Seperti yang sudah kita semua tahu, pria Korea Selatan berusia antara 18-28 tahun diwajibkan untuk bertugas di militer negara setidaknya selama 18 bulan, bintang K-pop mungkin dapat menunda dinas militer mereka.

Pemerintah pada tahun 2018 meloloskan revisi Undang-Undang Dinas Militer (yang oleh sebagian orang disebut sebagai “Undang-undang BTS”) yang memungkinkan penundaan dinas militer hingga usia 30 tahun dalam keadaan tertentu.

Kesempatan Istimewa, BTS Mungkin Masih Bisa Tampil Saat Wajib Militertwitter.com/Kpop_Herald

Para anggota BTS satu persatu sudah memasuki masa wajib militer mereka, bahkan Jin seharusnya sudah memulai wajib militernya. Jin akan berusia 30 tahun pada bulan Desember dan harus menjalani wajib militer tahun depan di bawah aturan saat ini. Hal tersebut menyebabkan penggemar khawatir tentang masa depan grup.

Namun, Menteri pertahanan Korea Selatan mengatakan ada kemungkinan BTS masih bisa tampil di luar negeri saat bertugas di militer Korea Selatan. Benarkah demikian? Berikut penjelasan lengkapnya mengutip dari Billboard.

BTS diizinkan tampil meski sedang bertugas

Kesempatan Istimewa, BTS Mungkin Masih Bisa Tampil Saat Wajib Militertwitter.com/bts_bighit

Menteri pertahanan Korea Selatan, Lee Jong sup baru-baru ini mengatakan selama sesi parlemen bahwa mengizinkan BTS untuk terus tampil bahkan saat bertugas. Militer dapat melayani kepentingan nasional tanpa mempengaruhi jumlah personel yang menyusut karena tingkat kelahiran yang rendah.

“Bahkan jika mereka bergabung dengan militer, akan ada cara untuk memberi mereka kesempatan berlatih dan tampil bersama jika ada jadwal konser di luar negeri,” katanya, menurut laporan Reuters.

“Karena banyak orang sangat menghargai [artis yang mengabdi] di militer, itu dapat membantu meningkatkan popularitas mereka lebih banyak lagi,” tambahnya.

Belum ada pengecualian wajib militer untuk idol K-pop

Kesempatan Istimewa, BTS Mungkin Masih Bisa Tampil Saat Wajib Militertwitter.com/bts_bighit

Korea Selatan telah mengizinkan beberapa atlet elit dan musisi klasik untuk menghindari wajib militer mereka. Tapi, saat ini tidak ada pengecualian serupa untuk artis pop. Revisi Undang-Undang Dinas Militer 2018 memungkinkan penghibur K-pop untuk mengajukan penundaan jika mereka telah menerima medali pemerintah untuk meningkatkan pengaruh budaya Korea Selatan di seluruh dunia.

Ketujuh anggota BTS memenuhi syarat setelah dianugerahi penghargaan budaya negara, Hwagwan Order of Cultural Merit dari pemerintah pada tahun 2018 selama Korean Popular Culture & Arts Awards.

BTS juga telah tampil di Perserikatan Bangsa-Bangsa dan, pada bulan Mei 2022, di Gedung Putih di mana mereka berbicara menentang rasisme dan kekerasan anti-Asia bersama presiden Amerika, Joe Biden.

Masalah dinas militer idol K-pop masih diperdebatkan

Kesempatan Istimewa, BTS Mungkin Masih Bisa Tampil Saat Wajib Militeryoutube.com/KOREA NOW

Masalah dinas militer diperdebatkan di Korea Selatan. Upaya para entertainer seperti Steve Yoo dan MC Mong untuk menghindari wajib militer justru telah merusak karier mereka. Para anggota BTS telah mengatakan bahwa mereka bersedia untuk melayani alias masuk wajib militer.

Beberapa politisi Korea Selatan mulai melihat bintang K-pop lebih dari sekadar selebritas biasa. Pada bulan Mei, pada sidang Majelis Nasional, Lee Ki sik, komisaris Administrasi Tenaga Kerja Militer, mengatakan, “Mungkin perlu untuk mempertimbangkan kembali sistem sambil mempertimbangkan pertanyaan tentang keadilan dan opini publik.”

Parlemen Korea Selatan sekarang juga sedang memperdebatkan RUU yang akan mempersingkat dinas militer untuk bintang K-pop menjadi tiga minggu dari sekitar dua tahun.

Itulah berita terbaru dari BTS yang kemungkinan masih bisa tampil walau mereka sedang menjalani wamil, kira-kira apa pendapatmu, Bela?

Baca Juga: 6 Aktor Korea Populer yang Segera Wamil Tahun Depan, Ada Kang Tae Oh

Baca Juga: BTS Bebas Wajib Militer? Ini Kata Menteri Korea Selatan

Baca Juga: 10 Idol K-Pop yang Akan Selesai Wajib Militer Tahun Ini