Pecinta K-Drama, ada drama baru yang seru, nih! Angkat latar kepolisian dengan genre komedi romantis, drama Rookie Cops baru saja tayang di layanan streaming Disney+. Drama besutan The Walt Disney Company bekerja sama dengan Studio&NEW itu, akan mengisahkan para mahasiswa di akademi kepolisian.

Tak hanya cerita yang fresh, Rookie Cops juga dibintangi para aktor dan aktris muda berbakat, bahkan menjadi debut akting idol sekaligus solois Kang Daniel. Penasaran apa saja daya tarik drama ini? Berikut fakta-fakta K-Drama Rookie Cops.

1. Ceritakan suka duka di akademi kepolisian

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Salah satu fakta yang menarik dari K-Drama ini adalah mengisahkan persahabatan, cita-cita, kehidupan para mahasiswa hingga percintaan di akademi kepolisian. Cukup jarang yang mengangkat tema ini ke dalam drama, drama sebelumnya yang juga mengangkat tema tersebut adalah Police University.

Rookie Cops merupakan cerita tentang sekelompok mahasiswa baru yang memasuki universitas kepolisian dan bekerja menuju impian mereka. Drama baru ini memiliki kisah lucu dan menyegarkan, dari delapan mahasiswa akademi kepolisian dan kehidupan kampus mereka yang mengasyikkan.

Perjalanan yang tak mudah menjadi mahasiswa akademi kepolisian, tantangan dan kesulitan menjadi yang berintegritas, hingga kisah cinta masa muda, hadir dalam drama Rookie Cops. 

2. Sutradara akan buat penonton flashback masa muda

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Rookie Cops menceritakan masa-masa sekolah dan remaja yang sedang berbunga dan menikmati masa muda. Sang sutradra, Kim Byung Soo, yang juga menyutradari drama He Is Psycometric itu, berjanji membuat penonton flashback ke masa muda dengan benar-benar menangkap kehidupan mahasiswa dengan baik di drama tersebut.

“['Rookie Cops'] berlatar di universitas kepolisian dan berkisah tentang mimpi, cinta, dan persahabatan remaja menjadi satu. Ini adalah drama yang bisa membuat pemirsa yang lebih tua, bernostalgia kembali tentang masa muda mereka. Naskahnya berhasil menangkap kehidupan mahasiswa akhir-akhir ini dengan baik,” ungkap sutradara Kim Byung Soo.

 “Di dalam universitas yang tidak biasa seperti akademi kepolisian, kami menggambarkan kehidupan seperti apa [siswa] hidup dan jenis kelas apa yang mereka ambil. Ini menunjukkan bagaimana para mahasiswa ini berkontribusi pada negara saat mereka menerima beasiswa nasional, tidak seperti mahasiswa pada umumnya. Isinya keprihatinan tentang bagaimana orang-orang birokrasi dan pemuda yang baru mulai belajar tentang kehidupan dapat membawa perubahan bagi dunia. Kami fokus untuk membuat drama yang bisa Anda tonton dengan nyaman tanpa ada penjahat,” tambahnya.

3. Jadi drama debut Kang Daniel

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Fakta lain dari drama ini adalah menjadi drama debut akting Kang Daniel. Center Produce 101 dan Wanna One itu baru saja terjun ke dunia seni peran setelah sebelumnya merupakan idol, solois sekaligus CEO dari agensi miliknya.

Tentu para penggemar sangat menantikan bagaimana kemampuan akting Daniel secara perdana terlebih ia langsung menjadi pemeran utamanya. Dalam drama tersebut, Daniel akan menjadi Wi Seung Hyun, mahasiswa kepolisian yang cerdas, berprestasi, punya rasa keadilan yang kuat, tapi juga pemalu dan sering merengek pada temannya, tapi juga merawat mereka dengan baik. Seung Hyun sendiri bercita-cita menjadi kepala badan polisi.

Siapa yang memeleh lihat Kang Daniel pakai seragam polisi?

