Sekolah menjadi tempat seseorang untuk mengeyam pendidikan. Itulah mengapa setiap sekolah harusnya memiliki sistem pendidikan maupun fasilitas yang dapat membantu dan mempermudah proses pembelajaran. Tak jarang pula ada sekolah-sekolah mengadopsi sistem pendidikan di sekolah luar negeri, dan itulah mengapa sekolah berstandar internasional banyak didirikan. Biasanya sekolah-sekolah tersebut memiliki fasilitas cukup memadai, bahkan bisa dikategorikan cukup mewah.

Tak hanya di luar negeri saja, di Indonesia kamu juga bisa menemukan sekolah-sekolah yang memiliki fasilitas super mewah dan modern, dan tentunya dengan sistem pendidikan yang juga memadai, serta memerlukan biaya yang nggak sedikit. Bahkan tak jarang, alumni-alumni dari lulusan sekolah tersebut berhasil mencetak prestasi nasional maupun internasional. Dari pada penasaran, kali ini Popbela rangkumkan untuk kamu 10 sekolah termewah dan termahal yang ada di Indonesia. simak terus, ya!

1. Bina Nusantara International school (Binus school)

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiaserpong.binus.sch.id

Memiliki 4 cabang yang tersebar di Jakarta, Bekasi, Tangerang, dan Semarang. Bina Nusantara International School atau biasa kita kenal dengan Binus School, mengadopsi dua program pendidikan internasional, yakni IB Word School yang diterapkan di Binus Simprug, dan Cambridge Internasional School di ketiga cabang lainnya. 

Menyediakan seluruh program jenjang pendidikan mulai dari pre-school hingga high-school dengan fasilitas–fasilitas berstandar internasional, tentunya membutuhkan biaya yang tidak murah. Minimal kamu harus menyiapkan uang pendaftaran sebesar Rp800 ribu dengan SPP sekitar Rp10 juta perbulan. Jangan lupakan uang masuk pertama di Binus School, yang besarannya lebih dari Rp100 juta.

2. Alexandria Islamic School

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiapromediateknologi.com

Sempat viral di Tiktok beberapa tahun yang lalu, membuat Alexandria Islamic School cukup mendapatkan perhatian. Sebuah istana, mungkin menjadi keesan pertama ketika kita melihat gedung Alexandria Islamic School. Dengan desain layaknya istana menyerupai bangunan khas Eropa dengan pilar-pilar kokoh, dengan dominasi cat putih dan emas ini, merupakan salah satu sekolah yang masuk ke dalam jajaran sekolah termewah dan termahal di Indonesia. 

Terletak di Bekasi Timur, Alexandria Islamic School adalah sekolah yang menerapkan konsep pendidikan boarding dan full-day. Menggunakan kurikulum Indonesia, namun hebatnya di sekolah ini juga ada program lima bahasa; yakni Bahasa Arab, Bahasa Inggris, Bahasa Jepang, Bahasa Jerman, dan Bahasa Prancis.

Untuk biaya bagi siswa full-day, mereka akan harus membayar uang SPP sebesar Rp2 juta per bulan ditambah Rp500 ribu untuk uang makan siang (opsional). Sementara untuk siswa boarding (asrama) mereka perlu membayar biaya sebesar Rp5 juta per bulan. Besaran biaya tersebut sudah mencakup seluruh fasilitas sekolah. Sedangkan biaya masuk sekolah tersebut adalah berkisar Rp30 juta.

3. International Islamic High school (IHSG)

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiainstagram.com/iiss_iihs

IIHS hadir sebagai sekolah Islam Internasional dengan konsep Boarding Intermoda, yang menyelenggarakan pendidikan berformat lengkap dengan asrama serta fasilitas lainnya. Berada tepat di jantung kota Jakarta, tepatnya di sebuah gedung bernama Palma One building. Kurikulum IIHS berdasarkan Alquran dan Sunah Rasulullah SAW, didukung dengan Tahsin dan Tahfiz Program, juga terdapat program pertukaran pelajar ke luar negeri.

