Tagar #HappyBirthdayTaehyung, #BTSV, hingga #HAPPYVDAY_태형이의날들이밝게빛나길 trending di twitter sejak semalam. Yap, 30 Desember 2020 ini adalah hari ulang tahun V BTS. Pria bernama asli Kim Taehyung ini merayakan hari jadinya yang ke-25. 

Di tahun ini, V bahkan menjadi orang pertama yang wajahnya terpampang di gedung tertinggi di dunia, Burj Khalifa. Proyek besar tersebut diinisiasi dari fanclub asal Tiongkok, China Baidu V Bar. Mereka mengatur agar gedung Burj Khalifa menyala dengan nama dan visual Taehyung disertai dengan lagu "Winter Bear" pada tengah malam, waktu Korea Selatan. Alhasil tagar #TaehyungOnBurjKhalifa trending di berbagai dunia.

Di usianya yang masih muda, V telah banyak meraih penghargaan. Kariernya pun terbilang sangat sukses. Tak hanya menjadi musisi, V juga pernah membintangi drama Korea. Yuk, kita simak rangkuman perjalanan kariernya berikut ini.

Debut bersama BTS

Pernah Membintangi Serial Drama, Ini Perjalanan Karier V BTSsoompi.com

V mengawali kariernya dengan debut bersama boy group BTS di bawah naungan Big Hit Entertainment. Pria asal Daegu ini menjadi peserta pelatihan pada tahun 2011 dan menjalani pelatihan selama 3 tahun. 

Awalnya, ia adalah hidden trainertrainer yang disembunyikan–BTS. Saat semua member calon boy group BTS mengunggah video perkenalan diri pra debut, hanya video dirinyalah yang tidak diunggah. Setelah BTS akan benar-benar didebutkan, V baru diperkenalkan secara official melalui akun resmi BTS di media sosial.

Selama berkarier dengan BTS, V turut berpartisipasi dalam pembuatan album. Ia tercatat ikut dalam menulis dan memproduseri sendiri lagu "Hold Me Tight", menulis lirik untuk lagu "Fun Boyz", dan membuat melodi untuk lagu "Run". 

Tak hanya itu, V juga berkontribusi dalam pembuatan komposisi musik dan lirik lagu untuk lagu solonya "Stigma" di album Wings. Pada Mei 2018, lagu solo keduanya dirilis, yakni "Singularity", yang dibawakan oleh V menjadi cuplikan pertama untuk album mereka Love Yourself: Tear.

Merilis single solo

Pernah Membintangi Serial Drama, Ini Perjalanan Karier V BTSweheartit.com

Tak hanya debut bersama BTS, pria lulusan Korea Arts High School ini juga merilis lagu solonya secara resmi di luar dari album BTS pada 30 Januari 2019 dengan judul "Scenery" di Soundcloud. 

Lagu pertamanya itu berhasil memecahkan rekor Soundcloud dari 20 juta sampai 100 juta pendengar tercepat hanya dalam kurun waktu 40 hari. Lagu tersebut ditulis dan dikomposeri oleh dirinya sendiri. 

Tujuh bulan kemudian, tepat pada 9 Agustus 2019 dia merilis solo kedua dan menjadi lagu berbahasa Inggris pertamanya, berjudul "Winter Bear", yang dirilis di Soundcloud, disertai dengan video musik sendiri yang dirilis di saluran YouTube BTS. 

V memproduseri lagu ini bersama RM dan produser Bighit Entertainment, Hiss Noise dan Adora. Dia juga merilis foto cover menggunakan nama samaran Vante.

Bermain drama bersama Park Seo Jun

Pernah Membintangi Serial Drama, Ini Perjalanan Karier V BTSibtimes.co.in

Tak hanya pada dunia musik, kariernya juga meluas ke dunia peran. Pada 2016 ia membintangi drama Hwarang: The Beginning bersama dengan Park Seo Jun, Go Ara, Park Hyungsik, dan Choi Minho. Drama perdananya sendiri bergenre sejarah, dan ia berperan sebagai salah satu pangeran. 

Bahkan setelah syuting, keakraban mereka tetap terjaga dan membentuk sebuah kelompok bernama Wooga Squad yang terdiri dari V, Park Seo Joon, Choi Whoo Shik, Park Hyung Sik, dan Peakboy. Bersama dengan Jin, ia menjadi salah satu pengisi soundtrack dramanya dengan lagu yang berjudul "Its Definitely You".

Tampil di berbagai acara variety hingga menjadi presenter

Pernah Membintangi Serial Drama, Ini Perjalanan Karier V BTSaminoapps.com

Selain itu, ia juga banyak tampil di berbagai acara variety bersama member BTS lainnya. Seperti acara Weekly Idol, Star King, Celebrity Bromance bersama Kim Min Jae. V juga kerap dipercaya menjadi pembawa acara spesial di program musik Inkigayo, Show! Music Core, Music Bank, dan Best Of The Best.

Pernah Membintangi Serial Drama, Ini Perjalanan Karier V BTSaminoapps.com

Nah, itu dia perjalanan karier dari V BTS yang hari ini berulang tahun. Selamat ulang tahun, V, sukses selalu.

Baca Juga: V BTS Ketahuan Pakai Baju Motif Mirip Batik, Sukses Buat Heboh ARMY!

Baca Juga: Paling Ditunggu! Park Bo Gum Bicara Soal Kolaborasi dengan V BTS

Baca Juga: Tetap Ganteng! 9 Potret Transformasi V BTS dari Belia Sampai Kini