Era digital dibuat dengan tujuan meningkatkan produktivitas dengan memudahkan mobilisasi data maupun manusia. Namun, pada kenyataannya gadget yang menjadi ikon utama di era digital justru sering mengganggu produktivitas karena digunakan dengan tidak bijak, terutama penggunaan media sosial. Misalnya kamu sedang sibuk-sibuknya mengerjakan laporan yang sudah ditunggu-tunggu oleh bosmu, tapi smartphone-mu tak berhenti memberi notifikasi e-mail yang masuk. Karena takut penting, kamu jadi membuka satu per satu e-mail yang diterima sehingga waktumu banyak terbuang sia-sia. Lalu bagaimana caranya supaya smartphone-mu tidak mengganggu kesibukanmu sehari-hari? Yuk, simak empat tips dari Popbela ini. 

Jangan Biarkan Smartphone Menghambat Pekerjaanmu!

Pemberitahuan atau notifikasi yang muncul secara otomatis akan membuatmu tergoda untuk terus menengok ke smartphone-mu. Jadi sebaiknya pemberitahuan otomatis dari Facebook, Twitter, Instagram, maupun media sosial lainnya dimatikan saja. Toh kamu tak akan menggunakannya ketika sedang sibuk bekerja. 

Jangan Biarkan Smartphone Menghambat Pekerjaanmu!

Kebiasaan menengok jam di smartphone juga akan membuatmu tergoda mengecek aplikasi lainnya. Memakai jam tangan mungkin bisa  menjadi pilihan yang lebih bijak agar kamu tak tergoda menggunakan smartphone.

Jangan Biarkan Smartphone Menghambat Pekerjaanmu!

Popbela paham kok, media sosial jadi kebutuhan penting banyak orang di zaman modern ini. Jadi, jadwalkan aktivitas media sosialmu di luar jam kerja atau jam produktif, misalnya pada jam istirahat atau sebelum tidur. Waktu-waktu ini akan sangat efektif karena orang lain juga menggunakan media sosial di jam yang sama. 

Jangan Biarkan Smartphone Menghambat Pekerjaanmu!

Berbincang dengan teman, keluarga maupun orang baru di dunia nyata akan membuatmu melupakan kecanggihan smartphone sejenak. Kenyamanan mengobrol secara langsung juga akan mengurangi penggunaan chat di smartphone. Kalau kamu ingin mendiskusikan sesuatu dengan atasan atau teman satu timmu, hampiri mereka dan ajak bicara secara langsung. 

Gunakan smartphone-mu dengan bijak untuk aktivitas-aktivitas yang bermanfaat. Media sosial bukanlah dunia nyata, jangan terlena dengan kecanggihan teknologi hingga melupakan tugas dan kewajibanmu yang sesungguhnya di kampus ataupun tempat kerja. Hayo, kamu sedang membaca artikel ini di tengah-tengah menyelesaikan tugas bukan? Tuntaskan dulu pekerjaanmu ya, Bela. 

 

BACA JUGA: 5 Cara untuk Mengubah Kegagalan Menjadi Kesuksesan