Penipuan bisa dilakukan dengan cara yang bermacam-macam. Mulai dari mengirim sms, telepon, mengirim paket, hingga ke ranah yang lebih privasi melalui pesan WhatsApp. Bahkan tak tanggung-tanggung, pelaku bisa melakukan aksinya itu hingga mengaku sebagai salah satu pegawai perusahaan terkenal atau menggunakan merek terkenal.

Tak pandang bulu, penipuan juga dialami oleh sejumlah selebriti, salah satunya adalah komedian Sule yang dikabarkan hampir tertipu hingga Rp1 Miliar. Dalam akun Instagramnya ia membagikan kronologi pengalamannya itu. Dituliskan bahwa dirinya menerima paket selebaran yang menyatakan bahwa ia mendapat sejumlah uang. Beruntungnya, suami dari  Nathalie Holscher ini berhati-hati dan teliti dalam mengecek paket tersebut.

Bagaimana kisah lengkapnya? Berikut kronologi penipuan yang nyaris dialami Sule.

Pelaku sangat niat, paket dikirim dengan jasa pengiriman resmi

Hati-Hati Terima Brosur, Seperti Sule yang Nyaris Tertipu Rp1 Miliarinstagram.com/ferdinan_sule

Kejadian tersebut bermula saat Sule dikirimi sebuah paket berisi brosur di rumahnya. Dalam brosur itu tertulis jika Sule menerima uang dengan jumlah uang yang berbeda-beda. Jumlah uang tersebut juga tidak tanggung-tanggung mulai dari puluhan juta hingga satu miliar rupiah.

"Ada yang Rp 37 juta bahkan Rp 1 miliar nih," tulis Sule dalam Instagram miliknya.

Bahkan menurut Sule, sang pelaku amat niat melalukan aksinya itu. Hal ini karena paket yang ia terima dikirim melalui jasa pengiriman resmi dan ternama, yaitu J&T.

"Mereka mengirimkan ini melalui pengiriman J&T. Ini mereka niat banget guys," tambahnya lagi.

Curiga karena disuruh mengirim sejumlah uang

Hati-Hati Terima Brosur, Seperti Sule yang Nyaris Tertipu Rp1 Miliarinstagram.com/ferdinan_sule

Mendapat paket tersebut, Sule pun tidak langsung percaya. Ia malah curiga dan semakin yakin bahwa itu adalah penipuan karena tertera dia diminta membayar sejumlah uang.

"Hati-hati guys, ada yang banyak ngirim seperti ini. Katanya saya mendapatkan uang Rp1 miliar. Tapi saya harus bayar guys, 'Bukti Pembayaran Anda'," tulis Sule.

Semakin yakin penipuan, Sule temukan kesalahan pada penulisan nama

Hati-Hati Terima Brosur, Seperti Sule yang Nyaris Tertipu Rp1 Miliarinstagram.com/ferdinan_sule

Kecurigaan Sule semakin bertambah kala ia menemukan kesalahan pada penulisan namanya. Penulisan namanya yang tidak sesuai dengan yang ada di kartu identitasnya. Hal ini pun membuaut Sule semakin yakin bahwa brosur tersebut hanyalah penipuan atau hoaks.

“Padahal kalau memang benar, di KTP saya bukan Entis Sutisna," ujar Sule.

Tak perpanjang masalah dan ingatkan banyak orang

Hati-Hati Terima Brosur, Seperti Sule yang Nyaris Tertipu Rp1 Miliarinstagram.com/ferdinan_sule

Sule akhirnya tak memperpanjang masalah ini. Ia mengingatkan kepada ornag-orang untuk lebih berhati-hati saat menerima paket atau pesan yang berisi serupa. Ia juga memperingatkan untuk tidak tergoda dengan hadiah semacam itu.

Itulah cerita Sule mengenai kronologi dirinya yang hampir jadi korban penipuan. Belajar dari Sule, hati-hati, ya , Bela jika menerima paket brosur yang mrenjanjikan uang besar.

Baca Juga: Ada Yang Sampai Jadi Ojol, Ini 7 Artis Yang Pernah Alami Penipuan

Baca Juga: Ini Hal yang Perlu Diwaspadai dari Penipuan Berkedok Kencan Online

Baca Juga: Disebut Penipu Licik, Ini 3 Pekerjaan Orangtua Atta Halilintar