Bekerja di perusahaan besar biasanya kita sering bertemu dengan teman-teman kerja dan atasan yang lebih senior baik dari segi usia dan pengalaman. Perbedaan generasi antara kamu dan mereka nggak hanya mempengaruhi cara berpikir dan kinerja kalian, tapi juga tentang bagaimana kalian membangun hubungan baik. Biar nggak canggung, simak nih beberapa tips untuk kamu yang ingin akrab dengan mereka.

1. Generasi Baby Boomers (kelahiran 1945-1965)

Mau Akrab dengan Teman Kerja Beda Generasi? Ikuti 3 Cara Efektif Inibustle.com

Mereka telah menghabiskan banyak waktu untuk karier mereka, maka dari itu kamu perlu mengetahui keahliannya dan biarkan mereka mengutarakan pendapat. Selama sekian tahun, mereka bekerja nggak menggunakan teknologi canggih dan media sosial seperti kamu sehingga mereka lebih teliti dalam menulis dokumen dan mengandalkan data.

Pastikan kamu meluangkan waktu untuk mengecek berkas sebelum dikirim dan bicara berdasarkan fakta. Hormati juga batasan yang mereka buat karena nggak semua orang dalam generasi ini bisa berbaur dan terbuka terhadap teman kerja yang lebih muda.

2. Generasi X (kelahiran 1965-1980)

Mau Akrab dengan Teman Kerja Beda Generasi? Ikuti 3 Cara Efektif Iniaceshowbiz.com

Generasi ini tumbuh ketika isu-isu seperti skandal perusahaan atau masalah di pemerintahan sedang marak terjadi sehingga mereka cenderung berpikir skeptis. Mereka memiliki etika kerja dan sifat yang mandiri. Jika ingin meminta masukan dari mereka, siapkan mental kamu karena mereka akan mengutarakan semuanya.

Mereka kurang menyukai meeting yang terlalu sering dan sebaiknya biarkan mereka bekerja secara individual. Melibatkan mereka dalam tim kerja bukanlah hal yang menyenangkan bagi mereka. Jika dia adalah atasan kamu, kumpulkan tugas kamu sebelum deadline yang dia berikan.

3. Generasi Y/Millennial (kelahiran 1981-1995)

Mau Akrab dengan Teman Kerja Beda Generasi? Ikuti 3 Cara Efektif Iniaceshowbiz.com

Generasi di mana kita berada ini adalah kumpulan anak-anak muda yang melek teknologi dan internet. Nggak heran kalau kamu bisa mengetahui kabar terbaru di negara lain karena informasi sangat mudah diakses. Namun millennials cenderung memilah informasi sesuai kebutuhan mereka.

Generasi ini juga suka bekerja secara kolaboratif dalam tim. Maka dari itu, mereka sangat membutuhkan bimbingan dan masukan demi mengembangkan karier mereka. Millennials sangat menghargai kritik yang ditujukan pada kinerjanya, bukan kritik tentang kepribadiannya.

Begitulah caranya berteman akrab dengan teman kerja beda generasi, Bela. Kalau di kantor kamu, lebih banyak teman dari generasi yang mana, nih?

 

BACA JUGA: 3 Tips Usir Jenuh dalam Bekerja!