Selain Smart Class dan perpustakan, IIHS juga menyediakan berbagai fasilitas penunjang; seperti aula yang megah, kolam renang, lapangan olahraga yang luas, auditorium, kantin, jogging track, dining room, dan beberapa fasilitas penunjang lainnya. 

Untuk masuk ke sekolah ini kamu harus membayar uang awalnya total Rp69 juta yang terdiri dari uang masuk, seragam, kesehatan, dan uang bulanan 4 bulan pertama. Sedangkan perkiraan biaya total selama sekolah di IIHS bisa mencapai Rp270 juta, belum termasuk biaya program ke luar negeri yang bisa mencapai US$1500.

4. British International School (British School Jakarta)

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiainternational-schools-database.com

Mikhayla, anak dari Nia Ramadhani dan Ardi Bakrie adalah salah satu anak artis yang bersekolah di British School Jakarta (BSJ). BSJ sendiri merupakan sekolah independen dan menjadi sekolah internasional yang populer di Indonesia. Sekolah ini terletak di Jl. Jombang Raya, Parigi, Kec. Pd. Aren, Kota Tangerang Selatan.

Didirikan di Jakarta pada tahun 1973,sekolah ini merupakan anggota internasional dari Headmasters’ and Headmistresses’ Conference ( HMC ) yang masih di bawah perlindungan kedutaan besar Inggris.

Kamu perlu menyiapkan biaya pendaftaran sebesar Rp4 juta. Jika diterima, wajib membayar uang jaminan sebesar Rp30 juta untuk siswa baru di kelas 12 dan 13, juga wajib membayar uang pendaftaran (untuk program International Baccalaureate – IB) sebesar Rp30 juta.

Dengan uang yang cukup besar tersebut, kamu sudah bisa mendapatkan akses fasilitas seperti gedung olahraga indoor, ruang gym, kegiatan bola dan tenis, desain & teknologi, tata boga, kesenian & tata busana, teater, seni pertunjukan, perpustakaan, hingga kolam renang dengan standar Olimpiade.

5. Pelita Harapan school

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesianewsweek.com

Sama seperti British School Jakarta, di sekolah Pelita Harapan School juga menerapkan program International Baccalaureate. Sekolah Pelita Harapan yang terletak kawasan Komplek Lippo Cikarang-Bekasi pun masuk ke dalam jajaran sekolah termahal dan termewah di Indonesia, dilengkapi dengan sistem pendidikan internasional juga fasilitas yang mewah dan memadai. Kamu harus menyiapkan kocek sebesar Rp70 juta sampai Rp360 juta untuk biaya per tahun di Pelita Harapan School.

6. ACG School Jakarta (Academic Colleges Group)

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiaedu2review.id

Mengadopsi sistem pendidikan Selandia Baru, sekolah yang berdiri sejak tahun 2004 ini mewajibkan para siswanya untuk menggunakan bahasa Inggris. ACG School Jakarta seperti layaknya sekolah internasional, juga menyediakan fasilitas-fasiltas penunjung kebutuhan pemberlajaran, seperti kolam renang, laboratorium, lapangan standar internasional, serta perpustakaan yang nyaman. 

Untuk bersekolah di ACG School Jakarta, dibutuhkan biaya kurang lebih sebesar Rp300 juta untuk masing-masing siswa per tahunnya, lho, Bela. 

7. SMA Ciputra Surabaya

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiasekolahciputra.sch.id

Menyusul Universitas Ciputra yang masuk ke kategori kampus termahal dan termewah, SMA Ciputra Surabaya juga termasuk sekolah yang mahal dan mewah, nih. Jika kebanyakan sekolah berada di Jakarta kali ini terletak di Kota Surabaya. 

Mengadopsi program pendidikan International Baccalaureate, membuat sekolah ini tidak mewajibkan para siswanya untuk mengikuti ujian nasional. Pastikan pula ketika ingin bersekolah di sini, kamu harus sudah fasih berbahasa Inggris dengan minimal memiliki skor TOEFL sebesar 500 poin. Selain itu, biaya yang dikeluarkan juga cukup besar, yakni Rp40 juta untuk uang masuk, Rp4 juta untuk biaya SPP bulanan, dan biaya itu tidak termasuk biaya seragam, buku, serta kebutuhan lainnya, ya.  

