Hari ini adalah hari Valentine sekaligus hari ulang tahun dari salah satu anggota NCT, Jaehyun. Lahir pada 14 Februari 1997, Jaehyun mendapat julukan Valentine Boy karena lahir pada hari Valentine, tapi juga karena ia penyayang dan membuat seluruh NCTZen juga turut untuk menyayanginya.

Pemilik nama Jung Jaehyun itu kini berusia 25 tahun yang di Korea Selatan disebut sebagai “pretty age” atau tahun yang spesial. Tentu semua penggemar juga berharap tahun ini menjadi tahun yang indah dan bersinar bagi Jaehyun. Punya paras yang menawan dengan segudang bakat, kamu yang masih jadi baby NCTzen patut simak profil dan karier Jaehyun NCT berikut ini!

1. Profil Jaehyun NCT

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahuninstagram.com/nct127

Jaehyun lahir dengan nama Jeong Jae Hyun, namun ia secara legal mengganti namanya dengan Jeong Yoon Oh. Pergantian nama ini dilakukan ketika Jaehyun remaja karena permintaan sang nenek. Jaehyun sendiri berkata tak masalah bila dipanggil Jaehyun atau Yuno.

Jaehyun lahir pada 14 Februari 1997, Seoul, Korea Selatan. Ia lulus dari School of Performing Arts Seoul (SOPA), salah satu sekolah menengah seni yang terkenal di Korea yang jua dihadiri oleh banyak idol dan aktris.

Saat kecil, ia dan kedua orangtuanya pernah tinggal di Connecticut, salah satu negara bagian di Amerika Serikat selama 4 tahun, sejak umur 5 hingga 10 tahun. Tak heran, ia mahir dalam berbahasa Inggris. Ia juga memiliki nama Inggris, Jay, karena gurunya kala itu sulit mengucapkan nama Jaehyun. Si Aquarius ini memiliki tinggi 180 cm dengan berat 63 kg dan bergolongan darah A.

2. Fakta Menarik Jaehyun NCT

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahuninstagram.com/_jeongjaehyun
  • Jaehyun punya banyak nama panggilan, mulai dari Casper dan Peach boy karena kulitnya yang sangat putih dan pink. Ia juga kerap dipanggil J, Jeffrey, WooJae, Jaeyuk, karena dia pandai membuat daging, dan Jamal
  • Pesona lain dirinya adalah lesung pipitnya ketika tersenyum
  • Tak hanya punya suara merdu, Jaehyun juga jago rap, bermain piano, basket, hingga berenang. Ia juga pernah memperlihatkan kemampuan bermain gitarnya yang membuat penggemar meleleh
  • Di grup ia sering menjadi si Happy Virus, tapi kadang-kadang ia juga sangat sensitif
  • Jaehyun mengatakan dia tidak bisa berbohong, setiap kali bohong, pasti telinganya menjadi merah
  • Ia merupakan fanboy dari IU dan Leonardo DiCaprio
  • Jaehyun adalah anggota yang memiliki toleransi alkohol terbaik. Ia bahkan dapat minum hingga 3 botol Soju
  • Jaehyun juga memiliki sabuk hitam di taekwondo
  • Jaehyun punya masa-masa predebut yang menggemaskan. Kata-kata ikoniknya yaitu "be quiet, don’t cry" dan "I just want some milk"

Karier Jaehyun NCT

Pra debut Jaehyun

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahunfy.jaehyun.tumblr.com

Karier Jaehyun bermula saat ia ditemukan oleh staf SM Entertainment yang melakukan street casting, ia ditawari audisi di SM Entertainment di depan sekolahnya pada tahun 2012 lalu. Saat itu, ia pulang agak telat karena mendapat tugas bersih-bersih (piket). Setelah selesai, manajer casting langsung terpana dengan visualnya dan ia pun ditawari audisi.

Saat audisi ia membawakan lagu EXO “Mama” dengan tariannya yang masih kaku. Ia lulus audisi dan mulai menjadi trainee setelahnya. Pada tanggal 9 Desember 2013, ia diperkenalkan sebagai anggota tim trainee pra-debut SMROOKIES.

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahuntwitter.com/NCTsmtown

Setelahnya, ia mulai banyak penampilan, baik sebagai tim maupun individu atau bersama rekan segrup. Pada tahun 2014, ia berpartisipasi dengan sesama anggota NCT lainnya di acara Exo 90:2014, di mana mereka membawakan lagu-lagu dari tahun 90-an.

