Dalam hidup, akan selalu ada angin. Kadang angin bertiup sepoi, tapi kadang juga terlalu kencang. Kalau terlalu kencang, kamu bisa kehilangan rasa nyaman dalam kehidupanmu. Semakin tak nyaman dari hari ke hari, bisa jadi kamu akan mengalami stres. Mengidap stres dalam jangka waktu lama itu membahayakan, Bela. Agar bisa mencari solusi, kenali dulu 5 tanda stres berat yang mungkin sedang kamu alami saat ini.
 

Kamu Merasakan 5 Gejala Ini? Pertanda Kamu Sedang Stres Berat!

Kalau kamu sulit bangun di pagi hari, padahal sudah tidur cukup semalaman penuh, itu artinya kamu kelelahan. Banyak ahli kesehatan menyebutkan bahwa stres akan membuatmu cepat merasa lelah. Apalagi kalau hampir setiap minggu kamu jatuh sakit. Mulai dari batuk, pilek, hingga demam. Ini pertanda kalau kamu sedang stres berat.
 

Kamu Merasakan 5 Gejala Ini? Pertanda Kamu Sedang Stres Berat!

Ini memang sebuah fakta ironis. Kamu sadar kamu lelah, tapi sayangnya kamu juga tak mudah memejamkan mata untuk pergi tidur. Penyebabnya hanya satu, kamu resah dan terlalu memikirkan masalah dalam kehidupanmu. Karena kamu tak bisa tidur, hari-hari berikutnya kamu akan kelelahan dan menyebabkan stres berkelanjutan.
 

Kamu Merasakan 5 Gejala Ini? Pertanda Kamu Sedang Stres Berat!

Sekalinya bisa tidur, kamu akan sering terbangun dan mengkhawatirkan masalahmu. Ini sudah bukan pertanda stres biasa, kamu punya kecemasan berlebih atau depresi. Tidurmu juga sering terganggu dengan hadirnya mimpi buruk yang absurd dan malah mengganggu pikiranmu.
 

Kamu Merasakan 5 Gejala Ini? Pertanda Kamu Sedang Stres Berat!

Ketika kamu stres dan dituntut untuk terus bekerja, hati-hati kamu bisa gila. Fokusmu akan terganggu, mengingat hal-hal kecil pun jadi sesuatu yang sangat sulit. Itu artinya, kamu sedang memikirkan banyak hal dalam satu waktu. Otakmu tak cukup untuk menampung semuanya, hanya kamu yang tahu bagaimana solusinya.
 

Kamu Merasakan 5 Gejala Ini? Pertanda Kamu Sedang Stres Berat!

Kalau kamu terbangun dan mendapati banyak sekali rambut rontok, hati-hati. Sistem kekebalan tubuhmu sedang menyerang folikel rambut dan membuatnya semakin rapuh. Ini bukan penyakit serius, tapi berkaitan dengan stres berat yang kamu alami. Apa kamu juga akan merasa sangat marah hanya dengan mendengar lelucon kawanmu yang memang tak lucu? Emosi yang meledak-ledak juga tanda kamu butuh istirahat.
 
Tubuhmu akan mengeluarkan hormon stres ketika berada di bawah tekanan ekstrem. Hormon stres ini berguna membantumu mengatasi stres. Tapi kalau kamu terus menerus tertekan, hormon ini pun akan terkuras habis. Kamu yang tahu bagaimana baiknya, lebih sayangi tubuhmu lagi ya Bela.

BACA JUGA: Bela, Sudah Tahu Belum? Inilah 7 Pekerjaan dengan Tingkat Stres yang Paling Tinggi