Masuk ke dalam industri Kpop bukanlah hal yang mudah. Tidak sekadar mengikuti rentetan audisi dan langsung menandatangani kontrak. Sebaliknya, dibutuhkan upaya yang cukup keras untuk mengikuti beragam latihan training hingga bertahun-tahun lamanya.

Yup, seperti yang kamu ketahui, masa training tersebut bersifat wajib dan hasil yang diperoleh membuahkan bintang-bintang besar yang berbakat. Pst... beberapa di antaranya bahkan mampu memberikan kesempatan serupa lewat label musik mereka sendiri.

Beberapa artis idola Kpop tidak hanya tenar di bidangnya, tetapi sukses mendirikan perusahaan label musik mereka sendiri. Siapa saja?

1. Jackson Wang

Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label Musikidntimes.com

Sebagaimana yang kamu ketahui, Jackson Wang memulai kariernya di bidang musik Kpop melalui grup musik GOT7 yang berada di bawah naungan JYP Entertainment. Akan tetapi, GOT7 telah resmi memutuskan untuk tidak memperpanjang kontrak atau bubar karena perlakuan buruk yang mereka terima.

Meski begitu, impian seorang Jackson Wang di bidang musik maupun hiburan, nyatanya tidak surut begitu saja. Dengan tekad dan kerja keras, idol berumur 26 tahun tersebut mendirikan label musik yang dinamai Tim Wang. Ia pun aktif sebagai artis Tim Wang.

2. Jay Park

Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label MusikTwitter.com/allkpop

Perlu diakui bahwa JYP Entertainment tidak pernah gagal dalam melahirkan bintang-bintang Kpop yang penuh bakat. Hal tersebut bahkan terbukti sejak generasi Kpop awal ketika rapper Jay Park muncul sebagai salah satu anggota grup musik kenamaan 2PM.

Selepasnya dari grup musik tersebut, Jay Park-pun meniti karier sebagai penyanyi solo, produser, hingga aktor. Tidak berhenti di situ, pria 33 tahun ini turut membangun perusahaan label musiknya sendiri yang dikenal dengan nama AOMG. Di sinilah bintang-bintang besar lahir.

3. Kang Daniel

Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label MusikSoompi.com

Jika kamu mengaku sebagai pecinta musik Kpop, bagaimana mungkin bisa kamu melupakan nama musisi Kang Daniel yang memulai kariernya melalui kompetisi Produce 101. Dari situ, namanya meroket hingga meraih popularitas global dengan cepat.

Memanfaatkan keunggulan tersebut, Kang Daniel nyatanya tidak menunggu waktu terlalu lama untuk membangun perusahaan label musiknya sendiri, yaitu Konnect Entertainment. Kesuksesannya ini langsung membuatnya dikagumi banyak orang.

4. Zico

Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label MusikPinterest.com

Kamu tidak terlalu familiar dengan musik Kpop? Meski begitu, kamu setidaknya tahu betul perkembangan tren media sosial Tik Tok yang suka menyajikan challenge seru, bukan? Jika mengangguk, masa sih, kamu tidak ingat Any Song Challenge dari rapper Zico?

Yup, Zico terkenal dengan gaya bermusiknya yang berkualitas serta challenge di media sosial yang mempromosikan lagu-lagunya. Dengan kemampuan marketing semacam itulah, Zico sukses membangun perusahaan Koz Entertainment. Good job!

5. Hyolyn

Salut! 5 Artis Idol Kpop Ini Mendirikan Perusahaan Label Musikallkpop.com

Perubahan zaman memang melahirkan bintang-bintang baru yang mampu menutup popularitas artis-artis senior sebelumnya. Namun, nama-nama mereka akan terus terkenang, seperti yang dibuktikan oleh musisi Hyolin dengan suara emasnya.

Tahukah kamu? Sekeluarnya ia dari Starship Entertainment yang mengangkat namanya melalui grup musik Sistar, Hyolin langsung mendirikan sebuah perusahaan label musik bernama Bridge Entertainment untuk memberi kesempatan yang sama seperti dirinya. Cool!

Menurut prediksimu, kira-kira idol siapa lagi yang bakal membuka label musik sendiri, Bela?

Baca Juga: 5 Idol KPop Pria Big Hit Labels Pemegang Sabuk Hitam Taekwondo

Baca Juga: Gagal hingga Casting di Jalanan, Ini 5 Kisah Audisi Artis Idola Korea

Baca Juga: Bingung Mau Bisnis Apa? Simak Rekomendasi 7 Peluang Usaha Menjanjikan