Pada Minggu (17/4/2022) kemarin, secara mengejutkan girl group 2NE1 tampil di atas panggung Coachella. Girl group K-pop generasi 2 yang sangat populer ini berhasil mengobati rindu penggemar yang disapa Blackjack dengan penampilan mereka, “I’m The Best”, sekaligus menunjukkan bahwa mereka masih yang terbaik.

Awalnya, CL mendapat kesempatan untuk tampil di panggung Coachella 2022, Amerika Serikat pada Sabtu (16/4/2022) waktu setempat. Dii tengah pertunjukkan, CL datang mengguncang panggung membawa serta rekan segrupnya untuk kembali membawa lagu andalan mereka.

Hal ini menjadi perbincangan hangat di media sosial, termasuk teman seperjuangan 2NE1, T.O.P BIGBANG yang juga turut mendukung mereka. Sayangnya, unggahan T.O.P malah kena protes dan ujaran kebencian dari warganet penggemar BLACKPINK, BLINK. 

Lantas, hal apa yang bisa menyebabkan protes keras BLINK,? Apakah ini menjadi harapan bahwa akan adanya comeback mendatang dari 2NE1, atau mereka akan tetap disband seperti yang telah dikonfirmasi pada 2016 lalu? Berikut infromasi seputar tampilnya 2NE1 di Coachella beserta karier mereka.

Girl group populer di generasi 2

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKibtimes.co.in

Punya visual yang menawan, warna suara yang khas, serta gaya yang nyentrik dan unik, membuat penggemar K-pop terutama generasi 2 tak pernah lupa dan pasti mengenal dengan 2NE1 walau bukan bagian dari klub penggemar.

2NE1 debut pada 2009 silam dengan lagu mereka “Fire” yang beranggotakan 4 orang, yaitu CL, Minzy, Park Bom, dan Sandara. Sejak debutnya, mereka tak berhenti menghasilkan karya luar biasa yang populer, seperti "I Don't Care", "Go Away", "Lonely" dan "I Am the Best".

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKfemaleonklik.com

Selama menjadi sebuah grup, 2NE1 terkenal atas "gayanya yang unik dan tak biasa". Selama debut mereka, grup ini dikenal dengan genre hip-hop dan dianggap sebagai versi perempuan dari Big Bang, namun mereka mengubah persepsi tersebut dengan "I Don't Care" dan muncul sebagai girl group yang lebih feminin.

Tak jarang mereka menggunakan konsep pakaian bergaya gotik dan serba hitam, dilengkapi dengan wig dan tatanan rambut yang aneh. Namun, itulah ciri khas mereka yang merebut banyak hati penggemar hingga saat ini.

Fokus kegiatan individu dan disband

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKtwitter.com/88rising

2015 menjadi tahun para member 2NE1 fokus dan mengeksplorasi kegiatan individu mereka. Kontrak mereka pun habis pada 2016 lalu setelah 7 tahun bersama, dan sayangnya, sang maknae Minzy menjadi yang pertama kali dinyatakan tidak memperpanjang kontrak dan keluar grup.

Pada 25 November 2016, YG Entertainment mengumumkan bahwa 2NE1 resmi bubar. YG juga mengungkapkan bahwa CL dan Sandara telah menandatangani kontrak baru sebagai artis solo, sementara Park Bom tidak memperbarui kontraknya dan dinyatakan keluar dari perusahaan.

Selanjutnya, mereka pun berkarier individu di jalan dan agensi baru mereka masing-masing. Meski begitu, keempatnya tetap menjalin hubungan yang baik dan tak jarang terlihat menikmati waktu bersama dan saling mendukung.

6 tahun disband, 2NE1 obati penggemar di panggung Coachella

Setelah 6 tahun disband dan tak pernah lagi muncul menjadi sebuah grup, terakhir penampilan grup mereka pada MAMA 2015. Di tahun ini, sang leader, CL mendapat kesempatan masuk di line-up atau pengisi acara, di Coachella 2022, festival musik besar di Amerika Serikat.

CL sendiri diketahui memang mengembangkan karier solonya di Amerika dengan masuk agensi musik 88rising. Setelah membawakan single-nya, musik dan tata panggung beralih, intro “I’m The Best” terdengar.

