Seperti yang sudah banyak diberitakan, BTS kembali menyampaikan pidato di Sidang Umum PBB. Tahun ini mereka menyampaikan pidatonya sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Generasi Masa Depan dan Budaya.

United Nations General Assembly (UNGA) atau Sidang Umum PBB ke-76 sendiri digelar pada Senin (20/09/2021). Dalam sidang tersebut, BTS menyampaikan pidato sekaligus menayangkan video khusus pada program Sustainable Development Goals (SDG) Moment 2021 di General Assembly Hall di Markas Besar PBB di New York City, Amerika Serikat.

Hadiri UNGA 2021, Ini Pesan-Pesan yang Disampaikan BTS youtube.com/UnitedNations

Diawali dengan penyampaian pidato oleh Presiden Korea Selatan, Moon Jae-in sebagai perwakilan para pemimpin dunia. Selanjutnya, Presiden Moon Jae-in mengenalkan BTS sebagai Utusan Khusus Presiden yang disusul dengan penyampaian pidato oleh seluruh member BTS sekaligus pemutaran video khusus mereka.

Apa saja pesan-pesan BTS sebagai Utusan Khusus Presiden untuk Generasi Masa Depan dan Budaya? Berikut isi pidato dan pesan-pesan penuh inspirasi dan membangun yang disampaikan BTS di Sidang Umum PBB 2021.

Sampaikan suara para generasi muda tentang kehidupan di era pandemi

Setelah perkenalan dari presiden Moon Jae-in, seluruh member BTS naik ke atas podium. BTS menyampaikan pidato mereka dengan bahasa Korea. Kim Namjoon membuka pidato dengan menyampaikan salam kepada para pemimpin dunia.

Diawal pidato, Namjoon mengatakan bahwa BTS akan menyampaikan cerita dari para generasi muda berumur belasan dan dua puluhan yang telah mereka tanyakan sebelumnya. Pertanyaan tersebut seputar apa yang mereka alami selama dua tahun terakhir dan apa yang mereka dapatkan sampai hari ini.

Dilanjutkan oleh Jin, ia mengatakan bahwa ada saatnya di waktu-waktu ini kita merasa bingung dan bermasalah. Tapi di sini, kita juga memiliki orang-orang yang mengajak untuk tetap menikmati hidup dan membuat momen-momen berharga sekalipun dalam kondisi yang tidak menguntungkan.

Ditambah dengan perkataan Jimin bahwa kita tidak bisa berdiam diri dalam kesempatan yang ada untuk mengambil suatu tantangan yang baru. Mungkin kita sama seperti kita kemarin, tetapi dunia telah berubah.

Setiap momen menjadi begitu berharga di era pandemi ini

Hadiri UNGA 2021, Ini Pesan-Pesan yang Disampaikan BTS twitter.com/jvnggkuk

Pidato kembali dilanjutkan Jungkook yang mengatakan bahwa banyak perayaan yang harusnya dirayakan karena merupakan momen berharga, salah satunya adalah wisuda, tetapi semuanya itu harus dibatalkan dan berakhir dengan kekecewaan atau kesedihan.

Mereka juga sedih menghadapi kenyataan bahwa mereka harus menunda tur dan menemui para penggemar. Suga menambahkan bahwa setiap momen yang terima saat ini menjadi begitu berharga.

Ajak berkabung, tidak takut akan masa depan, serta lakukan sesuatu untuk alam

Hadiri UNGA 2021, Ini Pesan-Pesan yang Disampaikan BTS news.un.org/cia pak

Jimin mengatakan bahwa banyak orang yang menjawab pertanyaan di awal tadi dengan menyertakan foto-foto momen berharga mereka, salah satunya momen mereka bersama dengan lingkungan atau alam. Di mana mereka menemukan cara untuk memelihara alam atau bahkan hanya dengan berpetualang di alam.

J-hope melanjutkan dengan selain berkabung karena setiap momen yang dirampas COVID, kita harusnya juga berkabung dengan kondisi lingkungan alam kita saat ini. Seperti perubahan iklim yang menjadi topik penting tetapi berat untuk dibahas.

