Tepat pada Jumat, (22/5/20) kemarin, rapper grup BTS, Suga, resmi melakukan comeback solonya sebagai "Agust D". Dalam comeback ini, Suga merilis mixtape bertajuk D-2 dengan title track-nya, "Daechwita". 

Sukses besar, video musik "Daechwita" kini bahkan sudah ditonton sebanyak 50 juta kali setelah 5 hari rilis. Wow! 

Punya genre musik yang unik dan kental dengan unsur budaya Korea Selatan, ternyata banyak hal menarik di balik proses pembuatan mixtape D-2 dan lagu "Daechwita" itu sendiri, lho!

Penasaran? Simak 9 fakta unik di balik layar lagu "Daechwita" milik Suga BTS di bawah ini, yuk!  

1. Menganggap mixtape ini sebagai karya utuh

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaConaequenceofsound.net

Dalam proses produksinya, Suga banyak terjun langsung di berbagai bidang. Mulai dari penulisan lagu hingga pengeditan. Semua hal itu membuat Suga menganggap mixtape ini adalah sebuah karya yang utuh baginya.  

"Aku sangat bersemangat mengerjakannya. Ini sepertinya menjadi tahun terakhir kami, tapi aku menghabiskan banyak waktu untuk pengeditan. Aku pikir itu menjadikan mixtape ini sebuah karya yang utuh,"  terang Suga.  

2. Ingin merilisnya lebih awal, tapi mengaku terbentur banyak prioritas yang harus dikerjakan

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaKpopchart.net

Suga sendiri pertama kali merilis mixtape perdananya, "AUGUST D", pada 2016 silam. Ketika ditanyai mengapa baru kembali selama 4 tahun, Suga mengaku bahwa itu karena ia memiliki banyak prioritas yang harus dikerjakan.  

"Aku ingin merilisnya lebih awal. Aku tidak tahu ini menghabiskan waktu hampir 4 tahun. Aku mencobanya tapi ada banyak prioritas lain dan aku benar-benar ingin mengisinya hingga penuh. Itulah mungkin kenapa ini memakan waktu yang panjang," jelasnya.  

3. Arti "Daechwita" bagi Suga

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaOmonatheydidnt.livejournal.com/

"Sebuah musik yang dimainkan ketika Raja sedang berproses," ujar Suga ketika ditanyai apa makna lagu "Daechwita" baginya.  

Daechwita sendiri memiliki makna yang merujuk pada aliran musik tradisional asal Korea Selatan. Musik ini memiliki instrumen angin dan perkusi yang kental.  

4. Menggarap lirik dan melodinya sendiri, lho!

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaCosmopolitan.com

Benar-benar seorang musisi, Suga juga mengaku bahwa ia bekerja keras dalam penggarapan musik di albumnya ini, lho!

Suga mengaku telah membuat music sample  untuk Daechwita dan juga ikut menulis liriknya sendiri. Real talented artist! 

5. Awalnya sutradara ingin membuat MV yang minimalis

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaSoompi.com

Awalnya, Suga mengaku bahwa sutradara ingin membuat MV "Daechwita" menjadi minimalis. Namun, Suga memintanya menjadi sebuah set historical drama yang kental. 

Karena itulah, tim produksi kembali harus membuat naskah baru dan melakukan pengeditan di sana sini. Penuh perancanaan yang matang, ya! 

6. Ingin menunjukan keindahan dari sebuah kontras

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaKoreaboo.com

Dalam menggarap MV-nya, Suga selalu berkerja tanpa main-main, lho! Ia menginginkan MV-nya selalu bagus terutama pada visualisasinya.  

"Aku ingin video musikku memiliki visualisasi yang memuaskan. Misalnya saja luka pada wajahku, itu adalah ideku," ujar Suga.  

"Aku selalu ingin membuat musikku terlihat sangat berbeda dengan musikku sebelumnya. Aku ingin menunjukkan keindahan dari sebuah kontras. Misalnya saja, menggunakan pakaian modern di depan bangunan tradisional," lanjutnya.  

7. Sudah mencintai drama historis sejak kecil

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaDok. Internet

Ketika ditanyai mengapa memasukkan unsur drama historis dalam MV "Daechwita", Suga mengaku bahwa itu karena ia sudah menyukainya sejak kecil.  

"Saya sangat menyukai drama historis sejak kecil. Saya menggunakan banyak sentuhan musik tradisional Korea dalam musikku,"  terang rapper BTS itu.  

8. Mengaku berat saat berlatih tarian pedang

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaK-luv.leonparezo.com

Dalam MV "Daechwita", kamu bisa melihat adegan Suga bermain dengan pedang atau hwando (pedang khas Korea). Tahu nggak sih, selama proses berlatih, Suga bahkan harus mengganti pedangnya karena dinilai terlalu berat, lho!

"Aku tidak pernah berpikir bahwa tarian pedang benar-benar seberat ini. Aku memilih hwando (pedang khas Korea) yang dibuat oleh pengrajin aslinya. Itu benar-benar berat jadi kita mengubahnya pedangnya menjadi aluminium, " ujarnya.  

"Aku suka mencoba hal baru dan banyak aku lakukan saat ini. Jadi, aku benar-benar bersemangat mengerjakan mixtape ini," lanjutnya.  

9. Jungkook dan Jin ikut berpartisipasi dan berhasil buat penggemar terpingkal

Rombak Total, Ini 9 Fakta Unik di Balik Pembuatan MV Daechwita SugaJazminemedia.com

Dalam MV "Daechwita", Suga juga menggandeng dua rekan satu grupnya, Jin dan Jungkook untuk bermain sebagai cameo (pemeran pembantu) dalam MV-nya.  

Lucunya, penggemar justru dibuat tertawa saat melihat adegan Jin dan Jungkook yang terlihat bertengkar dalam MV. Ada-ada saja, ya!

Itulah fakta unik di balik layar lagu "Daechwita" milik Suga BTS. Bagaimana menurut pendapatmu tentang video musiknya, Bela?

Baca Juga: 10 Foto Ini Jadi Bukti Kalau Jungkook adalah 'Bayi' BTS

Baca Juga: ARMY Detected! 9 Seleb Indonesia Ini Fans Berat BTS

Baca Juga: Sadar Nggak, 13 Referensi Film ini Muncul di Video Klip BTS 'On'