8. Global Jaya international school

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiainstagram.com/gjs_societ

Berlokasi di Tangerang Selatan, Global Jaya International School masuk ke jajaran sekolah elit dengan biaya sekolah yang fantastis. Sekolah ini menawarkan tiga program IB: Program Tahun Dasar (PYP), Program Tahun Menengah (MYP), dan Program Diploma IB (DP). Mengutamakan para siswanya untuk lebih aktif dalam program pembelajaran yang mereka sukai, guru di sekolah ini hanya bertugas sebagai fasilitator.

Sama halnya seperti sekolah internasional, di sekolah ini juga banyak mendatangkan guru-guru dari berbagai negara, dan tentunya kamu harus bisa berbahasa Inggris di sekolah ini. Untuk bisa menempuh pendidikan di Global Jaya International School, kamu harus mengerukan biaya sebesar Rp15 juta untuk biaya masuk, serta SPP bulanan sebesar Rp5 juta, ya, Bela.

9. SMA Dwiwarna Islamic Boarding School

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiadkijakarta.co

SMA Dwiwarna (Boarding School) berawal dari pengajian keluarga, ibunda mantan menteri, Prof. Dr. H. Ginandjar Kartasasmita yang kemudian membentuk yayasan bernama Yayasan Pendidikan Islam Dwiwarna. SMA Dwiwarna merupakan sekolah asrama yang menjadi sekolah terfavorit dan juga masuk ke dalam jajaran sekolah termahal di Indonesia. SMA Dwiwarna ini terletak di Bogor ini menggunakan kurikulum Cambridge. 

Adapun fasilitas yang ditawarkan, yakni laboratorium fisika, kimia, biologi dan bahasa.
Ruang kelas dijamin nyaman, dengan AC dan berbagai penunjang pelajaran seperti smart board, wi-fi dan proyektor.

Berbagai fasilitas olahraga yang tersedia di sini antara lain lapangan basket, lapangan futsal, kolam renang, hingga kamar asrama yang nyaman dilengkapi dengan tempat tidur, lemari, meja belajar, AC dan wi-fi. Sistem keamanan selama 24 jam setiap hari juga lengkap dengan pantauan CCTV.

Biaya yang dikeluarkan untuk mendapatkan kurikulum internasional serta fasillitas penunjang pelanjaran di SMA ini, berkisar Rp70 juta per tahun, dengan uang SPP sebesar Rp6,5 juta per bulannya.

10. SMA Terpadu Krida Nusantara

Taraf Internasional, Intip 10 Sekolah Termahal & Termewah di Indonesiatni.mil.id

Berbeda dari kesembilan sekolah di atas yang merupakan sekolah dengan kurikulum berbasis internasional. SMA Terpadu Krida Nusantara merupakan sekolah berasrama dengan pendidikan semi-militer. Terletak di Jawa Barat, sekolah ini menjadi favorit apalagi untuk mereka yang ingin terjun ke dunia tentara. 

Mengusung konsep moving class, para siswa dapat dengan leluasa memilih kelas seperti yang mereka suka. Dengan pendidikan semi-militer ini menghasilkan siswa-siswi yang tegas dan disiplin layaknya tentara. 

Untuk mengeyam pendidikan semi-militer di sekolah ini, kamu harus mengeluarkan uang kurang lebih Rp30 juta untuk pendaftaran, dengan uang SPP sebesar Rp3 juta per bulannya.

Itulah deretan 10 sekolah termahal dan termewah di Indonesia. Namun, harga yang ditawarkan memang sebanding dengan fasilitas dan kurikulum pembelajaran sekolah-sekolah tersebut.  Kalau diberikan kesempatan untuk mengenyam pendidikan di antara 10 sekolah di atas, mana yang akan kamu pilih, Bela?

Baca Juga: Tak Lazim, Intip 8 Sekolah Terunik yang Ada di Dunia

Baca Juga: 10 Daftar Kasus Penembakan Sekolah Paling Tragis di Amerika Serikat

Baca Juga: 10 Universitas Negeri Islam Terbaik di Indonesia 2021, Cepat Daftar!