Setelah tertunda setahun, akhirnya Piala Euro 2020 dapat diselenggarakan. Pesta sepak bola Eropa itu baru bisa digelar tahun ini karena tantangan global pandemi COVID-19. Tepatnya pada 11 Juni 2021 kemarin, pesta tersebut resmi digelar. Penyelenggaraannya pun menerapkan protokol kesehatan (prokes) yang ketat.

Meski baru berlangsung selama kurang dari seminggu, pesta sepak bola satu ini dihadiri dengan berbagai hal lucu. Bahkan, beragam meme tersebar di media sosial. Berikut hal-hal aneh yang terjadi selama Piala Euro 2020.

1. Mobil VW mini tampil di pembukaan Euro 2020

Ada-Ada Saja, Ini Hal Kocak yang Terjadi Selama Piala Euro 2020huffingtonpost.co.uk

Dalam pembukaan Euro 2020 tak hanya menyoroti penampilan spektakuler dari Andrea Bocelli yang membawakan "Nessun Dorma", warganet juga menyoroti mobil VW (Volskwagen) mini yang membawa bola ke lapangan untuk kick-off.

VW mini yang dikendalikan dari jarak jauh itu, melaju ke lapangan dengan bola di dalamnya dan memberikannya kepada wasit Danny Makkelie. Bola tersebut nantinya akan menjadi bola pertama yang digunakan di Euro 2020.

Pemirsa langsung dibuat bingung oleh apa yang baru saja mereka lihat, termasuk pemain internasional perempuan Inggris, Lianne Sanderson. Bahkan menurut warganet, di Italia momen tersebut telah menyaingi penampilan penyanyi opera Andrea Bocelli. Meme pun bertebaran di Twitter terkait mobil SUV mini tersebut.

Sementara itu dari dalam lapangan, Giorgio Chiellini, yang merupakan bek senior Italia nampak tidak bisa menahan tawanya, saat melihat mobil mainan itu melintas di dekatnya. Meski tidak begitu mengagumkan, namun keberadaan mobil remote control itu memang sangat di luar dugaan semua orang.

Kehadiran mobil itu sendiri tak lepas dari kesepakatan sponsor turnamen dengan Volskwagen dalam Euro 2020.

2. Pose aneh Timnas Wales yang terulang kembali

Ada-Ada Saja, Ini Hal Kocak yang Terjadi Selama Piala Euro 2020twitter.com/EURO2020

Timnas Wales kembali menjadi sorotan karena pose fotonya menjelang laga perdana di Piala Euro 2020. Pose timnas yang dipimpin Gareth Bale itu menampilkan komposisi yang aneh dan tak berimbang. Bahkan pose tersebut pernah terjadi di beberapa pertandingan sebelumnya.

Dalam foto tersebut terlihat pemain yang berpose jongkok dengan pemain yang berpose berdiri tidak sejajar, sehingga menghasilkan ruang kosong yang banyak. Melansir Marca, pose ini kembali menjadi bahan olok-olok lantaran dinilai menunjukkan kurangnya koordinasi antara pemain.

Pose tersebut tidak semata-mata disengaja, berdasarkan penuturan Joe Ledley, pemain Wales kepada Wales Online pada 2017 lalu, ia mengatakan bahwa tim tidak melatih komposisi itu. Para pemain, jelasnya, hanya berbicara dan memutuskan apa yang akan dilakukan.

"Awalnya kami tidak memperhatikannya, tetapi kemudian secara bertahap beberapa foto berkumpul dan itu mengangetkan, jadi kami hanya berpikir untuk melakukan hal yang sama," kata Joe Ledley.

"Itu juga merupakan keberuntungan bagi kami. Ini tidak benar-benar soal takhayul, tapi saya rasa kami tidak akan melakukan foto yang layak," jelasnya.

3. Aksi protes Greenpeace lewat paraglider yang jatuh di Laga Jerman-Prancis

Ada-Ada Saja, Ini Hal Kocak yang Terjadi Selama Piala Euro 2020instagram.com/reuters

Masih hangat, pada Rabu (16/6/2021) dini hari tadi, waktu Indonesia bagian barat, aktivis Greenpeace mendarat di laga Jerman-Prancis pada Euro 2020 ini. Yap, ia mendarat di lapangan hijau Allianz Arena, Muenchen.

Seorang aktivis LSM lingkungan hidup Greenpeace tiba-tiba muncul dari angkasa dengan sebuah paraglider, saat laga Grup F Piala Euro 2020 antara timnas Jerman dan timnas Prancis hendak dimulai. Tertulis di parasut kuning sang aktivis adalah tulisan "Kick Out Oil! Greenpeace".

Kedatangannya dengan ketidaklaziman itu rupanya juga menimbulkan insiden mengerikan, karena beberapa penonton harus dilarikan ke rumah sakit dan mendapat perawatan. Hal itu terjadi setelah sang aktivis tampak mengenai peralatan spidercam - kamera yang disanggah di atas lapangan stadion dengan kabel-kabel yang menjulur ke sudut-sudut atap stadion.

Alhasil, sang aktivis hampir kehilangan kendali paraglidernya dan hampir menabrak para penonton di stadion. Ia berhasil menghindar dari menabrak tribun penonton dan berpotensi mencederai para suporter hanya dalam hitungan meter. Dia melewati penonton di barisan depan dan melewati manajer Prancis, Didier Deschamps di ruang istirahatnya, sebelum akhirnya mendarat di lapangan. Setelah mendarat, ia pun langsung diamankan oleh para petugas.

Itulah hal-hal aneh yang terjadi selama Piala Euro 2020 yang baru saja berlangsung. Dari ketiga hal di atas, mana yang paling kamu soroti?

Baca Juga: Coca-Cola Rugi Rp57 Miliar Karena Cristiano Ronaldo Geser Botol

Baca Juga: Deretan Gaya Seksi Istri Pemain Sepak Bola Dunia

Baca Juga: Piala Dunia, Ini Pesona 5 Pesepak Bola yang Bikin Wanita Gagal Fokus