Bersama Doyoung NCT, ia pernah mennjadi MC Show Champion pada Januari hingga Juli 2015. Lalu mengikuti kompetisi Hope Basketball All-Star bersama Ten NCT. Kemudian pada bulan Desember 2015, Jaehyun menampilkan "A Whole New World" di Klub Mickey Mouse Disney Channel Korea bersama trainee perempuan SM lainnya, Seo Herin.

Debut bersama NCT

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahuninstagram.com/nct127

Di tahun 2016 menjadi tahun debut resminya Jaehyun, sebagai idol dari grup bernama NCT. Pada April 2016, Jaehyun debut di sub-unit pertama NCT U, dengan singel "The 7th Sense" dan "Without You".

Pada 10 Juli, ia debut sebagai anggota sub-unit kedua, NCT 127, dengan EP pertama mereka, NCT#127. Jaehyun mengambil posisi visual of the group, walaupun semua membernya visual, main vocal, lead rapper, dan lead dancer.

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahuninstagram.com/nct127

Pada Maret 2017, Jaehyun bergabung dengan acara radio NCT Night Night sebagai DJ bersama dengan Johnny NCT yang kini telah tidak lagi mengudara. Hingga kini, Jaehyun tetap aktif menjadi anggota baik NCT 127 maupun NCT U dan telah menelurkan banyak karya.

Ia masuk dalalm kredit sebagai penulis lagu dari beberapa lagu NCT, termasuk "Firetruck" serta "Dancing in the Rain", dalam lagu yang ia tulis serta produseri sendiri yang pertama kali ia bawakan di konser NCT 127 pada Desember lalu, yaitu "Lost (I Want You To Stay)".

Karier solo dan akting

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahuninstagram.com/_jeongjaehyun

Pada November 2017, ia & d.ear merilis lagu "Try Again" untuk proyek SM Station. Pada bulan Desember, ia ditampilkan dalam video musik untuk "The Little Match Girl" milik Wendy dan Baek A-yeon. Ini sebenarnya bukan pertama kalinya ia menjadi model video klip, sebelum debut ia juga pernah tampil dalam video klip EXO “The Last Game”.

Tak hanya dalam bidang musik, ia juga kembali merambah dunia public speaking dengan menjadi MC SBS' Inkigayo pada Oktober 2019, bersama Minhyuk Monsta X dan Naeun April. Ia juga beberapa kali menjadi MC spesial untuk acara musik.

Mengenal Lebih Dekat Jaehyun NCT, Si Valentine Boy yang Berulang Tahuninstagram.com/_jeongjaehyun

Kabar menggembirakan lagi-lagi datang untuk penggemar Jaehyun yang disebut valentines. Pada tanggal 4 September 2020, Jaehyun telah dikonfirmasi akan melakukan debut aktingnya di drama KBS2 mendatang Dear. M, yang semestinya irilis pada tahun 2021.

Ia akan berperan menjadi Cha Min-ho, seorang mahasiswa tahun kedua di Departemen Ilmu Komputer di Universitas Seoyeon. Namun, karena isu yang melibatkan salah satu pemerannya, drama itu kemudian ditunda tanpa batas waktu dan belum tayang hingga kini.

Kabar gembira kembali datang pada 2 November 2021. Jaehyun dikonfirmasi untuk membintangi remake web-series KakaoTV dari film Korea Selatan 2001, Bungee Jumping of Their Own, memainkan peran utama Im Hyun-bin. Pada tanggal 9 Desember di tahun yang sama, sementara di tengah pra-produksi, KakaoTV mengumumkan pembatalan proyek karena kekhawatiran dengan plot LGBT dari penulis skenario film aslinya.

Selain sebagai idol Jaehyun, aktor Jaehyun, ia juga menjadi model Jaehyun. Ia dipilih menjadi model untuk koleksi Prada spring/ summer 2022. Ia juga menjadi brand ambassador untuk Burberry dan Nature Republic bersama NCT 127.

Itulah profil, fakta dan karier Jaehyun NCT, si Valentine boy yang sedang berulang tahun. Selamat ulang tahun Jaehyun, semakin bersinar di tahun yang baru!

Baca Juga: Bersanding dengan Jaehyun NCT, Ini 5 Fakta Menarik dari Park Hye Soo

Baca Juga: Bikin Gemas! 10 Potret Manisnya Persahabatan Jaehyun dan Jaemin 'NCT'

Baca Juga: Begini Lho, Cara Dapatkan Photocard NCT Tanpa Merusak Bungkus Mi