Tahun kemarin, 2021 menjadi tahun KDrama. Suksesnya KDrama di kancah internasional, seperti drama Squid Game, menarik banyak pemirsa baru datang untuk jatuh cinta pada Kdrama dan tertarik pada semua hal tentangnya.

Di tahun lalu, sejumlah K-drama yang solid hadir dan menyajikan banyak sekali penampilan luar biasa yang disuguhkan para aktor KDrama. Karakter mereka sampai membuat penggemar terbayang dan susah move on.

Melansir dari Soompi, berikut ada 15 aktor KDrama yang menonjol pada tahun 2021. Daftar ini tidak dalam urutan tertentu dan aktor yang dramanya ditayangkan pada bulan Desember 2021, tidak termasuk dalam daftar.

1. Namgoong Min di 'The Veil'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Dalam drama The Veil, Namgoong Min berperan sebagai Han Ji Hyuk, seorang agen lapangan elit yang dulunya dianggap best of the best di Badan Intelijen Nasional. Untuk mempersiapkan perannya, Namgoong Min berlatih selama berbulan-bulan untuk mendapatkan bentuk tubuh yang terbaik.

Ia menghabiskan sebagian besar hari-harinya di gym dan makan makanan berprotein tinggi. Kerja kerasnya pasti terbayar karena ia mampu menjadi karakternya sepenuhnya, juga menunjukkan beban dan siksaan yang dialami karakternya di masa lalu. Penampilan luar biasa Namgoong Min membuatnya mendapatkan Hadiah Utama (Daesang) di MBC Drama Awards 2021.

2. Lee Do Hyun di 'Youth of May'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Aktor muda Lee Do Hyun juga memiliki bakat yang sudah tidak rahasia lagi. Setelah debut empat tahun lalu, Lee Do Hyun kini sedang dalam perjalanannnya untuk menjadi salah satu aktor terbaik di industri KDrama.

Pada tahun 2021, Lee Do Hyun menghiasi pemirsa dengan penampilannya yang sepenuh hati sebagai Hwang Hee Tae di Youth of May. Atas peran ini, banyak pemirsa terkejut dengan kemampuannya untuk menyampaikan emosi yang begitu menghancurkan hati, dan ia akhirnya memenangkan Top Excellence Award di Penghargaan Drama KBS 2021.

3. Shin Ha Kyun di 'Beyond Evil'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Shin Ha Kyun berperan sebagai Lee Dong Sik, seorang petugas polisi di sebuah kota kecil yang juga merupakan tersangka pembunuhan, dalam drama Beyond Evil. Penampilan spektakuler Shin Ha Kyun membuatnya memenangkan penghargaan Aktor Terbaik di Baeksang Arts Awards ke-57.

Ia begitu sempurna tanpa cacat menyampaikan karakter yang bertentangan dengan begitu banyak lapisan itu. Dia tidak pernah berhenti membuat penonton terkesan dengan kemampuannya untuk benar-benar menjadi karakter Lee Dong Sik. Bahkan mungkin kamu akan merinding hanya dengan melihat tatapan yang diberikan Lee Dong Sik.

4. Lee Jung Jae di 'Squid Game'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Lee Jung Jae adalah legenda dalam dunia hiburan Korea, tetapi baru setahun terakhir ini banyak pemirsa internasional mengenal megastar ini. Lee Jung jae dikenal karena kemampuannya untuk masuk ke dalam karakter dengan begitu baik, apapun karakternya itu.

Begitu juga saat ia menjadi Ki Hoon. Karakter satu ini mungkin tidak disukai tapi juga mampu membuat penonton merasa simpati dengannya. Tentu hal tersebut tidak mudah,  tetapi Lee Jung Jae mampu melakukannya. Dia juga baru-baru ini dinominasikan pada penghargaan Golden Globe untuk Best Performance oleh Aktor dalam Serial Televisi - Drama.

5. Koo Kyo Hwan di 'D.P.'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Ada alasan mengapa Koo Kyo Hwan menjadi terkenal setelah kesuksesan D.P.. Salah satunya adalah bagaimana ia dapat dengan baik memerankan karakternya yang sangat berlawanan dengan sifatnya yang asli di balik layar.

Dalam D.P., ia berperan sebagai anggota karismatik dari regu DP (singkatan dari Deserter Pursuit), di sana, ia sangat percaya diri, kocak dan ramah. Tetapi sebenarnya di luar layar, Koo Kyo Hwan cukup pemalu dan tertutup.

Meskipun demikian, ia menjadi terkenal karena kemampuannya yang luar biasa untuk menampilkan karakter yang menyenangkan yang menunjukkan banyak sisi berbeda, saat ia melacak tentara yang melarikan diri.

