Nama Choi Woo Shik kembali bersinar dan hangat diperbincangkan selagi drama Korea Our Beloved Summer tayang. Baik Choi Woo Shik maupun Our Beloved Summer telah menarik banyak perhatian warganet. Mereka tak sabar menanti kelanjutan kisah cinta Yeon Su dan Choi Woong.

Beralih ke pemerannya, Choi Woo Shik, merupakan aktor yang sudah lama berjalan di dunia hiburan Korea Selatan sejak debutnya pada 2011 silam dan kini sudah satu dekade menjadi seorang aktor. Sepanjang perjalanannya, namanya meroket sejak perannya dalam film pemenang piala Oscar, Parasite.

Penasaran dengan aktor satu ini? Berikut 10 fakta Choi Woo Shik, aktor Our Beloved Summer.

1. Merupakan aktor Korea-Kanada

9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejitinstagram.com/dntlrdl

Choi Woo Shik merupakan aktor Korea-Kanada. Ia lahir di Seoul, Korea Selatan pada 26 Maret 1990, namun berwarganegaraan Kanada. Saat duduk di kelas lima, ia bermigrasi ke Vancouver, Kanada bersama keluarganya. Mereka hidup di sana selama sepuluh tahun.

Dia bersekolah di sekolah menengah di Pinetree Secondary School. Nama Inggrisnya adalah Edward dengan nama panggilan Eddie. Pada tahun 2011, saat berada di tahun pertamanya di Universitas Simon Fraser, ia menghadiri audisi akting di Korea dan memulai debut aktingnya.  

Ketika berada di Korea, Choi mendaftar di Universitas Chung-Ang, salah satu universitas terkenal di Korea Selatan dan di sana ia mengambil jurusan Cultural Studies.

2. Mulai debut akting di usia 21 tahun

9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejitinstagram.com/dntlrdl

Di tahun 2011 tersebut, aktor yang saat itu berusia 21 tahun itu, memulai debut aktingnya dalam drama kolosal The Duo, sebagai Gwi-dong muda, yang tertukar saat lahir. Awalnya ia tidak mendapat persetujuan orangtuanya untuk berangkat ke Korea dan menghadiri casting, namun akhirnya ia berhasil meyakinkan orangtuanya.

3. Peran utama pertamanya membawanya memenangkan penghargaan

https://www.youtube.com/embed/IIjftbPkg8E

Setelah debut aktingnya itu, banyak drama dan film yang mulai silih ganti berdatangan dalam karier Choi Woo Shik. Hingga akhirnya ia dipilih menjadi pemeran utama dalam film Set Me Free.

Penggambaran kuat Woo Shik tentang karakternya sebagai remaja bermasalah itu, menarik perhatian publik yang membawanya pada sederet penghargaan sebagai Best Actor hingga Actor of The Year. Kini, ia telah membintangi belasan judul film dan drama.

Beberapa drama dan filmnya yang terkenal adalah Rooftop Prince, The Boy Next Door, The Witch Part 1. The Subversion bersama Kim Da mi, yang kemudian mereka bertemu lagi di Our Beloved Summer. Rentetan film dan dramanya termasuk Train to Busan, Parasite, Okja, Time to Hunt, The Divine Fury dan masih banyak lagi.

4. Go internasional dengan Train to Busan

9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejitchannel-korea.com

Dalam film blockbuster global 2016, Train To Busan, Choi Woo Shik memamerkan kemampuan aktingnya sebagai pemain bisbol sekolah menengah yang berjuang untuk bertahan hidup melawan kerumunan zombie.

Film ini juga yang membawanya untuk go internasional. Setahun setelahnya, ia muncul di film Okja bersama aktor dan aktris Hollywood, Tilda Swinton, Jake Gyllenhaal dan Lily Collins.

