Zoom nampaknya mulai menemukan rival terberatnya, WhatsApp. Setelah publik digegerkan dengan laporan adanya pencurian data yang dilakukan Zoom, aplikasi ini pun perlahan-lahan mulai ditinggalkan penggemarnya.  

Di tengah situasi ini, WhatsApp kemudian berusaha menyalip dengan menghadirkan fitur baru yang menarik. Setelah sebelumnya mengembangkan fitur video call dengan hingga 8 orang, kini Whatsapp kian melebarkan sayapnya setelah mengumumkan fitur video call ini bisa dilakukan dengan hingga 50 orang sekaligus! 

Bagaimana caranya, ya?

1. Berkolaborasi dengan Messenger Rooms

WhatsApp Sediakan Fitur Video Call Hingga 50 Orang, Ini Bahayanya!Denofgeek.com

Untuk menghadirkan fitur ini, Facebook menggabungkan dua aplikasi miliknya, WhatsApp dan Messenger Rooms. Messenger Rooms sendiri adalah aplikasi yang baru diluncurkan Facebook pada April lalu. Aplikasi ini diklaim Mark Zuckerberg bisa menampung banyak orang dalam satu video konferensi. Platform tersebut bakan bisa menampung video telekonferensi hingga 50 orang. 

2. Punya sistem yang mirip dengan Zoom

WhatsApp Sediakan Fitur Video Call Hingga 50 Orang, Ini Bahayanya!Liliputing.com

Sama seperti aplikasi Zoom, pengguna yang ingin melakukan panggilan video melalui Messenger Rooms akan diarahkan melalui private link. Kamu juga tetap bisa bergabung dalam panggilan video meskipun tidak memiliki akun Facebook. 

Hati-hati, jika kamu berperilaku buruk atau mengganggu selama panggilan video, admin telekonferensi bisa menghapus kamu sebagai peserta kapan saja dan bahkan bisa melaporkan kamu ke Facebook, lho! 

3. Adanya filter AR (Augmented Reality) untuk mengganti background

WhatsApp Sediakan Fitur Video Call Hingga 50 Orang, Ini Bahayanya!About.fb.com

Kemiripan lainnya dengan Zoom adalah, aplikasi ini juga punya fitur filter AR (Augmented Reality) yang bisa digunkan untuk mengganti background selama panggilan video. Canggihnya, fitur ini menyediakan opsi background 360 derajat sehingga menimbulkan efek 3D yang lebih realistis.  

4. Sayangnya, panggilan di Messenger Rooms tidak terenkripsi secara end-to-end

WhatsApp Sediakan Fitur Video Call Hingga 50 Orang, Ini Bahayanya!Businessinsider.com

Melansir dari The Verge, salah satu kekurangan Messenger Rooms adalah panggilan video di sana tidak terenkripsi secara end-to-end seperti WhatsApp. Namun, Facebook mengklaim mereka tidak akan melihat ataupun mendengar percakapan yang dilakukan pengguna selama melakukan panggilan. Menurutmu gimana, nih? 

5. Bisa mulai dicoba lewat WhatsApp Beta secara terbatas

WhatsApp Sediakan Fitur Video Call Hingga 50 Orang, Ini Bahayanya!Phonearena.com

Untuk merasakan fitur Messenger Rooms dalam WhatsApp nanti, kamu bisa mulai mencobanya melalui Google Beta Program. Caranya, kamu harus mendaftar di Google Play Store. Karena jumlah orang yang bisa mengikuti program ini terbatas, jadi siapa cepat dia dapat, ya! 

Setelah mendaftar, kamu bisa mencoba WhatsApp beta versi 2.2019.6 untuk iOS dan WhatsApp versi 2.20.139 versi Android untuk merasakan sensasi fitur panggilan dengan hingga 50 orang sekaligus melalui Messenger Rooms yang tersedia di sana 

6. Akan ada shortcuts Messenger Room di menu WhatsApp

WhatsApp Sediakan Fitur Video Call Hingga 50 Orang, Ini Bahayanya!Dok. Internet

Dalam WhatsApp beta diatas, terlihat akan ada shortcuts aplikasi Messenger Rooms di menu WhatsApp. Dengan ini, pengguna WhatsApp yang ingin melakukan panggilan dengan hingga 50 orang sekaligus bisa langsung mengakses Messenger Room.  

Nantinya, pengguna akan diarahkan ke aplikasi Messenger milik Facebook. Setelah akun Messenger Rooms-mu aktif,  kamu langsung bisa melakukan video call dengan hingga 50 orang sekaligus, deh! 
 

Tertarik mencobanya?

Baca Juga: Cara Merekam Video Call WhatsApp di iPhone

Baca Juga: Cara Ungkap Chat WhatsApp Dibaca/Tidak Meski Centang Biru Dimatikan

Baca Juga: Resmi Sudah, WhatsApp Bisa Video Call Hingga 8 Orang