4. Dibintangi aktor dan aktris muda berbakat

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Selain Kang Daniel yang baru debut akting, Rookie Cops juga dibintangi sederet aktris dan aktor muda berbakat. Pemeran utama perempuan diperankan oleh Chae Soo Bin, yang sudah memiliki segudang pengalaman berakting di usianya yang masih 27 tahun.

Pemeran lainnya yang bikin kamu makin betah menontonnya adalah Lee Shin Young, yang pernah menjadi salah satu anak buah Kapten Ri di drama Crash Landing on You. Lalu ada juga Park Yoona, Park Seong Jun, Min Dohee, Kim Woo Seok, dan Cheon Young Min.

5. Tiap tokoh punya MBTI sendiri

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Sebelum resmi tayang pada 26 Januari 2022 kemarin, Rookie Cops membagikan beberapa poster teaser mereka. Hal yang paling menarik adalah ketika poster tersebut memperkenalkan MBTI dari ke delapan tokoh utamanya.

Sang tokoh utama Wi Seung Hyun (Kang Daniel) memiliki MBTI “ISTJ” sesuai dengan karakternya yang pemalu, berkharisma, dan memegang teguh integritas. Sementara pembuat onar Go Eun Gang (Chae Soo Bin) memiliki MBTI “ESFP”.

Kim Tak (Lee Shin Young) sahabat Seung Hyun yang juga terbiasa sendirian, ber-MBTI "ISFP". Sementara Ki Han Na (Park Yoo Na) dengan MBTI-nya sebagai “ISTP” akan menambah ketegangan konflik di drama tersebut.  

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Meski begitu, akan ada tokoh-tokoh moodbooster dan ekstrovert lainnya yang membuat cerita semakin lebih berwarna, yaitu Yoo Dae Il (Park Sung Joon) dengan MBTI "ENFP" si social butterfly, Woo Joo Young (Min Dohee) yang suka ‘kepo’ dan berjiwa bebas dengan MBTI-nya sebagai “INFJ”.

Si perencana Seo Beom Joo (Kim Woo Seok) memiliki MBTI "ESTJ", serta satu tokoh lagi, sang ulzzang Shin Ah Ri (Cheon Young Min) yang kekanak-kanakan dan ikut membuat kacau dengan MBTI-nya yaitu "INFP". Adakah yang sama dengamu, Bela?

6. Tayang di 9 negara

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Rookie Cops akan tayang di Disney+ 9 negara, yang termasuk Korea Selatan, Singapura, Prancis, Taiwan, Hong Kong, Jepang, Malaysia, Indonesia, serta Thailand. Episode pertama dan keduanya tayang pada 26 Januari 2022 kemarin.

7. Jadi drama paling banyak dibicarakan bahkan sebelum tayang

Fakta-fakta Drama Korea ‘Rookie Cops’ yang Bikin Wajib Nontoninstagram.com/disneypluskr

Sebelum dirilis, Rookie Cops masuk dalam program TV yang paling banyak dibicarakan  menurut majalah Allure Korea, yang tertulis dalam artikel berjudul "A summary of the most talked about TV programs and issues in 2021".

Itu juga termasuk dalam peringkat YTN (Yonhap Television News) dari lima karya OTT teratas yang paling dinanti untuk paruh pertama tahun 2022. Serta masuk dalam peringkat "30 Upcoming Korean Dramas to Put on Your Watch List in 2022" oleh majalah Tatler Asia.

https://www.youtube.com/embed/-HfaKf3o_-8

Itulah fakta-fakta drama Rookie Cops yang wajib kamu saksikan. Selain lihat visual para pemerannya, ceritanya yang segar bisa membuatmu sedikit ‘berlibur’ dari drama mendebarkan lainnya.

Baca Juga: Ada 'Police University', Ini 11 Drama Korea Terbaik Bertema Kepolisian

Baca Juga: Bikin Gemas! 11 Potret Menggemaskan Kang Daniel Bersama Kucing

Baca Juga: 9 Fakta 'All of Us Are Dead', KDrama Netflix dengan Intensitas Tinggi