Serial Netflix memang tak pernah membuat penonton kecewa. Setelah berhasil dengan Squid Game, serial My Name pun juga laris menjadi perbincangan dan mendapat pujian. Dengan alur cerita yang gelap dan totalitas akting para aktornya, membuat drama satu ini cukup melekat di hati penonton.

Tak hanya itu, yang tak boleh terlewat saat membincangkan My Name adalah akting Han So Hee sebagai Ji Woo. Ia berhasil mengubah pandangan penonton dari Na Bi yang polos dan lugu, menjadi seorang Ji Woo yang tangguh dan berani tanpa kenal ampun.

Han So Hee pun mendapat makin banyak perhatian atas dedikasi dan emosi yang ia luapkan sebagai peran utama. Memiliki karakter berbeda dari drama-dramanya yang sebelumnya, membuat Han So Hee mengambil metode ekstem untuk membuat karakter Yoon Ji Woo semakin hidup.

Mau tahu apa saja metode ekstrim tersebut? Ayo, scroll terus, ya, Bela!

1. Membawa pisau asli ke mana-mana

Ini Cara Ekstrem yang Dilakukan Han So Hee untuk Perannya di ‘My Name’instagram.com/xeesohee

Tak seperti drama Nevertheless, The World of Married, dan banyak lagi, peran Han So Hee di drama My Name ini sangat jauh berbeda dan membutuhkan lebih banyak persiapan untuk masuk ke dalam karakter Yoon Ji Woo.

Dalam wawancara sebelumnya, Han So Hee mengungkapkan bahwa dia sangat berdedikasi untuk membuat peran Yoon Ji Woo lebih hidup. Ia bahkan mengalami kenaikan berat badan hingga 22 pon (+/- 10 kg), menghadiri sekolah bela diri dan membawa pisau asli ke mana-mana.

Hal ini karena karakternya yang menyamar sebagai polisi sekaligus mata-mata mafia, juga berkaitan dengan tujuan utamanya yang tak akan memberi ampun pada siapapun yang hendak menghalangi Ji Woo.

2. Tambahkan kata di luar naskah untuk menjaganya tetap waras

Ini Cara Ekstrem yang Dilakukan Han So Hee untuk Perannya di ‘My Name’youtube.com/NetflixKorea

Dedikasinya dan metode aktingnya di My Name tak hanya sekadar persiapannya, seperti yang disebut sebelumnya. Netflix Korea baru-baru ini merilis video ketika sutradara, penulis, dan beberapa pemain menonton adegan dari serial tersebut dan mendiskusikan cerita di balik layar dari syuting.

Karakter Yoon Ji Woo sendiri memang penuh emosi hingga ke setiap episode yang bahkan dimulai dari episode pertama. 

Salah satu momen yang menonjol dalam adegan itu adalah ketika dia terus mengulangi kata, "Tunggu" ketika dia mendengar ayahnya berhadapan dengan pembunuh di balikdi pintu. Namun, Han So Hee mengungkapkan bahwa itu sebenarnya bukan bagian dari naskah. Begitu juga dengan adegan kunci yang dipatahkan, bukan bagian dari skrip, melainkan ide sang Sutradara.

Ini Cara Ekstrem yang Dilakukan Han So Hee untuk Perannya di ‘My Name’youtube.com/NetflixKorea

Menurutnya, itu adalah sesuatu yang tampaknya sangat cocok dengan konteks adegan, karena karakternya tidak dapat mengetahui apa yang terjadi dengan ayahnya. Ia juga menambahkan itu merupakan caranya untuk tetap waras dalam menghadapi kebingungan dan kepanikan yang dihadapinya (yang tentunya adalah tokoh Ji Woo). 

“Itu adalah cara saya untuk tetap waras. Untuk menekan badai di dalam diriku. Saya pikir itu sebabnya saya terus mengatakan itu,” ucap Han So Hee.

Namun, bersama aktor Yoon Kyung Ho, yang memerankan ayahnya, Donghoon, keputusan kecil yang dibuat Han So Hee memastikan bahwa dia dapat sepenuhnya menunjukkan emosi yang akan dialami karakternya.

3. Masuk dalam emosi tokoh untuk buat cerita jadi lebih realistis

Ini Cara Ekstrem yang Dilakukan Han So Hee untuk Perannya di ‘My Name’youtube.com/NetflixKorea

Masih dalam adegan yang sama, saat itu Ji Woo (Han So Hee) dan Donghoon (Yoon Kyung Ho) berbicara melalui pintu. Han So hee bisa saja menggunakan walkie-talkie untuk mendengar apa yang dikatakan oleh ‘ayahnya’ secara jelas, namun, Han So Hee memilih untuk membuat segalanya serealistis mungkin.

Ia masuk ke dalam karakter Ji Woo dan bertindak seperti Ji Woo yang berada di dalam situasi tersebut. Han So Hee berhasil membuatnya lebih realistis serta emosional, hingga benar-benar membuat penonton pun ikut merasa emosi dari karakter Ji Woo dan ayahnya.

“Donghoon tidak bisa melihatku, tapi dia tetap melanjutkan percakapan. Saya bisa saja menggunakan walkie-talkie, tapi Kyung Ho ada di sana untuk saya sehingga saya bisa mengeluarkan emosi yang lebih realistis,” kata Han So Hee.

4. Aksi dan keringat yang ‘real’

Selain membuat adegan lebih realistis dan karakter lebih hidup, Han So Hee juga benar-benar melakukan adegan pertarungan yang telah ia latih sebelumnya di sekolah khusus bela diri.

Aktris 26 tahun itu mampu menunjukkan perasaan sebenarnya dari karakter tersebut, karena dia benar-benar melakukan semua aksi pertarungan dan mengerahkan segalanya ke dalam adegan.

Secara khusus, dia menjelaskan bahwa gerakan pernapasan dan keringat semuanya nyata karena dia benar-benar “kelelahan”. Semuanya yang ditayangkan sangat asli, bahkan sutradara pun menambahkan bahwa dia menggunakan suara dari napas Han So Hee di banyak adegan lainnya.

https://www.youtube.com/embed/rVoG-zh41lw

Han So Hee benar-benar mendedikasikan dirinya untuk karakter Ji Woo di My Name. Dengan totalitas dan ketulusan, ia mampu membuat karakter Ji Woo terlihat lebih hidup dan emosional.

Ia bahkan mematahkan kritik yang dilontarkan padanya untuk aktingnya di drama yang ia bintangi sebelumnya dan membuktikan bahwa aktris Han So Hee juga menakjubkan.

Itulah cara ekstrem yang dilakukan Han So Hee untuk perannya sebagai Yoon Ji Woo di drama My Name. Simak cerita lengkap di balik layarnya pada video di atas, yuk!

Baca Juga: Diincar Sutradara 'Vincenzo', Han So Hee Akan Lepas Imej Yoon Ji Woo

Baca Juga: Ini 7 Fakta Misterius Han So-hee 'My Name' yang Jarang Diketahui 

Baca Juga: Kisah Balas Dendam yang Memikat, 5 Fakta Menarik 'My Name'