Saat ini, beberapa daerah di Indonesia sudah mulai mengakhiri Pembatasan Sosial Berskala Besar atau PSBB. Di masa yang disebut sebagai era new normal ini, banyak kegiatan sosial ekonomi yang dahulu terhenti kini mulai kembali beroperasi. Hal ini bisa terlihat dari mulai banyaknya pergerakan orang yang kembali pergi ke kantor untuk bekerja.

Kalau kamu termasuk salah satu yang harus kembali ke kantor, ada beberapa hal yang harus diperhatikan untuk mendukung mobilitasmu, nih

Memang saat ini sudah banyak transportasi umum yang sudah kembali beroperasi normal dengan beberapa kebijakan baru yang sesuai dengan protokol kesehatan. Namun, bukan berarti kamu jadi lenggah dan tidak memperhatikan pilihan moda transportasimu, ya. Hal ini harus menjadi perhatianmu mengingat transportasi umum sangat berpotensi besar menjadi tempat transmisi virus corona.

Nah, agar kamu tidak bingung dalam mememilih moda transportasi, berikut beberapa hal yang bisa kamu pertimbangkan.

Kereta atau bus, mana yang lebih aman?

Begini Cara Tepat Pilih Moda Transportasi Umum saat New NormalFreepik.com/Boykoimages

Kereta dan bus adalah dua transportasi umum yang paling banyak digunakan oleh masyarakat untuk mobilisasi. Dari dua jenis armada ini, muncul sebuah pertanyaan, yaitu manakah yang paling besar berpeluang sebagai medium penyebar virus Covid-19? Untuk menjawab pertanyaan ini, kamu bisa mengetahuinya sendiri dengan menilai faktor ruang pada transportasi yang kamu pilih. 

Faktor ruang di sini bermakna apakah moda transportasi tersebut, beserta tempat pemberhentiannya, bisa memberi ruang kepada kamu untuk menjaga jarak dengan orang lain atau tidak. Misalnya, apabila bus beserta halte bisa lebih memberikan jarak antara kamu dengan orang lain, maka bisa dikatakakan bus lebih baik dibanding kereta, begitu pun sebaliknya. 

Selain faktor ruang, ventilasi yang ada di dalam armada transportasi juga memainkan peran penting, lho. Hal ini bisa terjadi karena udara segar yang masuk melalui ventilasi dapat membantu tetesan yang mengandung virus menghilang lebih cepat. Oleh karena itu, ada atau tidak adanya akses untuk membuka jendela dalam transportasi umum adalah satu hal yang patut dipertimbangkan dalam memilih armada transportasi. 

Jadi, bisa berbeda berdasarkan kebutuhan dan ketersedian bagi setiap individu ya, Bela.

Tips commute di era new normal

Begini Cara Tepat Pilih Moda Transportasi Umum saat New NormalPinterest.com/Byrawpixel

Selain mempertimbangkan pilihan transportasi umum, saat menggunakannya pun kamu juga disarankan untuk melakukan beberapa hal penting. Hal-hal ini harus dilakukan sebagai bentuk pencegahan penularan COVID-19 di transportasi umum. Berikut beberapa tips yang bisa diaplikasikan saat berpergian menggunakan transportasi umum di era new normal.

  • Bepergian di waktu yang tidak sibuk atau peak times
  • Pilih rute yang sepi penumpang
  • Biarkan penumpang lain turun terlebih dahulu
  • Jika memunginkan, beri jarak dengan orang lain sejauh 2 meter
  • Gunakan masker
  • Jangan lakukan kontak fisik
  • Cuci tangan setidaknya selama 20 detik setelah menyelesaikan perjalanan

Nah, itu dia hal-hal yang harus dipertimbangkan ketika memilih transportasi umum beserta tips bermobilisasi menggunakan transportasi umum di era new normal ini. Jangan pernah lelah untuk terus mematuhi protokol kesehatan agar pandemi ini segera usai, ya, Bela. 

Baca Juga: Hadapi New Normal, 5 Persiapan Bagi Pengguna Transportasi Umum

Baca Juga: Kembali Bekerja di Kantor Memasuki “New Normal”, Efektifkah?

Baca Juga: Simak Aturan Lengkap New Normal di Tempat Kerja dari Kemenkes