Penggemar semakin histeris saat nampak keempat siluet dan ternyata CL membawa serta ketiga rekan grupnya, Minzy, Sandara, dan Park Bom untuk tampil di atas panggung. Penampilan mengejutkan yang mengguncang Coachella itu tak berhenti trending di berbagai meida sosial.

Pertanda akan segera comeback?

Meski sudah bubar, mengutip dari Soompi, mereka sering berbicara tentang keinginan untuk bersatu kembali dan membuat musik baru bersama di beberapa titik di masa depan. Reuni Coachella ini diharapkan penggemar bisa menjadi titik mereka untuk bisa berkarya lagi bersama.

Belum lagi, penampilan mereka kali ini dianggap menjadi yang terbaik. Seorang warganet mencuit, bahwa mereka mereproduksi masa kejayaan yang disebut sebagai girl group K-pop terbaik dengan penampilan terbaik [di Coachella]. Kita tunggu saja, ya, Bela kabar baik dari 2NE1.

Kontroversi mencuat usai T.O.P BINGBANG unggah foto 2NE1 dan BLACKPINK

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKallkpop.com

Sedang dalam keadaan senang karena reuninya 2NE1, sayangnya ada sebuah kontroversi yang ramai di Twitter hingga “RESPECT BLACKPINK” trending. Ini berawal dari unggahan member BINGBANG, T.O.P, yang membagikan Instastory berupa potongan artikel yang mengatakan bahwa 2NE1 ikuti jejak BLACKPINK menjadi girl group K-pop yang tampil di Coachella, dengan foto kedua grup.

Namun, sayangnya tulisan tagar BLACKPINK disensor oleh T.O.P. Ini memicu kemarahan penggemar BLACKPINK yang menyayangkan tindakan T.O.P tersebut. Beberapa lainnya tidak habis pikir dan ada juga yang memaklumi karena semua anggota 2NE1 dan T.O.P sendiri sudah keluar dari YG dan unggahan tersebut hanya ingin memfokuskan pada 2NE1.

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKtwitter.com/BLINKmf

Namun, mereka sangat kecewa dan berpendapat mengapa T.O.P tak mencari sumber lain yang hanya menampilkan 2NE1 jika ingin mendukung dan memfokuskan mereka di unggahannya. Meski sudah bukan bagian dari YG, penggemar berharap T.O.P tetap menghargai idol mana pun terlebih dari mantan agensinya sendiri.

Karena hal itu, “RESPECT BLACKPINK” trending dan banyak yang mempertanyakan kekompakan dari para artis YG atau yang sering disebut YG Family. Beberapa warganet dan fanbase di Twitter mengatakan bahwa mereka hanya iri dengan kesuksesan BLACKPINK.

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKallkpop.com
2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKallkpop.com

Melansir dari Allkpop, T.O.P sendiri sudah biasa mengaburkan nama artis YG Entertainment, dan penggemar TOP pun tak heran lagi karena idol satu ini telah menjauhkan diri dari mengunggah berita terkait tentang YG Entertainment atau artis mereka selama bertahun-tahun sekarang.

Artis YG Entertainment juga telah menghindari unggahan tentang T.O.P, terutama BLACKPINK, karena mereka tidak pernah mengunggah apa pun tentang comeback terakhir BIGBANG, tidak seperti artis dan pekerja YGE lainnya.

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKallkpop.com
2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKallkpop.com

Karena hal ini pula, banyak komentar kasar dan penuh kebencian memenuhi kolom komentar T.O.P, bahkan hingga menyeret BIGBANG dan anggota lainnya. Akibatnya, T.O.P menghapus unggahan tersebut, namun berbagai umpatan kasar masih menjadi trending Twitter, seperti #bigbangdisband #bigbangflop dan 'FVCK YG FAMILY.'

2NE1 Reuni di Coachella, T.O.P 'BIGBANG' Malah Kena Protes BLINKallkpop.com

Itulah berita dari reuni 2NE1 yang juga mlaah memantik protes keras penggemar BLACKPINK terhadap T.O.P BIGBANG. Semoga akan ada kabar baik dari 2NE1 maupun semua yang terlibat, ya!

Baca Juga: Hengkang dari 2NE1, Keputusan Minzy Kong Sudah Diprediksi oleh Netizen?

Baca Juga: BIGBANG Comeback Dengan "Still Life", Ini Fakta-Faktanya

Baca Juga: 5 Fakta Ikonik yang Bikin Kamu Penasaran dengan Coachella