Sudha bukan rahasia umum lagi, jika kehidupan penduduk di Korea Utara cukup memiluhkan. Hal ini karena mereka berada di bawah sistem pemerintahan yang menganut nilai-nilai kediktatoran. Dampaknya, batasan-batasan yang tidak masuk akal harus mereka patuhi.

Di antaranya adalah batasan untuk menikmati hiburan, yang seharusnya patut dan layak untuk mereka rasakan. Seperti, film maupun drama seri, pakaian indah dan makanan enak. Namun, larangan tersebut nyatanya mendorong penyeludupan CD, DVD, hingga USB secara ilegal.

Eits, tahukah kamu? Selain penyelundupan terkait tontonan film, ada benda-benda lainnya yang diketahui paling laris diseludupkan ke Korea Utara. Apa saja, ya?

1. Televisi dan DVD players

Selain USB Drakor, Ini Benda Paling Laris Diseludupkan ke Korea Utarafilmstories.co.uk

Pemerintah Korea Utara yang masih bersitegang dengan Korea Selatan dan Amerika Serikat, jelas enggan terlibat dalam semarak popularitas film dan drama seri karya dua negara tersebut. Terbukti dari larangan keras bagi warganya untuk menyaksikannya.

Namun, sebuah laporan penelitian dari InterMedia asal Amerika Serikat, menyebut bahwa penyeludupan TV hingga DVD players terbilang tinggi di Korea Utara. Fenomena tersebut terjadi akibat minat masyarakat yang senang menyaksikan tontonan-tontonan terkait.

Nah, untuk menunjang minat warga, penyeludupan biasanya turut menyertakan USB hingga micro SD cards. Masing-masing menyimpan files terkait tontonan dari negara-negara luar, termasuk film dan drama seri karya Korea Selatan dan Amerika Serikat.

2. Pakaian

Selain USB Drakor, Ini Benda Paling Laris Diseludupkan ke Korea Utarafairtradewinds.net

Sama halnya dengan negara lain, Korea Utara memiliki karakteristik dalam kehidupan bermasyarakat. Salah satunya adalah pakaian yang secara umum harus bersifat tertutup, sopan dan menjauhi penggunaan jeans yang dianggap sebagai simbol negara musuh.

Dengan begitu, kebebasan setiap warga negara Korea Utara untuk mengekspresikan diri melalui busana jelas sangat minim. Namun, siapa yang menyangka bahwa pemberlakuan batasan tidak menyurutkan para penduduk untuk menikmati proses mix and match, bahkan jika harus di kediaman sendiri.

Melansir dari nknews.org, seorang pembelot Korea Utara bernama Tae Il Shim yang telah membangun karier sebagai jurnalis, menulis bahwa penyelundupan barang ke Korea Utara meliputi pakaian. Termasuk ikat pinggang berbahan kulit yang sangat mahal.

3. Persediaan makanan sehari-hari

Selain USB Drakor, Ini Benda Paling Laris Diseludupkan ke Korea Utarawineanddine.com

Sebagai negara yang telah menerima sanksi keras dari PBB akibat pelanggaran terhadap ketentuan-ketentuan global, Korea Utara memang cukup rentan di bidang ekonomi. Akibatnya beberapa masalah kemiskinan hingga kelaparan seringkali terjadi.

Atas dasar itulah, penyeludupan barang-barang yang paling laris diminati oleh penduduk Korea Utara jelas meliputi persediaan makanan. Melansir dari apnews, makanan cenderung berupa kebutuhan-kebutuhan pokok yang paling mendasar untuk kelangsungan hidup.

4. Snack dan alkohol

Selain USB Drakor, Ini Benda Paling Laris Diseludupkan ke Korea Utarablog.trazy.com

Dengan rentetan masalah ekonomi yang kerap dialami di Korea Utara, nilai-nilai barang pun terdampak terus meningkat. Hal ini membuat para penduduk kelas bawah sangat sulit memenuhi kebutuhan primer sekaligus kebutuhan-kebutuhan untuk menghibur diri.

Nah, tahukah kamu? Cara penduduk Korea Utara menghibur diri dari rasa penat dan masalah hidup, nyatanya tidak jauh berbeda dengan orang-orang dewasa pada umumnnya yaitu, menikmati snack dan alkohol yang memberi rasa yang berbeda.

Atas dasar itulah, penyeludupan beberapa jenis camilan dan miniman beralkohol dapat dikatakan cukup laris. Khususnya camilan asal luar yang memang populer dan nikmat. Untuk kelengkapan, kulkas terkadang dapat dijadikan sebagai pilihan penyeludupan.

5. Obat-obatan herbal

Selain USB Drakor, Ini Benda Paling Laris Diseludupkan ke Korea Utaraanibee.tv

Melalui kesaksian para pembelot Korea Utara, dunia pun dapat mengetahui seluk-beluk kehidupan di negara tersebut yang sangat memiluhkan. Selain masalah kemiskinan hingga kelaparan, Korea Utara nyatanya turut dilanda kekurangan akses obat-obatan.

Untuk itulah, salah satu benda yang menjadi prioritas utama dalam aktivitas penyeludupan ke Korea Utara adalah obat-obatan herbal. Salah satunya adalah jahe yang diketahui sangat diminati oleh para penduduknya. Selain untuk kebutuhan kesehatan, jahe dijadikan sebagai hadiah pernikahan untuk kalangan orang kaya.

Wah, siapa yang menyangka barang-barang yang sangat mudah ditemukan di negara kita nyatanya sangat langka dan bernilai tinggi di Korea Utara, ya! Semoga setiap penduduk dapat memperoleh kebutuhan mereka dengan lancar.

Baca Juga: Mengintip 5 Hak Istimewa Orang Super Kaya di Korea Utara

Baca Juga: 5 Kesaksian Hidup di Korea Utara: Miris hingga Horor

Baca Juga: Do's and Don'ts: Wajib Patuhi 5 Poin Ini Saat Mengunjungi Korea Utara