Baru-baru ini, nama Youtuber Indira Kalista ramai diperbincangkan publik. Hal ini bermula lantaran ucapan kontoversialnya terkait virus corona yang tersebar luas di internet. Dalam pernyataannya, Indira dinilai tidak mencontohkan sikap seorang Youtuber yang baik dalam menyikapi isu pandemi corona saat ini.  

Ada apa, ya? Daripada penasaran, langsung simak 5 kasus kontroversial Indira Kalista di bawah ini! 

1. Meremehkan penggunaan masker sampai cuci tangan

Viral, Ini 5 Kasus Kontroversial Youtuber Indira Kalistha dan SuamiYoutube.com/gritteagatha

Dalam sebuah video wawancara yang diunggah dalam kanal @Gritte Agatha, Grite menanyakan bagaimana Indira menyikapi kasus pandemi corona yang sedang genting di Indonesia.  

Mendengar pernyataan itu, Indira kemudian menjawab dengan santai bahwa ia sendiri tidak mau menggunakan masker. Indira bahkan mengatakan tidak perlu mencuci tangan setelah memesan makanan dari luar.  

"Aku jarang pakai masker. Kalau sheet mask, aku pakai setiap hari. Kalau masker yang udara-udara gitu, aku enggak pakai. Kecuali memang kayak ditegur gitu, kayak, 'Bu, bisa pakai maskernya?' Pakai. Tapi, kalau enggak ditegur, kita lepas lagi. Ini napas sayang-sayang ditutup-tutup gitu loh. Sesak, nih, dada juga sesak," jawabnya dilanjutkan dengan tawa oelh Grite.  

"Terus, kalau misal ke mal atau pasar atau segala macam, pegang-pegang, misal habis beli makan, nih, dari ojek online gitu, aku enggak cuci tangan dulu baru makan. Jadi, kayak ambil-ambil atau apa segala macam, terus makan saja pakai tangan," sambungnya. 

Pernyataan Indira ini kemudian memantik banyak protes dari warganet. Salah satu warganet menyayangkan pernyataan Indira sebagai seorang Youtuber besar yang dinilainya mengecewakan. 

"Sgt disayangkan seorang public figure yg punya subscribers 2 jt orang bisa mengeluarkan statement spt ini. You are not funny at all. Kamu bodoh bgt," ujar akun bernama @putpuwi. 

2. Meremehkan risiko kematian karena corona

Viral, Ini 5 Kasus Kontroversial Youtuber Indira Kalistha dan SuamiInstagram.com/indirakalistha

Dalam video wawancara yang belum diedit di kanal @Gritte Agatha, Indira juga mengatakan dirinya tidak terlalu ambil pusing mengenai virus corona. 

"Personally aku itu gak terlalu apa ya, percaya kalo corona itu ada, penyakitnya itu ada. Cuman sebenernya ga seheboh itu loh. Aku tipe yang kayak. Corona, b aje,"  ucapnya.

Tak sampai disitu, Indira juga mengatakan bahwa semua orang pada dasarnya akan meninggal bukan hanya karena virus corona."Wallahualam, lu kena corona, kek, kena penyakit apa, kek, demam berdarah, kek, semua bisa mati, lu tahu, hah? Emosi gue jadinya," ujarnya. 

3. Menyebut warna kulit gelap dengan istilah negatif

Viral, Ini 5 Kasus Kontroversial Youtuber Indira Kalistha dan SuamiYoutube.com/indirakalistha

Dalam kanal Youtubenya, @Indira Kalistha, Indira seringkali mengunggah video tutorial makeup dengan gaya komedinya yang khas. Namun, salah satu video yang diunggah Indira ternyata pernah memantik protes dari para penontonnya. 

Kala itu, Indira mengunggah sebuah video tutorial makeup dan ia menggunakan makeup dengan warna shade gelap. Sembari memoles wajahnya, Indira kemudian mengeluarkan pernyataan yang dinilai menghina orang berkulit gelap seperti: "Emang ada orang Indo pake shade gelap gini"  hingga "Gue abis main lumpur bareng petani". 

Pernyataan ini kemudian direspon negatif oleh penonton yang menganggapnya telah menghina orang-orang berkulit gelap. 

"This is highly disappointing (Ini benar-benar mengecewakan). Sebagai seorang yg mempunyai banyak influence dalam hal kecantikan, it is sad to hear (ini menyedihkan untuk mendengar) kamu masih mengasosiasikan warna kulit gelap dengan kata2 negatif seperti gembel, kotor, muka penuh lumpur dan dekil," ujar salah satu warganet di kolom komentar. 

"Di dunia yg masih besar dengan isu rasisme dan colorisme ini, you should know better (kamu harus lebih mengerti) dan tidak indirectly (secara tidak langsung) menghina mereka yg berkulit gelap. Kecantikan tidak diukur oleh warna kulit," tutupnya.  

4. Suaminya juga pernah terlibat kasus

Viral, Ini 5 Kasus Kontroversial Youtuber Indira Kalistha dan SuamiInstagram.com/indirakalistha

Sebelum nama Indira Kalistha banyak diperbincangkan karena pernyataan kontroversialnya, ternyata sang suami yang juga seorang Youtuber, Aa Utap, pun pernah terlibat kontroversi.  

Di tahun 2017 lalu, suami Indira Kalistha itu pernah mengunggah video ketika ia dengan santainya meminta temannya untuk melanggar rambu lalu lintas.  

“Nggak boleh putar kanan?” ujar temannya. 

”Boleh, boleh, gue yang nyuruh. Masa nggak tau Aa Utap followers-nya 350 ribu," ujar Aa Utap dengan santainya. 

Video ini kemudian viral setelah diunggah oleh akun Instagram Polantas Indonesia. 

5. Ikut berkerumun di McDonald's Sarinah untuk buat konten

Viral, Ini 5 Kasus Kontroversial Youtuber Indira Kalistha dan SuamiInstagram.com/indirakalistha

Terakhir, Indira dan suaminya pernah mendapat kritikan setelah ikut datang ke McDonald's Sarinah dengan dalil ajang perpisahan. Indira dan Aa Utap bahkan membuat sebuah konten video khusus saat datang ke MCD Sarinah bersama ratusan orang lain yang datang ke sana. 

Hal ini kemudian mendapat kritikan karena Indira dan suaminya dinilai tidak menaati aturan PSBB yang diberlakukan saat ini. Indira juga dikritik karena dinilai bisa memancing orang lain untuk ikut tidak menaati aturan PSBB seperti menjauhi kerumunan di tengah pandemi. Padahal, aturan ini penting untuk diikuti demi menekan angka penularan virus corona di Indonesia. 

Pasca banjir kritikan, videonya saat datang ke McDonald's Sarinah ini pun kemudian dihapusnya. 

Kalau menurutmu bagaimana, Bela?

Baca Juga: Gariz Luis, Ini Polisi Tampan yang Viral Setelah Bekuk Ferdian Paleka

Baca Juga: 10 Youtuber Indonesia Ini Bisa Tetap Cuan di Tengah Pandemi Corona

Baca Juga: Sempat Hidup Tanpa Agama, 5 Influencer Korea Ini Putuskan Jadi Mualaf