Banyak orang berpikir bos adalah pemagang tali kendali kehidupan karier kita, orang-orang mengamininya selama ratusan tahun. Padahal fakta di lapangan sangat jauh berbeda, apalagi di zaman modern seperti ini. Dimana "tetap bisa berkembang" menjadi tujuan karir yang lebih populer dari sekedar "jabatan" saja. Menyenangkan bos demi bisa dekat dengannya dan mendapatkan promosi secara otomatis tak penting lagi, inilah alasan-alasannya.

1. Ia tak akan membantu mengembangkan kariermu

Jangan Prioritaskan Membuat Bos Senang Jika ingin Berkembang, Ini 5 Alasannya!thetake.com

Pengembangan kariermu ada di tanganmu, bukan di tangan bosmu yang hanya berada di atasmu secara struktural saja. Ia tak akan mampu berbuat banyak untuk mengembangkan kariermu, apalagi hingga tujuan akhir karir yang kamu kejar. Kekuatannya lebih lemah dari kekuatanmu sendiri untuk membawa kariermu hingga ke puncak.

2. Bos adalah orang "asing" dalam hidupmu

Jangan Prioritaskan Membuat Bos Senang Jika ingin Berkembang, Ini 5 Alasannya!lipstickalley.com

Kamu tidak boleh menggantungkan hidupmu pada emosi orang lain. Menyenangkan bos agar ia baik padamu adalah sebuah kesia-siaan karena artinya kamu sedang menghamba pada emosi bosmu yang entah bisa kamu andalkan hingga akhir atau tidak. Lebih baik bertumpu saja pada kekuatanmu sendiri daripada pada bosmu.

3. Sebenarnya kamu cukup bekerja dengan baik saja

Jangan Prioritaskan Membuat Bos Senang Jika ingin Berkembang, Ini 5 Alasannya!usanetwork.com

Karena ini adalah hidupmu sendiri, maka berfokuslah dan bekerja keras hanya karena dirimu. Entah bosmu ada atau tidak, melihatmu atau tidak, akan memberikan promosi atau tidak, tetaplah bekerja sebaik mungkin untuk kemajuan kariermu sendiri. Toh, semuanya keuntungannya juga kamu yang akan mendapatkannya.

4. Bos hanya ada didalam kantor, tapi kariermu tidak

Jangan Prioritaskan Membuat Bos Senang Jika ingin Berkembang, Ini 5 Alasannya!usanetwork.com

Kariermu tidak hanya sebatas dinding-dinding kantormu saja. Tapi justu seluas dunia yang ada di luar kantormu. Lihatlah dunia luar itu dan kamu akan sadar bahwa menambah daftar pengalaman di resume-mu lebih penting dari sekedar promosi jabatan belaka. Entah tetap di tempat itu atau tidak, kariermu harus tetap berkembang.

5. Tapi selalu pastikan dia membutuhkanmu

Jangan Prioritaskan Membuat Bos Senang Jika ingin Berkembang, Ini 5 Alasannya!thetake.com

Tidak menyenangkan bosmu bukan berarti kamu melawannya. Agar pekerjaanmu lancar kamu harus memastikan bahwa dia memang membutuhkanmu, dengan cara ini kamu justru bisa menarik perhatiannya lebih baik dari cara apapun. Tanpa perlu menyenangkannya, kamu tetap bisa mengembangkan kariermu karena berfokus pada pekerjaan dengan baik.

Setelah membaca fakta di atas, kamu masih berniat bersusah payah menyenangkan bosmu Bela? Lebih baik jangan buang waktumu dan ganti dengan belajar hal-hal baru!