Meski demikian, Namjoon mengatakan bahwa banyak anak muda yang peduli dengan isu lingkungan dan alam, serta memilihnya menjadi bidang untuk dipelajari. Masa depan adalah wilayah yang belum tereksplor, dan di sinilah peran generasi muda untuk mencari jawabatan atas pertanyaa bagaimana kita harus hidup di masa depan.

Ditutup dengan V bahwa jangan berpikir bahwa masa depan suram, karena ada generasi muda yang sedang mencari jawaban atas masa depan. Dan jangan berbicara seolah akhir telah tertulis, karna kenyataannya masih ada lembaran baru dari kisah perjalanan hidup kita.

Lost Generation to Welcome Generation

Kini dunia memang terasa seperti berjalan di tempat dan kita seperti tersesat, yang bahkan banyak terdengar bahwa para anak muda yang berumur belasan dan dua puluhan di era ini merupakan ‘Lost Generation’.

Jimin pun mengajak kita semua melihat dan menyadari bahwa meski dalam kondisi seperti ini, ada banyak hal baru yang didapatkan, seperti jawaban-jawaban yang telah dihimpun tersebut. pandemi memberikan kita banyak hal baru untuk dipelajari, terhubung satu sama lain semakin dalam secara online, bahkan hidup dengan lebih sehat.

Mereka –yang memberikan jawaban, serta kita tidak terlihat tersesat, tetapi justru menemukan hal baru dan tantangan baru. Karena itu, kata ‘Lost Generation’ mungkin tidak tepat untuk para generasi muda saat ini, tetapi kata ‘Welcome Generation’ karena kita bahkan menerima setiap perubahan tersebut dan tetap semangat untuk terus hidup serta menemukan hal baru dan tetap maju, seperti yang dijelaskan Jin.

Vaksinasi sebagai tiket untuk bertemu satu dengan lain

J-hope juga mengatakan bahwa mereka semua bertujuh sudah divaksin yang mendorong anak muda juga ikut bersama mereka. Namjoon kembali mengatakan bahwa vaksin adalah tiket mereka untuk dapat bertemu dengan para penggemar dan berdiri di atas podium tersebut mendahulu kita semua –yang berarti kita juga dapat berdiri di sana kelak.

Mereka juga mengajak semua anak muda untuk vaksin dan melakukan semua yang bisa dilakukan saat ini, hingga pada waktunya kita dapat kembali bersama berhadapan wajah dengan wajah. Selagi menunggu itu, V mengajak untuk mengisi hari-hari kita dengan penuh energi positif.

Pilihan yang mengubah hidup

Namjoon yang setuju juga menambahkan bahwa jika kita percaya pada setiap kemungkinan dan harapan, ketika hal yang tak sesuai ekpetasi datang, kita tidak akan tersesat melainkan menemukan banyak hal yang sebelumnya belum pernah kita dapatkan.

Suga kembali menyemangati di mana mungkin setiap pilihan yang kita pilih tidak sempurna, tapi bukan berarti kita tak bisa berbuat apa apa. Kata-kata manis dari J-hope selanjutnya adalah “Yang penting adalah pilihan-pilihan yang kita buat saat dihadapkan pada perubahan kan?” ungkapnya. Ya, kita harus siap dalam setiap perubahan yang mungkin terjadi dari pilihan yang telah kita buat.

Di akhir pidato, Namjoon menutupnya dengan mengatakan setiap pilihan yang diambil adalah awal untuk perubahan, bukan akhir dari segalanya. Kita diajak untuk mengatakan  ‘welcome’ pada siapa pun dan apa pun. Selanjutnya ditutup dengan pemutaran video lagu “Permission to Dance” yang menginspirasi.

Hadiri UNGA 2021, Ini Pesan-Pesan yang Disampaikan BTS twitter.com/bts_bighit

Itulah pesan-pesan BTS di Sidang Umum PBB tahun ini yang banyak menginspirasi dan menceritakan bagaimana kehidupan anak-anak muda di masa pandemi ini dan kedepannya kelak. Hello, Welcome Generation!

Baca Juga: BTS Kembali Hadiri United Nations General Assembly, Apa Tugas Mereka?

Baca Juga: BTS Jadi Utusan Presiden Korea, Ini Kelebihan Paspor Diplomatik

Baca Juga: ARMY Indonesia Rayakan Ulang Tahun RM BTS dengan Donasi Ratusan Buku