencan dengan fotografer Tasya van Ree, dan menyatakan sebagai biseksual pada 2010. Pada 2012, Heard dan Depp diyakini sudah mulai berkencan. Pasangan ini diduga bertemu di lokasi syuting The Rum Diary. Mereka bertunangan pada tahun 2014 dan menikah pada tahun 2015, dengan Heard mengajukan gugatan cerai lima bulan kemudian pada tahun 2016.

Dikabarkan bahwa Heard berkencan dengan aktor dan model Cara Delevigne pada 2016. Meskipun tidak pernah dikonfirmasi, teman Depp, Josh Drew dilaporkan bersaksi dalam deposisi 2019–dalam persiapan untuk gugatan pencemaran nama baik saat ini–bahwa Heard berselingkuh dengan Delevigne selama pernikahannya dengan Depp.

Profil & Karier Amber Heard, yang Kalah Persidangan Lawan Johnny Depppinkvilla.com

Heard juga diyakini telah berkencan dengan miliarder Elon Musk antara 2016 dan 2018. Depp menduga pasangan itu berselingkuh, dan selama gugatannya dengan The Sun, pesan teks antara Heard dan Musk dibacakan di pengadilan.

Selanjutnya, ia mulai berkencan dengan dealer seni Vito Schnabel pada tahun 2018, dengan hubungan mereka yang berlangsung kurang dari setahun. Hubungan terakhirnya adalah dengan sinematografer Bianca Butti dari 2020 hingga 2021. Pasangan ini diam-diam berkencan, dengan Butti bahkan menemani Heard ke banyak kasus pengadilannya. Keduanya dikabarkan putus karena jarak.

Pernah ditangkap dan berurusan hukum di masa lalu

Profil & Karier Amber Heard, yang Kalah Persidangan Lawan Johnny DeppJonathan Ernst/Pool Photo via AP

Selama proses perceraian Depp dan Heard tahun 2016 lalu, diumumkan bahwa Heard telah ditangkap di Negara Bagian Washington pada tahun 2009 atas tuduhan pelanggaran ringan kekerasan dalam rumah tangga. Dia diduga meraih Van Ree dan memukul lengannya, tetapi dia tidak pernah didakwa.

Setelah itu, Van Ree mengeluarkan pernyataan bahwa insiden itu telah "disalahartikan dan dibesar-besarkan" dan Heard telah dituduh "salah". Pada tahun 2018, Depp menggugat News Group Newspapers, perusahaan yang menerbitkan The Sun, atas tuduhan pencemaran nama baik.

Tuduhan tersebut didasarkan atas sebuah artikel yang terbit di surat kabar tabloid pada bulan April tahun itu, dengan judul: “Gone Potty: How can JK Rowling be ‘genuinely happy’ casting wife beater Johnny Depp in the new Fantastic Beasts film?” Kasus ini diadili pada tahun 2020, saat Heard bersaksi sebagai saksi untuk The Sun dan membawa kemenangan untuk kasus tersebut. 

Profil & Karier Amber Heard, yang Kalah Persidangan Lawan Johnny DeppJim Watson/Associated Press

Pada 2020, pertarungan Depp vs Heard pun dimulai yang saling mengajukan gugatan atas pencemaran nama baik yang memengaruhi karier keduanya. Depp mengajukan gugatan senilai US$50 juta terkait pencemaran nama baik atas artikel yang ditulis Heard di Washington Post pada tahun 2018.

Tak mau kalah, Heard juga mengajukan gugatan balik senilai US$100 juta terhadap Depp sebagai tanggapan atas gugatan Depp. Ia menggambarkan gugatannya sebagai kelanjutan dari "penyalahgunaan dan pelecehan".

Persidangan Depp vs Heard dimulai dan memanas di Fairfax County, Virginia pada 11 April 2022. Selama 6 bulan berlangsung, akhirnya Heard kalah dan harus membayar ganti rugi. Ia sendiri hanya mendapat ganti rugi sebesar US$2 juta.

Seorang aktivis yang mempromosikan HAM

Profil & Karier Amber Heard, yang Kalah Persidangan Lawan Johnny DeppMichael Reynolds/Pool Photo via AP

Saat tidak syuting, Heard tak lepas dari kegiatan filantropis. Dia mengadvokasi hak-hak perempuan dan anak-anak. Ia Mencurahkan waktunya untuk organisasi kemanusiaan, termasuk Amnesty International dan Art of Elysium, yang mempromosikan hak asasi manusia secara global.

Heard juga turut serta dalam Syrian American Medical Society, yang membantu pengungsi Suriah. Dia juga dinobatkan sebagai Human Rights Champion oleh Dewan Hak Asasi Manusia Perserikatan Bangsa-Bangsa pada tahun 2018.

Itulah profil serta karier Amber Heard, mantan istri Johnny Depp yang juga aktris dan model.

Baca Juga: Ini Respons Johnny Depp & Amber Heard Usai Hasil Persidangan

Baca Juga: Dapat Kompensasi US$15 juta, Ini Total Kekayaan Johnny Depp Terbaru

Baca Juga: Senilai Rp261 Miliar, Ini 12 Potret Penthouse Mewah Johnny Depp di LA