Meski dikenal sebagai aktris populer dan terkaya di India, Salman Khan juga terkenal karena perilakunya yang buruk. Sifatnya yang mudah marah, egois, mudah tersinggung, membuatnya banyak menimbulkan kontroversi bahkan dengan para rekan selebritasnya.

Bahkan tak sedikit rekan selebritas yang bermasalah dengannya mengalami karier yang redup, sedangkan Salman sendiri masih wara wiri di dunia Bollywood. Berikut deretan kontroversi Salman Khan yang paling mengejutkan.

1. Kehidupan cinta dengan Aishwarya Rai

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan filmibeat.com

Kisah cinta Salman dan Aish berakhir dengan sangat buruk. Bahkan dikatakan menjadi perpisahan paling jelek di seluruh Bollywood. Aktor tersebut bahkan pernah membuat kekacauan di lokasi syuting film yang Aish rekam. Aish sendiri pernah mengaku bahwa Salman pernah bertindak kasar terhadapnya.

2. Kasus tabrak lari

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan rediff.com, ndtv.com

Pada 2002, Salman Khan pernah ditangkap polisi karena kasus tabrak lari. Kala itu mobilnya menabrak toko roti di Mumbai, India yang mengakibatkan satu orang meninggal dan empat orang terluka. Ketika kejadian berlangsung, Salman Khan disebut berada di bawah pengaruh alkohol.

Salman Khan dinyatakan bersalah dan dihukum 5 tahun penjara pada 2015. Namun Salman Khan mengajukan banding dan membayar uang jaminan, sehingga bebas pada Desember 2015.

3. Bertengkar dengan Vivek Oberoi

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan laughingcolours.com

Salman Khan juga pernah bertengkar dengan kekasih dari mantan pacarnya Aishwarya ketika ia berkencan dengan Vivek Oberoi. Vivek menyerukan konferensi pers khusus pada tahun 2003 dan mengklaim bahwa Salman telah mengancamnya melalui serangkaian teks.

4. Pernyataan tidak sensitif selama promosi 'Sultan'

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan gdnonline.com

Ketika dia diminta untuk menjelaskan jadwal syutingnya, aktor tersebut dilaporkan. Ia mengatakan bahwa ketika dia akan keluar dari ring, dia 'merasa seperti perempuan yang diperkosa'. Hal ini menimbulkan perdebatan besar dengan para aktivis hak-hak perempuan dan publik mengutuk perbandingan yang tidak sensitif seperti itu.

5. Perang dingin dengan Shah Rukh Khan

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan mansworldindia.com

Salman Khan dan Shah Rukh Khan terlibat pertengkaran buruk di pesta ulang tahun Katrina pada tahun 2008. Shah Rukh Khan dilaporkan membuat beberapa pernyataan yang tidak cocok dengan Salman. Namun, kedua Khan ini dengan ramah saling berpelukan di pesta buka puasa Baba Siddiqui pada tahun 2013.

6. Perburuan hewan langka

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan mansworldindia.com

Kasus penembakan buck hitam yang terkenal terjadi pada tahun 1998 ketika Salman Khan dan lawan mainnya dari Hum Saath Saath Hain dituduh berburu chinkara dan rusa blackbuck yang terancam punah saat syuting di Jodhpur untuk film tersebut. Kasusnya masih diseret ke pengadilan.

Salman Khan akhirnya dihukum 5 tahun penjara atas perburuan hewan langka pada Kamis, 5 April 2018. Salman Khan terbukti bersalah telah membunuh dua hewan langka jenis antelop India saat syuting di Rajasthan tahun 1998.

Salman Khan harus mendekam di Penjara Pusat Jodhpur dan membayar denda sebesar 10 ribu rupee atau sekitar Rp2,1 juta. Meski begitu, Anand Desai selaku kuasa hukum Salman Khan berniat mengajukan banding.

7. Komentar kontroversi di reality show-nya

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan thenational.news

Salman dikenal sebagai pembawa acara untuk program reality populer Bigg Boss. Sayangnya, beberapa kali membawakan acara, tak sedikit komentar yang memicu amarah publik terlontar dari mulutnya.

Ia dituduh melontarkan komentar tidak senonoh, menjadi homofobia, menunjukkan keberpihakan terhadap kontestan tertentu dan melobi untuk bintang muda Bollywood, yang akhirnya berujung pada banyaknya ujaran kebencian warganet untuknya. Dia akhirnya turun ke Twitter untuk menjelaskan dirinya sendiri dan bahkan mengisyaratkan bahwa dia mungkin tidak menjadi tuan rumah lagi musim pertunjukan.

8. Tuai kritik saat hadiri sebuah acara

Kerap Dikritik Berperilaku Buruk, Ini Sederet Kontroversi Salman Khan instagram.com/beingsalmankhan

Untuk mempromosikan film terakhirnya, Jai Ho, Salman Khan berpartisipasi dalam acara layang-layang bersahabat dengan Narendra Modi. Namun, hal ini justru menuai kritik dari publik karena politik dan Bollywood berkumpul dan bintang-bintang berkampanye untuk para pemimpin politik. Dia juga bereaksi dengan marah setelah dikritik karena tampil di Saifai Mahotsav Akhilesh Yadav tepat setelah kerusuhan Muzaffarnagar pada tahun 2014.

Itulah sederet kontroversi Salman Khan yang kerap menuai kritik publik karena perilakunya. Apakah ada lagi yang kamu tahu, Bela? Tulis di kolom komentar, ya!

Baca Juga: 10 Artis Bollywood ini Rela Berubah Secara Ekstrem demi Peran

Baca Juga: 7 Seleb Bollywood Ini Terang-terangan Mengaku Tidak Mau Menikah

Baca Juga: Wow! Inilah 9 Pasangan Suami Istri Terkaya di Bollywood