6. Kim Seon Ho di 'Hometown Cha-Cha-Cha'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Kim Seon Ho menggemparkan dunia pada tahun 2020 dengan perannya sebagai Han Ji Pyeong di Start-Up. Lalu, tahun kemarin pun ia juga mampu membius penonton dengan dramanya, Hometown Cha-Cha-Cha.

Perannya sebagai pria dengan banyak pekerjaan paruh waktu dan keterampilan, Hong Doo Shik, dalam serial healing itu, mampu memenangkan hati pemirsa dari seluruh dunia. Berakting dengan aktris Shin Min Ah dan mampu memiliki chemistry yang luar biasa dengannya, membuat peran dan akting Seon Ho semakin diakui. Aktingnya yang terampil sekali lagi membuktikan spektrum luas yang membuatnya bersinar dalam peran apa pun!

7. Kim Myung Min di 'Law School'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Banyak orang jatuh cinta dengan drama Law School, karena alur cerita dan misterinya yang menarik. Plot twistnya sangat tidak bisa ditebak dan selalu membuat pemirsa bertanya-tanya apa yang akan terjadi di akhir seri.

Tentunya, keberhasilan Law School tak lepas dari para pemainnya. Aktor legendaris Kim Myung Min yang dikenal agak pilih-pilih dengan peran di drama, mampu membuktikan bahwa pilihannya kali ini memang layak dipilih karena alur cerita dan kemampuan aktingnya. Penampilannya sebagai Yang Jong Hoon yang dingin tapi sangat cerdas tak terlupakan.

8. Lee Je Hoon di 'Taxi Driver' dan 'Move To Heaven'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

2021 adalah tahun Lee Je Hoon! Setuju, nggak, Bela? Nyatanya, ia tampil mengesankan sebagai supir taksi yang memerangi kejahatan, dan juga menyentuh hati dengan perannya sebagai mantan penjahat dan pejuang, Cho Sang Gu dalam Move to Heaven.

Fleksibilitas yang dia tunjukkan melalui masing-masing peran ini sangat mengesankan sehingga hampir tidak mungkin untuk memilih di antara kedua peran ikonik ini. Perannya sebagai Kim Do Gi dalam Taxi Driver sangat kompleks, karena ia menggambarkan beberapa penyamaran yang berbeda sebagai untuk membalas dendam para penumpangnya. Lalu perannya sebagai Cho Sang Gu cukup untuk membuat kamu menangis di setiap episode, saat ia membangkitkan simpati melalui karakternya itu.

9. Cha Seung Won di 'One Ordinary Day'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Cha Seung Won memerankan Shin Joong Han dalam film thriller kriminal One Ordinary Day. Ia membuat duo yang cukup mengesankan dengan Kim Soo Hyun karena mereka berdua melebihi harapan dalam peran masing-masing.

Shin Joong Han adalah pengacara kelas tiga yang mengambil kasus Kim Hyun Soo (Kim Soo Hyun), di mana Kim Hyun Soo menjadi tersangka pembunuhan. Joong Han bukanlah pengacara yang paling cerdas atau terkenal dan banyak yang menertawakan kemampuannya. Tetapi, kesediaan dan semangatnya untuk membantu Hyun Soo mendorongnya untuk meraih kesempatan itu.

Peran ini benar-benar menandai pertumbuhan lebih lanjut Cha Seung Won sebagai seorang aktor. Kemampuannya untuk menggambarkan karakter yang menyendiri dan rentan ini adalah sisi Cha Seung Won yang lebih dewasa dan menarik. Tentunya bisa membuatmu  menantikan untuk melihatnya dalam drama lainnya.

10. Lee Junho di 'The Red Sleeve'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Ayo, siapa yang masih ter-Junho-Junho? Tentu man of the season ini tak akan bisa terlupakan. Lee Junho 2PM menduduki puncak brand reputation di atas semua aktor lain di musim dingin ini.

Junho mampu melampaui ekspektasi melalui perannya sebagai putra mahkota Yi San di The Red Sleeve. Drama tersebut juga menjadi seri pertamanya setelah keluar dari militer. Para pemirsa tidak bisa menahan diri untuk tidak mengagumi dialog romantisnya, gerak tubuh yang manis dan tatapan penuh kasih terhadap Deok Im (Lee Se Young).

11. Uhm Ki Joon di 'The Penthouse 2' dan 'The Penthouse 3'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Villain di musim kedua dan ketiga The Penthouse, Uhm Ki Joon alias Joo Dan Tae, tak akan terlupakan. Karakter penjahat yang paling aneh sepanjang masa ini, membuat nama Uhm Ki Joon semakin banyak diperbincangkan karena bakat aktingnya yang mengagumkan.

