Nama Nadin Amizah menjadi trending di Twitter setelah penggalan video saat menjadi bintang tamu dalam konten podcast YouTube Deddy Corbuzier tersebar. Dalam podcast tersebut, perempuan 20 tahun ini memberikan opini mengenai si kaya dan si miskin yang menjadi kontroversi dan mendapat banyak kritikan warganet. Berikut fakta terkait kontroversi tersebut!

Opini dalam podcast bersama Deddy Corbuzier yang viral

Nadin Amizah Minta Maaf Atas Opini Kontroversi Si Kaya dan Si Miskinyoutube.com/DeddyCorbuzier

Dalam podcast tersebut, penyanyi muda yang sedang naik daun ini bertanya jawab mengenai kehidupannya dan kembali mengingat pesan sang ibunda untuk bisa menjadi orang kaya. Karena menurut sang bunda, ketika kita kaya akan mudah menjadi orang baik. Pernyataan itu bermula ketika Nadin menjelaskan ia kurang nyaman menjalin hubungan dengan laki-laki yang berpura-pura tangguh. Menurutnya, rasa lemah laki-laki seperti itu akan diproyeksikan ke hal lain. Deddy menjelaskan bahwa masalah Nadin sebenarnya bukan tidak mau bersama pria yang tidak rapuh secara emosi (vulnerable). Melainkan Nadin harus menjalin hubungan dengan orang yang kaya.

Nadin pun merespon, "Menurut aku saat seseorang itu miskin, bukan dalam artian miskin ekonomi ya, bukan miskin bahagia dan lain-lain. Mereka tertekan secara ekonomi, mereka bisa jadi hmm... balik lagi, projecting-nya malah ke hal yang, you know, malah lebih jadi enggak baik gitu lho."

"Aku juga sangat sangat sangat disarankan sama bunda jadilah orang kaya, karena kalau kamu kaya kamu akan lebih mudah menjadi orang baik... Dan saat kita miskin rasa benci kita terhadap dunia udah terlalu besar sampe kita juga enggak punya waktu untuk baik ke orang lain. Itu sih makanya yang penting," lanjut Nadin.

Dikritik warganet

Setelah potongan podcast tersebut viral, warganet mengkritik maupun beropini tentang pernyataan Nadin baik di kolom komentar YouTube maupun di Twitter. Banyak yang tak setuju dengan opini yang disampaikan oleh pelantun lagu “Bertaut” ini. Namun, banyak pula yang meluruskan kesalahpahaman dan tetap mendukung Nadin, walau ucapannya salah. Salah satunya adalah akun @hikamputra17. Ia menyampaikan ajaran yang diajarkan oleh guru ngajinya soal kaya dan miskin.

"Aku diajarkan sama guru ngajiku agar tidak perlu menunggu kaya supaya bisa bersedekah kak," tulisnya.

Pengguna Twitter yang lain turut memberikan tanggapan terhadap opini Nadin Amizah. "Semoga tetep bisa berbuat baik dan ga benci dunia kalau tiba-tiba keluarga lu jatuh miskin, roda berputar," ujar @babyfrogcrying.

"Menurut gue juga salah sih harusnya gausah bawa miskinnya alau mau ngomongin kaya yaudah kayanya aja yang diomongin, tapi w tau gaada niatan buat ngerendahin sih, cuma ttp salah. semangat nadinn!! still support u," kata @monoGchromes.

Klarifikasi dan permintaan maaf

Usai banyak perdebatan, Nadin pun akhirnya angkat bicara dan memberikan klarifikasi di akun Twitter miliknya. Ia membalas beberapa tweet dan menjelaskan opininya. 

Pada intinya ia menjelaskan bahwa penghasilan yang dimiliki ia bisa membantu lebih baik ketimbang tidak punya uang dan hanya bertahan hidup. Ia juga tidak menyamakan bahwa semua orang kaya gemar sedekah, atau merendahkan orang yang berpenghasilan kecil. Ia hanya teringat pada pesan ibunya untuk menjadi kaya dan sukses serta dapat membantu sesamanya. 

Sebelumnya ia juga meminta maaf atas pendapatnya yang mungkin sangat bias dan sempit. Ia hanya mengutarakan opini dan pengalamannya yang ia jadikan motivasi dalam kesuksesan kariernya saat ini. Nadin juga berterima kasih kepada warganet yang telah memberikan masukan dan saran kepadanya serta dukungan.

Yap, itulah permasalahan yang menyangkut penyanyi muda Nadin Amizah, saat ini ia sudah memberikan klarifikasi dan permintaan maafnya mengenai opininya.

Baca Juga: Rilis Album Debut, Kado Indah dari Nadin Amizah untuk Para Penggemar

Baca Juga: Lirik Lagu 'Amin Paling Serius' Sal Priadi Feat. Nadin Amizah

Baca Juga: Pernyatannya Viral, Intip 7 Potret Nadin Amizah yang Kekinian