Alarm yang membangunkanmu setiap pagi selalu membuatmu ingin punya pekerjaan yang lebih fleksibel waktunya? Mungkin menjadi seorang freelance bisa menjadi salah satu jawaban yang membantu kegalauanmu. Kamu bisa membuat jadwal sendiri, bekerja di kafe, dan tak perlu mandi di pagi hari. Menyenangkan bukan? Kamu bisa mewujudkan impianmu itu kalau bekerja di 5 bidang ini.

Ingin Jadi Full-time Freelancer? Kamu Harus Menguasai 5 Bidang Ini


Sekarang ini guru-guru virtual sudah mulai banyak dibutuhkan. Platform yang memfasilitasi pekerjaan sebagai guru virtual juga sudah banyak terbukti bisa dipercaya. Kamu bisa menjadi guru apapun di sana, tidak hanya untuk pelajaran-pelajaran formal saja. Misalnya kamu yang kebetulan cukup punya banyak pengalaman di dunia kecantikan, bisa saja membuat kelas makeup untuk para pemula.

Ingin Jadi Full-time Freelancer? Kamu Harus Menguasai 5 Bidang Ini


Sudah tahu belum kalau perusahaan besar sekelas Facebook membuka kesempatan untuk para freelancer. Mereka mencari product managers, sourcing managers, dan program managers yang ditawarkan khusus untuk para freelancer. Kalau kamu punya banyak jaringan dan rajin mencari informasi, beberapa perusahaan besar Indonesia juga ada yang menawarkan pekerjaan sejenis itu lho!

Ingin Jadi Full-time Freelancer? Kamu Harus Menguasai 5 Bidang Ini


Di era digital seperti ini tidak ada orang yang bisa lepas dari hal-hal yang berkaitan dengan IT dan komputer. Kalau kamu menguasai bidang ini walaupun tidak terikat pada perusaan tertentu, kamu pasti akan tetap dibutuhkan. Sudah banyak lho orang-orang yang menjadi web developer, network enginer,graphic designer, dan lainnya secara freelance.

Ingin Jadi Full-time Freelancer? Kamu Harus Menguasai 5 Bidang Ini


Jumlah bisnis baik online maupun offline kini sedang sangat menjamur di Indonesia. Tapi tidak banyak yang tahu bagaimana cara mengatur keuangannya. Sekarang ketika persaingan semakin meningkat, pasti orang-orang yang ahli di bidang akuntansi dan keuangan akan semakin dibutuhkan. Jadi siap-siap mengambil peran besar ya, tanpa perlu terikat dengan si pemilik bisnis, lebih baik freelance saja!

Ingin Jadi Full-time Freelancer? Kamu Harus Menguasai 5 Bidang Ini


Menjadi penulis freelance di media kini menjadi pekerjaan impian banyak orang. Seiring semakin banyaknya media yang bermunculan terutama media online, jumlah penulis yang dibutuhkan juga semakin banyak. Ini adalah kesempatan yang sangat baik untuk kamu yang suka menulis tapi enggan diatur oleh jadwal dan aturan yang terlalu mengikat.

Dari lima bidang tersebut, adakah yang kamu kuasai? Jika ada, maka bersiaplah untuk menjadi full time freelancer yang sukses ke depannya!

 

BACA JUGA: Kamu yang Introvert Bisa Sukses Kalau Bekerja di Bidang Ini