Joo Dan Tae secara emosional dan fisik melecehkan keluarganya, bersedia membunuh untuk menyelamatkan dirinya sendiri, tidak memiliki penyesalan dan lebih suka melihat orang lain menderita sebelum harga dirinya direndahkan. Uhm Ki Joon mampu menggambarkan semua karakteristik ini dengan sempurna. Jika seorang aktor bisa membuatmu sangat membenci karakternya, maka dia telah berhasil!

12. Lee Seung Gi di 'Mouse'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Mouse adalah drama Korea thriller psikologis yang juga mengejutkan penonton di tahun 2021. Tidak hanya jalan cerita yang dikemas dengan liku-liku, tetapi karakter bermuka dua dari Jung Ba Reum yang diperankan Lee Seung Gi juga patut diperhatikan.

Ini adalah peran pertama Lee Seung Gi sebagai penjahat psikopat, dan dia berhasil memerankannya, serta menerima banyak pujian dari masyarakat umum. Dualitas di mana dia mampu menggambarkan karakter yang kontras seperti itu sangat mengerikan. Tapi tak sedikit juga yang berharap ia bisa mengambil peran serupa di masa depan.

13. Song Joong Ki di 'Vincenzo'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Berbicara tentang drama 2021, tak afdol jika tak menyertakan Vincenzo. Hanya dengan membaca namanya saja, kita pasti tahu cara melafalkannya, Vincenzo Cassano dengan wajah imut sekaligus karismatik dari Song Joong Ki.

Vincenzo Cassano merupakan seorang pengacara Italia dan petugas mafia yang pindah kembali ke Korea untuk menyelesaikan konflik yang melibatkan banyak batangan emas. Song Joong ki dengan sangat menonjol mampu membuat karakter satu ini sangat hidup, bahkan chemistrynya dengan Jeon Yeo Been pun mampu membuat baper penonoton.

Serial yang dark tapi juga lucu, menampilkan sisi kekerasan Vincenzo serta sisi perhatiannya, terutama ketika menyangkut Hong Cha Young (Jeon Yeo Been). Song Joong Ki selalu tampil dengan perannya, dan perannya sebagai Vincenzo tahun lalu menunjukkan kepada pemirsa sekali lagi mengapa dia dianggap sebagai salah satu aktor terbaik di industri ini.

14. Ji Sung dalam 'The Devil Judge'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Dalam The Devil Judge, Ji Sung berperan sebagai Kang Yo Han, seorang hakim khusus yang bekerja di Korea distopia imajiner. Misteri terbesar dalam serial ini adalah apakah Kang Yo Han adalah pahlawan atau iblis, peran yang dengan mudahnya dibawakan oleh Ji Sung.

Ji Sung sendiri sudah tak asing lagi dengan peran yang melibatkan kepribadian ganda, jadi dalam drama ini pun, dia terlihat amat natural. Karisma dan ketenangan yang ia hadirkan, membuatnya menjadi salah satu yang terbaik tahun lalu, dan drama ini juga menunjukkan kemampuan aktingnya sebagai aktor veteran.

15. Jo Jung Suk di 'Hospital Playlist 2'

Buat Susah Move On, Ini 15 Aktor KDrama yang Bersinar di Tahun 2021soompi.com

Jo Jung Suk kembali di Musim 2 Hospital Playlist, sebagai Ik Joon yang menyenangkan dan ramah. Karakter Ik Joon sendiri menjadi salah satu karakter yang dinanti, baik kehadirannya maupun kelanjutan kisah cintanya.

Ia selalu menjadi mood booster bagi keempat temannya, yang telah dekat sejak sekolah kedokteran dan semuanya akhirnya bekerja di rumah sakit yang sama. Ia juga tampaknya menjadi perekat yang membuat grup tetap bersama.

Karakternya yang memiliki hati yang besar dan hubungan yang menggemaskan dengan putra kecilnya, selalu menjadi favorit penonton. Bahkan, perannya tampak terlalu alami bagi Jo Jung Suk, karena kelakuannya pun tak berbeda di balik layar, yang selalu membawa kehangatan. Tentu kita akan selalu berharap bisa melihatnya di drama lain atau ada keajaiban untuk musim selanjutnya dari Hospital Playlist.

Itulah 15 aktor KDrama yang bersinar dan mengesankan dengan peran-perannya di tahun 2021. Semoga mereka bisa menyapa para penggemar lagi, ya, dengan drama yang lebih luar biasa di tahun ini.

Baca Juga: Penuh Karisma, 8 Aktor Korea Tampan dengan Peran Dokter di Drama Korea

Baca Juga: Bakat Keren 7 Aktor Korea yang Sedang Naik Daun Ini Bikin Kamu Ngefans

Baca Juga: Siap Lepas Rindu, 9 Idol ini Selesai Wamil Tahun 2022