5. Sudah dilirik sutradara Bong Joon Ho untuk film Parasite

9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejittwitter.com/worldofday6

Choi Woo Shik pertama kali bekerja dengan sutradara Bong Joon Ho di film Okja. Lalu sang sutradara menyuruhnya untuk "tetap kurus", permintaan aneh ini datang tanpa adanya penjelasan lebih lanjut. Sampai empat bulan kemudian, diketahui bahwa sutradara Bong Joon Ho sedang menulis naskah Parasite dan berpikir bahwa Woo Shik bisa memainkan peran Ki-woo dengan sempurna.

6. Isi soundtrack film dan dramanya

https://www.youtube.com/embed/kPBDI_k-tT0

Tahukah kamu, Choi Woo Shik juga jadi penyanyi untuk kredit akhir Parasite? Lagu berjudul "Soju One Glass" itu juga ditulis oleh Bong Joon Ho dan masuk shortlisted di Oscar. Namun, ternyata, tak hanya di film Parasite saja ia mengisi soundtrack.

Di serialnya yand berjudul The Boy Next Door bersama Jang Ki yong, ia juga bernyanyi untuk lagu "Some Guys". Lalu baru-baru ini, di tahun 2021, ia mulai merilis lagu ballad bersama sahabatnya, Peakboy yang berjudul “Boom”.

7. Vokal tentang pentingnya kesehatan mental

9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejittwitter.com/kdramacheese

Choi Woo Sik juga menjadi aktor yang vokal dan peduli pentingnya kesehatan mental. Selama wawancara dengan Vogue Korea, ia menyarakan untuk “Pertimbangkan kesehatan mental Anda daripada fisik Anda”.

Ia memberikan tips untuk berlatih meditasi dan perhatian penuh, dia berbagi bahwa berkonsentrasi membantu mengurangi insomnianya. Tip praktis lainnya yang dibagikan adalah “Saat stres, saya menyetir atau jalan-jalan. Goseong di Gangwon-do, Hawaii, dan Bali adalah tujuan wisata favorit saya. Kebanyakan memang laut, saya juga suka gunung, tetapi hari ini saya tertarik pada laut."

8. Salah satu Wooga Squad

Ada banyak squad atau geng di lingkaran dunia hiburan Korea, salah satunya yang terkenal adalah Wooga Squad, yang terdiri dari Park Seo Joon, V BTS, Park Hyung Sik, Peakboy dan Choi Woo Shik. Mereka kerap kali membagikan foto bersama di media sosial masing-masing.

Pada fan meeting Choi Woo Shik kbeberapa waktu lalu, yang sekaligus perayaan debutnya ke 10 tahun, Wooga Squad juga hadir untuk mendukung Choi Woo Shik dan membuat kenangan yang sangat memanjakan para penggemar.

9. Kembali reuni dengan Kim Da mi di Our Beloved Summer

9 Fakta Choi Woo Shik, Aktor ‘Our Beloved Summer’ yang Sedang Melejitinstagram.com/dntlrdl

Choi Woo Shik dan Kim Dami pernah sama-sama membintangi film The Witch: Part 1. The Subversion. Jika sebelumnya mereka adalah tokoh yang berseberangan, kini keduanya digabungkan dalam drama komedi romantis, Our Beloved Summer, sebagai sepasang mantan kekasih yang harus bersama lagi.

Chemistry apik keduanya membuat penonton berharap keduanya juga bisa bersama di dunia nyata. Meski begitu, warganet selalu mendoakan yang terbaik untuk Choi Woo Shik maupun Kim Dami dan senang mereka bisa berada dalam satu proyek lagi.

Itulah 9 fakta Choi Woo Shik, aktor Our Beloved Summer yang sedang melejit.

Baca Juga: Ada Wooga Squad, ini 8 Keseruan di Fan Meeting Choi Woo Shik

Baca Juga: 7 Film Choi Woo Shik yang Perlu Kamu Tonton di Layar Kaca

Baca Juga: Begini Gaya Modis Kim Da Mi, 'Pasangan Baru' Choi Woo Shik