Aktivitas secara online seperti halnya rapat, bekerja, atau belajar, menjadi rutinitas baru selama satu setengah tahun terakhir. Platform konferensi video menjadi salah satu yang paling banyak digunakan dalam era saat ini. Platform-platform tersebut pun bersaing untuk memberikan kenyaman, kesenangan, serta kemudahan bagi para penggunanya.

Salah satunya seperti yang dilakukan platfrom konferensi video asal Google, Google Meet telah merilis fitur baru untuk pengalaman konferensi video yang lebih menyenangkan dan unik. Mereka menambahkan filter, efek, hingga topeng augmented reality (AR) baru untuk personal calls di iOS dan Android.

Nah, apa saja filter serta bagaimana menggunakannya? Berikut akan Popbela rangkum untukmu cara menggunakan filter dan animasi baru Google Meet.

Filter dan animasi baru Google Meet

Google Meet Rilis Filter dan Animasi Baru, Ini Cara Menggunakannya!twitter.com/Google

Melansir dari Engadget, saat ini Google Meet memungkinkan pengguna memanfaatkan filter atau animasi saat melakukan panggilan video. Dengan demikian, pengguna dapat memanfaatkannya untuk menjadikan panggilan video lebih menarik.

Sementara dikutip dari akun Twitter resmi Google, tertulis bahwa kamu bisa menambahkan animasi mulai dari kucing, astronot, ubur-ubur hingga lainnya untuk panggilan pribadimu. Filter, efek dan topeng AR, telah tersedia di Google Meet versi iOS maupun Android.

Tanpa harus pakai make up dulu, filter baru di Google Meet akan membuat wajahmu lebih fresh saat akan melakukan video call. Cocok nih, untuk kamu yang malas dandan untuk meeting pagi atau belajar online.

Cara menggunakan

Google Meet Rilis Filter dan Animasi Baru, Ini Cara Menggunakannya!twitter.com/Google

Fitur ini tersedia di ikon sparkle atau effect yang berada di kanan bawah saat melakukan video call. Jika diklik, kamu akan menemukan opsi styles dan filters, blur effect maupun background.

Untuk opsi styles, pengguna dapat memberikan efek suar warna saat melakukan panggilan. Untuk filters, pengguna dapat menempelkan topeng atau aksesoris virtual saat menelpon via Google Meet.

Saat ini, fitur-fitur baru tersebut sudah bisa digunakan. Kamu bisa menggunakannya melalui aplikasi Google Meet atau melalui Gmail. Namun pastikan browser atau aplikasimu sudah ter-update, ya.

Tidak tersedia di workspace

Google Meet Rilis Filter dan Animasi Baru, Ini Cara Menggunakannya!twitter.com/Google

Perlu diketahui, filter dan animasi baru ini hanya tersedia untuk panggilan pribadi di akun Gmail pribadi melalui aplikasi Google Meet. Untuk pengguna Workspace, Google tidak menyediakannya agar pemilik akun tetap tampil profesional.

Perilisan filter baru ini adalah upaya terbaru dari Google untuk memperkenalkan Meet ke pengguna lebih umum. Sebelumnya, Meet hanya tersedia untuk pengguna yang berorientasi ke perusahaan dan bisnis. Filter-filter ini sebelumnya sudah tersedia di Google Duo. Namun kemudian digantikan ke Google Meet untuk membuat aplikasi lebih banyak dipakai konsumen umum.

Itulah filter dan animasi baru yang dirilis Google Meet beserta cara menggunakannya. Selamat mencoba, Bela.

Baca Juga: Sambut Hari Film Nasional, Google Hadirkan Fitur Pencarian Film Lokal

Baca Juga: 10 Foto Lucu Realitas Tentang Pertemuan di Zoom 

Baca Juga: Rindu Lautan, Scuba Diving Virtual di Sini Saja